4 Wisatawan Australia yang Hilang di Laut Singkil Ditemukan Selamat

Terapung gunakan papan selancar, 1 WNI masih dicari

Singkil, IDN Times – Upaya Tim SAR  melakukan pencarian terhadap rombongan yang hilang kontak di perairan Pulau Banyak, Aceh Singkil membuahkan hasil, Selasa (16/8/2023). Empat orang warga negara Australia dan dua orang warga negara Indonesia yang turut ikut, juga ditemukan.

Kini Tim SAR masih melakukan pencarian terhadap 1 WNI yang masih hilang. "Tim SAR gabungan menemukan enam orang korban di antaranya empat WNA dan dua WNI," kata Juru bicara Basarnas Nias, Asanimu Waruwu kepada media, Rabu (16/8/2023).

1. Kapal yang mereka tumpangi terbalik diterjang ombak

4 Wisatawan Australia yang Hilang di Laut Singkil Ditemukan Selamatilustrasi ombak (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya para wisatawan berangkat dari Kabupaten Nias Utara pada 13 Agustus 2023. Mereka hendak berlibur ke Pinang Resort, Singkil. Total wisatawan yang berangkat sebanyak 15 orang. Terdiri dari 12 Warga Negara Australia dan 5 warga negara Indonesia. Speed boat berangkat sekitar pukul 15.00 WIB dari Nias Utara. Namun di tengah perjalanan cuaca menjadi buruk.

Karena cuaca buruk, satu perahu berisi 10 penumpang sempat sandar di Pulau Sarang Alu. Sementara satu perahu lainnya dengan tujuh penumpang tetap melanjutkan pelayaran. Nahas, perahu yang berisi tujuh penumpang terbalik.

Baca Juga: Rombongan Wisatawan Asing Hilang Kontak Di Perairan Pulau Banyak

2. Ditemukan menyelamatkan diri dengan papan selancar

4 Wisatawan Australia yang Hilang di Laut Singkil Ditemukan Selamatilustrasi selancar (instagram.com/nyoman.satriaa)
  1. Proses pencarian dilakukan. Asanimu bilang, 3 wisatawan asing dan 1 WNI ditemukan sedang terombang-ambing di sekitar Pulau Tuangku, Singkil. Mereka memanfaatkan papan selancar yang dibawa.

Kemudian, tim SAR gabungan kembali menemukan dua orang lainnya pada pukul 10.00 WIB. Selanjutnya, para korban selamat dievakuasi ke Pinang Resort Kepulauan Banyak.

"Korban selamat sudah dievakuasi ke Pulau Pinang yang mereka tuju sebelumnya. Saat ini tim sedang berada di sana dan berkomunikasi dengan korban. Kondisi mereka sudah dalam keadaan sehat dan aman terkendali," jelasnya.

3. Tim SAR gabungan cari satu korban lainnya

4 Wisatawan Australia yang Hilang di Laut Singkil Ditemukan SelamatProses pencarian kapal oleh Tim SAR Maumere (Tim SAR Maumere)

Sampai saat ini tim SAR masih melakukan pencarian. Korban yang masih hilang adalah satu orang WNI. Pencarian pun diperluas mulai dari Pulau Tuangku hingga Pulau Palapat di Kepulauan Banyak.

"Dapat kami informasikan memang sampai saat ini masih dilakukan terhadap satu orang yang belum ditemukan. Saat ini Polairud Polres Aceh Singkil bekerja sama dengan personel TNI, Basarnas, Panglima Laot, dan masyarakat masih melakukan pencarian di perairan Kepulauan Banyak," ucap juru bicara Polres Aceh Singkil, Ipda Eska Agustinus.

Berikut nama-nama korban yang selamat dan masih dalam pencarian;

1.       Will Teagle (WN Australia)

2.       Elliot Foote (WN Australia)

3.       Jordan Short (WN Australia)

4.       Steph Weisse (WN Australia)

5.       Ahmad Junardi (WNI)

6.       M Iqbal (WNI)

7.       Fifan Satria (WNI) (dalam pencarian)

Baca Juga: 78 Tahun RI Merdeka, Desa Sopo Batu Madina Akhirnya Dialiri Listrik

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya