Sakit Jelang Take Off, 2 Calon Jemaah Haji Medan Gagal Berangkat 

Keduanya dirawat di rumah sakit

Medan, IDN Times- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Utara, Amri Siregar, mengatakan dua orang calon jemaah haji asal Embarkasi Medan ditunda keberangkatannya, lantaran mengalami sakit. Saat ini, keduanya dirawat di rumah sakit. 

"Dua jemaah tertunda berangkat karena saat akan take off, tiba-tiba sakit dan harus dirujuk ke rumah sakit terdekat. Tadi malam jemaah asal Labuhan Batu Utara dirujuk ke RSUD Drs. H. Amri Tambunan Lubuk Pakam oleh tim petugas kesehatan," ungkapnya, Sabtu (18/6/2022). 

1. Dua orang calon jemaah haji ditunda berangkat karena sakit

Sakit Jelang Take Off, 2 Calon Jemaah Haji Medan Gagal Berangkat Ilustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Ia menyebutkan nama calon jemaah haji yang tertunda keberangkatannya adalah Nurlela Sari Rambe asal Labuhanbatu yang tergabung di kloter lima, dan Syahnal Busumad Sihombing asal Labuhanbatu Utara yang tergabung di kloter tujuh.

"Alhamdulillah tadi pagi kloter terakhir pada gelombang I yaitu kloter 7 tiba di Madinah. Jumlah jemaah yang sudah tiba di Madinah asal Embarkasi Medan adalah 2735 orang," ujarnya. 

Baca Juga: Calon Haji asal Tapteng Meninggal, Istri Putuskan Tak Ikut Berangkat

2. Pemberangkatan calon jemaah haji Embarkasi Medan sudah memasuki gelombang II

Sakit Jelang Take Off, 2 Calon Jemaah Haji Medan Gagal Berangkat Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Amri mengatakan, saat ini pemberangkatan calon jemaah haji Embarkasi Medan sudah memasuki gelombang II. Adapun Kloter yang masuk dalam gelombang II adalah Kloter 8 asal Kabupaten Asahan, Kota Sibolga, dan Kota Medan.

Kemudian Kloter 9 berasal dari Deli Serdang, Pakpak Bharat, Gunungsitoli, Nias Utara dan Medan. kemudian Kloter 10 berasal dari Tapanuli Selatan, Padanglawas Utara, dan Medan. 

Para jemaah akan dilepas melalui Bandara Kualanamu Deliserdang menuju Bandar Udara Internasional King Abdul Azis. 

3. Jadwal penerimaan dan pemberangkatan calon jemaah haji berbeda dengan gelombang I

Sakit Jelang Take Off, 2 Calon Jemaah Haji Medan Gagal Berangkat Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Amri menyebutkan jadwal penerimaan dan pemberangkatan calon jemaah haji berbeda dengan gelombang I. Semula kedatangan diterima di Asrama Haji Medan pukul 17.00 WIB, untuk kloter 8 sampai 10 kedatangan jemaah pada pukul 08.00 WIB.

“Untuk gelombang II karena jadwal penerbangan tidak sama dengan gelombang I, maka jemaah tiba di Asrama Haji Medan pukul 08.00 WIB. Begitu juga jadwal acara keberangkatan dan pelepasan juga mengalami perubahan,” jelasnya.

Baca Juga: 46 Derajat Celcius di Makkah, Ini Pesan Menag untuk Jemaah Haji Medan 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya