Comscore Tracker

Puluhan Nakes Lulusan Sumut Berkarier di Luar Negeri, Jepang Terbanyak

Ada juga yang ke Jerman dan Arab Saudi

Medan, IDN Times- Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah apresiasi tenaga kesehatan lulusan Institut Kesehatan Deli Husada Delitua dan Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam yang akan berangkat ke Jepang, Arab Saudi, dan Jerman. Menurutnya, para alumni yang berangkat dianggap sudah memiliki kualifikasi yang baik.

“Kita berterima kasih kepada Institut Kesehatan Deli Husada dan Institut Kesehatan Medistra dalam mendidik anak-anak kita, diakui dan dipercayai oleh negara sahabat, Jepang, Arab Saudi dan juga Jerman untuk menerima tenaga kerja," ucap Ijeck, di Auditorium Institut Kesehatan Deli Husada Delitua, Deli Serdang, Rabu (4/8/2021).

"Artinya kemampuannya sudah cukup baik, tak hanya Indonesia, negara luar mau menerima tenaga kerja kita. Ini salah satu apresiasi kita juga,” tambahnya.

1. Sejumlah 83 orang akan diberangkatkan ke luar negeri

Puluhan Nakes Lulusan Sumut Berkarier di Luar Negeri, Jepang TerbanyakIstimewa/IDN Times

Johannes Sembiring, Rektor Institut Kesehatan Deli Husada menyampaikan, pemberangkatan tenaga kesehatan lulusan Institut Kesehatan Deli Husada Delitua dan Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam sudah dilaksanakan sejak tahun 2008.

Tahun ini, sebanyak 81 orang yang akan berangkat dengan pembagian, 73 orang diberangkatkan ke Jepang dan 9 orang diberangkatkan ke Arab Saudi.

“Untuk tahun ini kita berangkatkan 73 orang ke Jepang, 9 orang ke Arab Saudi dan kemarin 1 orang sudah berangkat ke Jerman, lulusan akademi kebidanan kita. Dan tentunya di Jepang saat ini sudah ada 600-700 orang alumni kita karena sudah lama diberangkatkan,” jelas Johannes.

Baca Juga: 70 Ribu Dosis Vaksin Moderna Tiba di Sumut, Peruntukkannya Bagi Nakes

2. Berharap para nakes dapat memberikan sumbangsih pengalaman dan keilmuannya untuk Sumut

Puluhan Nakes Lulusan Sumut Berkarier di Luar Negeri, Jepang TerbanyakIstimewa/IDN Times

Ijeck berharap, para tenaga kesehatan yang akan berangkat ke Jepang, harus memanfaatkan kesempatan dengan baik dan nanti sekembalinya dari Jepang bisa memberikan sumbangsih pengalaman dan keilmuannya untuk Sumut.

Dirinya menambahkan, para alumni yang diberangkatkan ke Jepang harus ikut serta menjaga nama baik negara selama bekerja di perantauan. “Kita tahu Jepang adalah negara yang disiplin, tak mudah menerima tenaga kerja, bekerjalah dengan baik. Sebagai warga negara Indonesia, tetap jaga nama baik bangsa,” ujar Ijeck.

3. Konsul Jenderal Jepang apresiasi para nakes lulusan Sumut

Puluhan Nakes Lulusan Sumut Berkarier di Luar Negeri, Jepang TerbanyakDanau Ashinoko, Hakone, Jepang (IDN Times/Anata)

Konsul Jenderal Jepang Takonai Susumu dalam kata sambutannya mengapresiasi Institut Kesehatan Deli Husada dan Institut Kesehatan Medistra yang telah mengirim lulusannya untuk bekerja di Jepang.

"Saya terima kasih dan apresiasi kepada Institut Kesehatan Deli Husada karena sekarang kami, Indonesia dan Jepang sedang dalam masa sulit karena pandemik COVID-19. Indonesia juga membutuhkan perawat. Sedangkan Jepang juga membutuhkan. Saya merasa terima kasih kepada Indonesia telah mengirimkan perawat ke Jepang," kata Takonai.

Baca Juga: Gratis! 700 Paket Beras untuk Mitra Pengemudi Grab di Medan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya