Comscore Tracker

Wagub Sumut Minta Pembangunan Tol Kisaran-Dumai Dipercepat

Ruas jalan ini miliki nilai ekonomi yang menjanjikan

Medan, IDN Times- Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Sumatra Utara meminta pembangunan ruas Tol Kisaran-Rantauprapat-Dumai dipercepat. Hal itu dikarenakan dampak ekonomi yang sangat menjanjikan pada masyarakat sekitarnya. Apalagi ruas ini merupakan koridor industri agribisnis, terutama Crude Palm Oil (CPO).

"Dengan tersambungnya ruas ini maka multiplier effect nya adalah penguatan jalur pasok CPO untuk memenuhi kebutuhan nasional dan ekspor yakni melalui Pelabuhan Belawan dan Dumai," ujarnya, Jumat (22/7/2022).

1. Investor respon upaya Wagub Sumut

Wagub Sumut Minta Pembangunan Tol Kisaran-Dumai DipercepatIstimewa/IDN Times

Ijeck menambahkan, dengan terbangunnya ruas tol Kisaran-Rantauprapat- Dumai tersebut, maka Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei dan Pelabuhan Kuala Tanjung serta Pelabuhan Dumai akan semakin berkembang.

"Merujuk pada banyaknya perkebunan kelapa sawit dan pabrik pengolahan kelapa sawit serta kegiatan agrobisnis lainnya pada Ruas Dumai-Kisaran. Keberadaan JTTS akan mendorong pula tumbuhnya sentra-sentra ekonomi baru yang akan berkontribusi terhadap PDB nasional," katanya, usai rapat terkait pembangunan ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang digelar di Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), Jusuf Hamka merespons upaya Wakil Gubernur (Wagub) Sumatra Utara (Sumut), Musa Rajekshah yang ingin mempercepat pembangunan ruas tol Kisaran- Rantauprapat-Dumai pada 2023 mendatang.

Sebagai investor, Jusuf Hamka memandang positif upaya Wagub Sumut tersebut. Namun mengingat investasi yang dibutuhkan cukup besar, Jusuf berharap agar pemerintah pusat dan daerah dapat memperbarui feasibility study (FS) ruas tol tersebut guna mendapatkan gambaran kelayakan finansialnya.

Baca Juga: Resmikan Vihara Nanhai Guanyin, Ijeck: Cocok untuk Wisata Religi

2. Wagub Sumut akan melakukan pertemuan lanjutan dengan beberapa pemangku kepentingan

Wagub Sumut Minta Pembangunan Tol Kisaran-Dumai DipercepatIlustrasi pembangunan jalan tol (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Untuk menindaklanjuti hal itu, Wagub Sumut Musa Rajekshah akan melakukan pertemuan lanjutan dengan beberapa pemangku kepentingan terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN dan PT. Hutama Karya yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menuntaskan pembangunan JTTS tersebut.

Seperti diketahui untuk ruas jalan tol Kisaran-Rantauprapat sendiri sepanjang 111 kilometer. Sementara untuk ruas tol Rantauprapat (Simpang Sigambal)- Dumai sekitar 175 kilometer.

3. Kemenko Marves telah membuat empat tahapan dalam pembangunan JTTS ini

Wagub Sumut Minta Pembangunan Tol Kisaran-Dumai DipercepatIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Kemenko Marves sendiri telah membuat empat tahapan dalam pembangunan JTTS ini.

Tahap pertama bagian satu yang sudah beroperasi dan bagian dua yang sedang dalam pengerjaan hingga target operasional di 2022-2023, di antaranya Sigli-Banda Aceh, Kisaran-Indrapura, Kuala Tanjung-Parapat, Sp Indralaya-M Enim, Sicincin-Padang, Pekanbaru-Bankinang, Bangkinang-Pangkalan, Taba Penanjung-Bengkulu.

Sementara tahap kedua yakni Betung-Jambi-Rengat-Pekanbaru. Tahap ketiga menghubungkan Kisaran-Rantau Prapat-Dumai juga Pangkalan Brandan-Langsa-Lhokseumawe-Sigli.

Penanganan tahap ketiga inilah yang ingin dipercepat Wagub Sumut, Musa Rajekshah tahapan pembangunannya, sehingga ruas jalan tol Kisaran-Rantauprapat-Simpang Sigambal-Dumai dapat dimajukan tahapan pelaksanaannya.

Dan tahap untuk pembangunan ruas tol tahap keempat yakni di antaranya M. Enim-Lubuk Linggau, Parapat-Sibolga, Lubuk Linggau-Taba, Pekanbaru-Pangkalan, Pangkalan- Payakumbuh, Palembang-Tanjung Api.

Selain Jusuf Hamka dan Musa Rajekshah, hadir juga dalam acara itu, Asisten Deputi (Asdep) Strategi dan Kebijakan Percepatan Investasi Kemenko Marves Ferry Akbar Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Sumut, Harun Mustafa Nasution, Irham Buana Nasution dan Anggota DPRD Sumut, Dody Taher.

Baca Juga: Menteri Sandiaga Dorong Kawasan Danau Toba Jadi KEK

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya