Comscore Tracker

KPPU Kanwil I Bahas Perlindungan Harga TBS Bagi Petani Mandiri

Ada beberapa persoalan di sektor perkebunan sawit

Medan, IDN Times - Kepala Kantor Wilayah I Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Ridho Pamungkas, didampingi oleh Kepala Bidang Kajian dan Advokasi Shobi Kurnia menyambangi Dinas Perkebunan Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, Rabu (23/11/2022).

Hal itu dilakukan untuk berdiskusi terkait beberapa persoalan di perkebunan sawit.

1. Peran pemerintah dalam mendorong pemenuhan kewajiban alokasi lahan

KPPU Kanwil I Bahas Perlindungan Harga TBS Bagi Petani MandiriPuluhan petani sawit mengikuti Sekolah Lapang yang merupakan program upaya menerapkan sawit berkelanjutan (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Dalam pertemuan itu, Ridho membahas beberapa persoalan di sektor perkebunan sawit di antaranya terkait peran pemerintah dalam mendorong pemenuhan kewajiban alokasi lahan milik pengusaha sawit bagi petani rakyat.

"Seluas 20 persen total luas areal kebun Hak Guna Usaha (HGU) yang diusahakan," sebut Ridho.

2. Perlindungan harga TBS bagi petani mandiri

KPPU Kanwil I Bahas Perlindungan Harga TBS Bagi Petani MandiriIlustrasi Kelapa Sawit (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Ridho menambahkan, persoalan lainnya adalah perlindungan harga TBS bagi petani mandiri dan terkait penyelesaian masalah pelaksanaan kemitraan PT Sago Nauli dengan Koperasi Sawit Murni di Kabupaten Mandailing Natal yang ditangani KPPU.

”KPPU telah melaksanakan tugas dan fungsi dari kemitraan sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM dimana akan dilaksanakan seremoni pelaksanaan penyerahan sertifikat lahan kelapa sawit dari PT Sago Nauli kepada Koperasi Sawit Murni,” ungkapnya.

3. Akan fasilitasi penyerahan sertifikat lahan kelapa sawit dari PT Sago Nauli kepada Koperasi Sawit Murni

KPPU Kanwil I Bahas Perlindungan Harga TBS Bagi Petani MandiriIlustrasi perkebunan kelapa sawit. (IDN Times/Sunariyah)

Dalam tanggapannya, Sekretaris Dinas Perkebunan Sumut, HM Nazli, menyampaikan KPPU Kanwil I merupakan mitra Dinas Perkebunan dalam rangka pengawasan pelaksanaan kemitraan serta menjaga kemitraan sesuai dengan prinsip-prinsip yang sehat khususnya pada kemitraan perkebunan di Sumatra Utara.

“Kami siap membantu KPPU dalam memfasilitasi tempat pelaksanaan seremoni penyerahan sertifikat lahan kelapa sawit dari PT Sago Nauli kepada Koperasi Sawit Murni," ujarnya.

Ditambahkannya, terkait isu-isu di sektor perkebunan sawit yang lain, pihaknya siap berkolaborasi dengan KPPU sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Baca Juga: Kerennya Bobocabin, Hunian Canggih di The Kaldera Toba Nomadic Escape

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya