Pesan Terakhir Haji Anif, Berharap Keluarga Akur dan Bangun 99 Masjid

Apa yang dicarinya selama ini bukan untuk dirinya

Medan, IDN Times - Haji Anif, seorang tokoh Sumatera Utara (Sumut) menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (25/8/2021). Namun, sebelum meninggal, Musa Rajekshah, yang merupakan anak ke delapan Haji Anif ini menyebutkan hingga detik-detik terakhir, ayahya merupakan sosok yang kuat.

Bahkan saat sakit, Haji Anif tidak pernah mengeluhkan sakitnya. Tak hanya itu, Haji Anif juga menyampaikan pesan terakhir untuk keluarganya. 

Baca Juga: Mengenang Haji Anif, Bikin MTQ untuk Memeringati Hari Ulang Tahun

1. Selama sakit Haji Anif tidak pernah mengeluhkan sakitnya

Pesan Terakhir Haji Anif, Berharap Keluarga Akur dan Bangun 99 MasjidWagub Sumut Musa Rajekshah bersama ayahnya, Haji Anif Shah. (Instagram/MusaRajekshah)

Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck menceritakan, selama sakit Haji Anif tidak pernah mengeluhkan sakitnya, walaupun secara fisik anak-anaknya mengetahui dia sakit. Bahkan, lanjut dia, meski dalam keadaan sakit, almarhum selalu menyatakan agar menyiapkan makanan kepada siapapun yang datang.

"Kepada saya juga, walaupun sedang sakit, beliau juga selalu menanyakan apakah sudah sarapan," kenangnya.

"Pada saat almarhum sakit sekitar tiga minggu, saya bersama kakak dan adik, bahkan sampai tadi malam masih tidur di kamar almarhum, ini rasanya seperti mimpi. Tapi itu semua sudah ketentan Allah SWT, tidak ada sedikit pun kita bisa menahannya karena sudah tercatat di Lauhul Mahfuz dan kita juga akan menyusul," ucapnya.

2. Haji Anif berpesan kepada anak-anaknya agar tetap akur

Pesan Terakhir Haji Anif, Berharap Keluarga Akur dan Bangun 99 MasjidIDN Times/Masdalena Napitupulu

Ijeck menuturkan, Haji Anif berpesan kepada anak-anaknya agar tetap terus akur. Almarhum juga menyatakan, apa yang dicarinya selama ini bukan untuk dirinya tetapi untuk anak cucunya semua.

"Banyak hal yang kami dapatkan dari almarhum. Beliau juga berkata bahwasanya umur dan ilmu bukan hanya untuk diri sendiri dan keluarga saja, tetapi untuk semua makhluk," ucapnya.

3. Haji Anif berkeinginan untuk membangun 99 masjid

Pesan Terakhir Haji Anif, Berharap Keluarga Akur dan Bangun 99 Masjid

Musa Rajekshah juga kembali menyatakan niatnya untuk mewujudkan cita-cita sang ayah untuk membangun 99 masjid dan pesantren. Khusus untuk pesantren, H Anif memiliki keinginan melihat anak-anak mempunyai ilmu agama dan ilmu dunia untuk bekalnya masa depannya.

"Beliau berkata kalau diberikan Allah umur saya ingin melihat 99 ini terbangun, saya ingin melihat pesantren untuk anak-anak dan Insya Allah kami akan meneruskan semuanya," ucapnya.

Ijeck menuturkan, pihak keluarga sendiri menggelar tahlilan untuk mengirim doa pada ayahnya di tiga tempat terpisah pada waktu bersamaan, yakni di Masjid Al Musannif Cemara Asri, Masjid Silalas Jalan Sei Deli dan rumah duka almarhum di Jalan Tembakau Deli Medan. Juga diikuti berbagai kalangan secara virtual dari berbagai daerah kabupaten dan kota.

Baca Juga: Drawing Liga Champions Malam Ini, Berikut Link Live Streaming-nya

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya