Wali Kota Bobby akan Salat Idul Adha di Lapangan Gajah Mada 

Ada 89 ekor lembu yang akan disembelih Pemko Medan

Medan, IDN Times - Pemko Medan akan menggelar Salat Idul Adha di Lapangan Gajah Mada, Jalan Krakatau, Minggu (10/7/2022) pagi. Ini berbeda dari tradisi biasanya di Lapangan Merdeka Medan yang mulai direvitalisasi. 

Pantauan IDN Times, Jumat (8/7/2022), para petugas tampak terus melakukan pembersihan dan pembenahan lapangan yang berlokasi di Kelurahan Pulo Brayan Darat I, Kecamatan Medan Timur.  Apalagi lapangan ini sudah lama tak digunakan, sehingga banyak rumput liar dan semak. Dinas Kebersihan dan Pertamanan juga melakukan pemangkasan terhadap ranting-ranting pohon.

Selain itu, para pekerja juga meratakan permukaan tanah agar jemaah dapat menunaikan ibadahnya dengan baik. Untuk memperlancar pekerjaan itu sejumlah alat berat pun diturunkan antara lain greder, dumptruk, dan mobil tangga.

1. Salat akan dimulai pada pukul 07.15 WIB

Wali Kota Bobby akan Salat Idul Adha di Lapangan Gajah Mada Suasana persiapan solat idul adha di Medan (Dok. Istimewa)

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Medan, Muhammad Sofyan memimpin rapat langsung di lokasi bersama pimpinan OPD terkait guna memastikan agar pelaksanaan Salat Iduladha ini terlaksana dengan baik. Sofyan mengatakan Salat Idul Adha akan dimulai pukul 7.15 WIB.

"Bertindak sebagai Imam dalam Salat Idul Adha ini adalah Syaifuddin Hazmi Lubis yang merupakan qari nasional sekaligus ketua IPQOH Medan. Sedangkan Khatib adalah Ilyas Halim yang merupakan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama," sebut Sofyan seraya mengajak umat muslim Kota Medan menunaikan Salat Iduladha di Lapangan Gajah Mada ini.

Baca Juga: 55 Lokasi Salat Idul Adha Muhammadiyah di Medan Beserta Khatibnya

2. Ada sebanyak 89 ekor lembu kurban ASN Pemko Medan

Wali Kota Bobby akan Salat Idul Adha di Lapangan Gajah Mada Suasana persiapan solat idul adha di Medan (Dok. Istimewa)

Dijadwalkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, unsur Forkopimda Sumut,  Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dan unsur Forkopimda Medan akan menunaikan Salat Idul Adha bersama masyarakat di Lapangan ini.

Usai Salat Idul Adha, di Lapangan milik Pemko Medan ini juga dilakukan acara ramah tamah dan penyembelihan hewan kurban Pemko Medan. Dari 89 ekor lembu kurban ASN Pemko Medan, sebanyak 4 ekor disembelih di Lapangan Gajah Mada ini. Selebihnya disembelih di wilayah kecamatan dan kelurahan serta dibagikan ke masyarakat setempat.

Selain menyiapkan fasilitas berwudhu, penyelenggara juga telah menyiapkan lokasi-lokasi parkir, termasuk di halaman SDN yang berada tidak jauh dari dari Lapangan tersebut.

3. Pemko Medan juga menggelar takbiran malam Idul Adha di Kantor Wali Kota Medan

Wali Kota Bobby akan Salat Idul Adha di Lapangan Gajah Mada Suasana persiapan solat idul adha di Medan (Dok. Istimewa)

Sebelum Salat Idul Adha, Pemko Medan juga menggelar Takbiran Malam Idul Adha pada Sabtu (9/7/2022) di halaman depan kantor Wali Kota Medan.

Persiapan untuk malam takbiran ini pun telah dilakukan. Diharapkan takbiran malam Idul Adha ini dapat berjalan dengan khidmat dan kian menguatkan keimanan dan ketakwaan umat muslim ibu kota Sumatra Utara ini.

Baca Juga: 8 Ribu Ternak di Sumut Diklaim Sembuh dari PMK Jelang Idul Adha

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya