Gubernur Edy ‘Sedot’ Ilmu Ridwan Kamil untuk Kembangkan Bank Sumut

Edy ingin Pelajari SDM di Bank Jabar

Medan, IDN Times – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkunjung ke Sumatra Utara sejak Selasa (31/1/2022). Kunjungan ini menyusul rencana kerja sama bidang perbankan antar kedua provinsi itu.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyambut Kang Emil–sapaan akrabnya—di rumah dinas gubernur. Dia ingin mendapatkan saran untuk membangun Bank Sumut.

Kata Kang Emil, kerjasama itu berkaitan dengan perbankan, Bank Sumut dengan Bank Jawa Barat-Banten (BJB).

Ihwal perbankan, kata Kang Emil bermula dari perwakilan Sumut datang ke Jabar. Sumut ingin menarik pembelajaran dari Pemprov Jabar terkait pengembangan BJB.

1. Kang Emil paparkan program unggulan BJB

Gubernur Edy ‘Sedot’ Ilmu Ridwan Kamil untuk Kembangkan Bank SumutGubernur Sumut Edy Rahmayadi mengundang Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk berbagi ilmu mengembangkan BJB, Selasa (31/1/2023) malam. (Diskominfo Sumut/Veri Ardian)

Kepada awak media, Kang Emil menjelaskan jika ada sejumlah popin yang dijabarkannya terkait BJB. Kata dia, BJB, memiliki sejumlah program unggulan. Di antaranya, BJB punya program untuk dhuafa bisa meminjam uang atau kredit tanpa agunan, hingga tanpa bunga. Sistem perbankan, ini bisa dicontoh oleh Bank Sumut.

"Ada program untuk dhuafa kredit tanpa bunga untuk melawan rentenir. Tapi kreditnya, berlima itu, juga akan dijadikan satu studi kasus untuk bisa mungkin membantu masyarakat dhuafa di Sumatra Utara," jelas Ridwan Kamil.

Baca Juga: Sejarah Bank Sumut, Dari BPDSU Hingga Jual Saham Ke Publik

2. BJB bisa bagikan deviden hingga Rp1 triliun

Gubernur Edy ‘Sedot’ Ilmu Ridwan Kamil untuk Kembangkan Bank SumutDirektur Utama bank BJB Yuddy Renaldi (kiri) melakukan transaksi pembayaran digital dengan barcode di Pasar Baru, Bandung, Jawa Barat, Senin (16/12). Bank BJB meluncurkan pembayaran digital dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), bjb EDC berbasis Android dan bjb Digi (mobile banking), untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas dan mengakomodasi kebutuhan transaksi keuangan secara nasional. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ama. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Pemprov Sumut juga meminta BJB memberikan masukan bagaimana menjadi bank daerah yang kompetitif. “Seperti diketahui Bank Jabar ini, terbaik kalau di daerah tumbuh 20 persen memberikan dividen (keuntungan) Rp 1 triliun ke pemerintah daerah dan pemegang saham," jelas Ridwan Kamil.

Dengan itu, Ridwan Kamil mengatakan artinya Bank BJB dikelola bisnis dengan baik, itu bisa dicontoh oleh Bank Sumut.

Kang emil juga mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan pesantren – pesantren di Sumut untuk membangun UMKM. Seperti yang dilakukannya di Jabar, dalam satu tahun Jabar bisa memunculkan 1000 bisnis di kalangan pesantren.

"Ada lima tahun hampir 5000 pebisnis. Nah Besok kita akan melakukan kerjasama itu. Sehingga pesantren-pesantren di Sumut pun, bisa belajar membangun kemandirian ekonomi seperti di Jawa Barat,” imbuhnya.

3. Edy memuji pengembangan BJB

Gubernur Edy ‘Sedot’ Ilmu Ridwan Kamil untuk Kembangkan Bank SumutGubernur Sumut Edy Rahmayadi mengundang Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk berbagi ilmu mengembangkan BJB, Selasa (31/1/2023) malam. (Diskominfo Sumut/Veri Ardian)

Sementara itu, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi memuji perkembangan Bank BJB dibawah kepemimpinan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Sehingga Bank Sumut akan berguru kepada Bank BJB.

"Kondisi perekonomian khususnya bank perbankan di Bank Jabar ini, yang akan menjadikan pembelajaran untuk Sumut. Sehingga beliau datang ke sini," tutur mantan Pangkostrad itu.

Gurbernur Edy mengapresiasi Kang Emil sudah mau berbagi ilmu ke Sumut atas perkembangan Bank BJB. Termasuk pembinaan UMKM mandiri di pesantren di Sumut.

"Saya apresiasi untuk saudara saya Gubernur Jabar. Akan memberikan pengetahuan kepada Bank Sumut,” pungkasnya.

Baca Juga: Datang ke Sumut, Ridwan Kamil: Pak Edy Cocok Jadi Presiden

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya