Demokrat Targetkan 19 Kursi DPRD Sumut, 15 Persen Bacaleg Millennial

Optimis dulang suara untuk menang 2024

Medan, IDN Times – DPD Demokrat Sumatra Utara mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, Minggu (14/5/2023). Total Bacaleg yang didaftarkan sebanyak 100 orang.

Demokrat punya target besar pada Pemilu 2024 mendatang. Mereka menarget memeroleh 19 kursi. Sementara, saat ini, mereka memiliki 9 kursi untuk periode 2019-2024.

"Untuk DPRD Provinsi Sumut, kami mengirimkan 100 kader terbaik Partai Demokrat untuk bertanding dengan lineup kader partai lainnya yang ada di Sumut. 100 orang kader terbaik kami daftarkan," ujar Ketua DPD Demokrat Sumut Muhammad Lokot Nasution.

1. Optimis menang, Demokrat sudah punya kajian politik

Demokrat Targetkan 19 Kursi DPRD Sumut, 15 Persen Bacaleg MillennialKetua DPD Demokrat Sumut Muhammad Lokot Nasution. (Istimewa)

Lokot juga menjelaskan soal optimismenya mendapat 19 kursi DPRD Sumut. Mereka juga memiliki alasan secara politis.

"Untuk target kami menargetkan 19 kursi. Kenapa tidak 20 kursi?, secara psikologis ini, ada hitungannya dan kalau kita bilang 20 kursi, terlalu overconfiden orang bilangnya," jelas Lokot.

2. Berikan porsi 15 persen untuk Bacaleg millennial

Demokrat Targetkan 19 Kursi DPRD Sumut, 15 Persen Bacaleg MillennialKetua DPD Demokrat Sumut Muhammad Lokot Nasution (kanan). (Istimewa)

Dari 100 Bacaleg yang didaftarkan, mereka mencukupi kuota 30 persen keterlibatan perempuan. Begitu juga untuk millennial. Porsi yang diberikan untuk Bacaleg millennial sebesar 15 persen.

"Begitu juga, milenial kita kasih porsi untuk bertarung hari ini," tutur Lokot, yang juga maju di DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Sumut 1.

Sementara itu, total Bacaleg yang didaftarkan dari 33 kabupaten kota di Sumut sebanyak 1.125 orang. Partai berlambang merci itu memasang target 146 kursi.

"Kami berani menggabungkan bahwa Partai Demokrat adalah partai perubahan. Kami dijaga oleh etik pak SBY," sebut Lokot.

3. Ada mantan wali kota Medan didaftarkan untuk Bacaleg DPR RI

Demokrat Targetkan 19 Kursi DPRD Sumut, 15 Persen Bacaleg MillennialDemokrat Sumut mendaftarkan 100 Bacaleg ke KPU Sumut, Minggu (14/5/2023). (Istimewa)

Demokrat mengirimkan sejumlah tokoh untuk bertarung pada Pemilu 2024 mendatang. Di antaranya terselip nama Akhyar Nasution, mantan Wali Kota Medan. Sebelumnya, Akhyar merupakan kader PDI Perjuangan.

"Nama-nama tokoh yang dicalonkan (untuk DPR RI), Ada Akhyar Nasution, (untuk DPRD Sumut) Yudha, semua tokoh. Tokoh adalah satu hal tapi semangat untuk menang itu yang nomor satu," ucap Lokot.

Kata Lokot, Bacaleg yang didaftarkan sudah melewati tahap verifikasi yang ketat. Mereka juga sudha melakukan analisis politik.

"DCS (Data Caleg Sementara) sendiri baru diumumkan Agustus 2023. DCT (Data Caleg Tetap) nanti di Oktober 2023 dan kampanye dimulai pada November 2023. Sebelum waktu itu kami masih menunggu suara-suara perubahan yang ingin bergabung bersama partai Demokrat," pungkasnya.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya