Sang Anak Ceritakan Perjuangan Bangun Patung Letjen Jamin Ginting 

Bobby Nasution resmikan patung pahlawan nasional ini

Medan, IDN Times - Letjen Jamin Ginting, seorang tokoh pejuang kemerdekaan dari Tanah Karo, kini patungnya telah diresmikan tepat di titik nol KM Jalan Jamin Ginting, Kota Medan, Selasa (28/6/2022). Riahna Ginting, putri Letjen Jamin Ginting menyampaikan ungkapan rasa bahagia dan bangganya akan diresmikannya patung dari ayahnya yang merupakan seorang pahlawan Tanah Karo ini.

"Kami bangga dengan adanya patung ini, karena memang susah payah mencari lokasi patung sejak saat itu. Jadi kami sangat berterima kasih kepada wali kota karena telah mengizinkan berdirinya patung di Kota Medan," ungkap Riahna.

1. Pembuatan patung berdasarkan keinginan anaknya

Sang Anak Ceritakan Perjuangan Bangun Patung Letjen Jamin Ginting Riahna Ginting, anak dari Letjen Jamin Ginting (Dok.Istimewa)

Dirinya menceritakan, dalam pencarian dan pemilihan lokasi untuk tempat patung Letjen TNI Jamin Ginting berdiri cukup selihat. Apalagi melihat begitu panjangnya Jalan Djamin Ginting yang bermula dari KM Nol tempat patung berdiri hingga Kabanjahe, Tanah Karo.

Terhitung Jalan Jamin Ginting membentang sepanjang kurang lebih 80 kilometer, oleh karena itu Jalan Jamin Ginting dikenal menjadi jalan terpanjang di Indonesia.

Dalam hal ini, Riahna mengatakan pengalamannya ketika melihat Jalan Sudirman di Jakarta, kala itu ia mengatakan keinginannya kepada sang ibu yaitu Nyonya Likas Tarigan.

"Jadi saya bilang Ibu saya waktu masih hidup untuk membuat patung di Jalan Jamin Ginting, tetapi Jalan Jamin Ginting tidak ada trotoarnya. Jadi tidak bisa sampai kemarin, dan tiba-tiba lokasi tempat di bangun ini kosong,. Jadi saya bilang untuk meletakkan patung Jamin Ginting d itempat saat ini dibangun, " tuturnya.

Baca Juga: Tokoh dari Etnis Mandailing yang Jadi Pahlawan Nasional

2. Melihat lokasi dan lahan yang kosong yang mendukung

Sang Anak Ceritakan Perjuangan Bangun Patung Letjen Jamin Ginting Peresmian patung Jamin Ginting (Dok. Istimewa)

Melihat lokasi dan lahan yang kosong yang mendukung, Riahna pun meminta izin kepada pemerintah setempat yakni Wali Kota Medan. Syukurnya diizinkan tanpa hambatan.

Riahna mengatakan, proses perizinan hingga pembangunan patung Letjen TNI Jamin Gintings dimulai pada Oktober 2021 dan selesai serta diresmikan dalam tempo waktu enam bulan.

3. Patung Jamin Ginting untuk mengenang tokoh pejuang kemerdekaan ini

Sang Anak Ceritakan Perjuangan Bangun Patung Letjen Jamin Ginting Peresmian patung Jamin Ginting (Dok. Istimewa)

Riahna mengatakan keinginannya untuk membuat sebuah patung untuk mengenang sang ayah yang merupakan tokoh pejuang kemerdekaan ini sudah sejak enam tahun lalu. 

"Jadi patungnya sudah selesai sejak enam tahun yang lalu, tetapi kami simpan di Kota Bandung," pungkasnya.

Baca Juga: Jangan Lupakan Sejarah! Ini 12 Sosok Pahlawan Nasional dari Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya