9 Tahun Erupsi Sinabung, Hunian untuk Pengungsi Tak Kunjung Selesai

#9TahunErupsiSinabung Pengerjaan tahap III tinggal action

Karo, IDN Times - Sembilan tahun sudah Gunung Sinabung bangkit dari tidurnya. Sejak meletus pertama kali 27 Agustus 2010, gunung di Kabupten Karo ini terus menerus erupsi. Teranyar adalah Juni 2019.

Puluhan ribu orang mengungsi akibatnya letusan ini. Desa tiga dinyatakan ditutup dan disediakan tempat tinggal batu.

Namun hingga saat ini, belum semua pengungsi menempati hunian baru, sebagian masih menyewa rumah.

Pemerintah Kabupaten Karo pun berjanji bakal membangun rumah pengungsi korban erupsi Gunung Api Sinabung tahap III di kawasan Siosar. Dana hibah pemerintah yang dipakai untuk melakukan pembangunan.

Material bangunan sudah dipersiapkan. Bahkan material bangunan sudah sampai di Karo.

Rencana groundbreaking atau peletakan batu pertama harus tertunda. Namun Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) ingin pembangunan tahap ketiga dikebut.

1. Kata Bupati Karo, pembangunan menunggu action

9 Tahun Erupsi Sinabung, Hunian untuk Pengungsi Tak Kunjung SelesaiIDN Times/Prayugo Utomo

Bupati Karo Terkelin Brahmana, saat ditemui IDN Times mengatakan, saat ini progres pembangunan masih menunggu. Pihaknya terus memantau mobilisasi material ke atas.

Pihaknya juga masih menunggu jadwal peletakan batu pertama oleh Kepala BNPB Doni Monardo dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

"Progresnya sudah berjalan. Material dan barang-barang sudah naik ke atas  sudah di mobilisasi, tinggal action" ujar Bupati Karo Terkelin Brahmana, Minggu (25/8).

2. Dana hibah sudah masuk ke Pemkab

9 Tahun Erupsi Sinabung, Hunian untuk Pengungsi Tak Kunjung SelesaiIDN Times/Prayugo Utomo

Terkelin juga mengatakan, jika seluruh dana hibah dari pemerintah sudah masuk ke Pemkab Karo. Totalnya, Rp161 miliar. Sumbernya dana hibah BNPB.

"Dananya sudah, baik untuk pembangunan rumah, infrastruktur. Tinggal action saja. Perencanaan peletakan batu pertama tentative. Mudah-mudahan cepat. Lebih cepat lebih bagus," imbuhnya.

3. Pengungsi masih sewa rumah

9 Tahun Erupsi Sinabung, Hunian untuk Pengungsi Tak Kunjung SelesaiIDN Times/Prayugo Utomo

Saat ini, pengungsi masih berada di Hunian Sementara (Huntara). Namun ada juga yang menyewa rumah. Untuk pembangunan tahap Ketiga, rumah yang dibangun sebanyak 892 unit.  Pembangunan ditarget rampung Oktober 2019.

Per bulannya mereka mendapat dana dari pemerintah sekitar Rp3,5 juta per tahun per kepala keluarga. Dana itu untuk pengungsi yang menyewa rumah.

Namun beberapa waktu lalu warga sempat demo karena uang sewa rumah belum dicairkan oleh Pemkab Karo.

Baca Juga: Tour de Sinabung, 2 Ribu Pebalap Sepeda Bakal Ikut Serta

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya