Comscore Tracker

Membludak! Ratusan Warga Medan Antre Urus Surat Kendaraan Bermotor

Layanan baru dibuka kembali

Medan, IDN Times - Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Medan Baru, di Jalan Putri Hijau terlihat padat oleh warga, Rabu (3/6) kemarin. Mereka ingin mengurus administrasi kendaraan bermotornya. Ya, layanan pengurusan surat-surat kendaraan bermotor mulai dari STNK, BPKB, dan pajak kendaraan bermotor sudah dibuka kembali sejak awal Juni setelah beberapa bulan terakhir tutup.

Padatnya Pelayanan Samsat Putri Hijau, yang berada di Kantor Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumatera Utara (Sumut) yang menyebabkan antrean panjang ini tentu riskan di tengah pandemik COVID-19 yang belum berakhir.

 Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin mengatakan, pelayanan  dibuka kembali dengan tetap memedomani dan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat menuju fase new normal.

1. Proses administrasi dilakukan dengan lancar

Membludak! Ratusan Warga Medan Antre Urus Surat Kendaraan BermotorSamsat Putri Hijau Medan padat (IDN Times/Indah Permata Sari)

Tari salah seorang yang mengantri panjang mengatakan bahwa, tidak ada hambatan atau kendala dalam proses yang dilakukan.

“Menunggu dari tadi lebih 2 jam, tadi aku ikuti aja prosedur di dalam karena ada yang arahkan. Aku urusnya gak dari calo, aku ganti plat motor,” ujar Tari.

Baca Juga: 2 Hari, Satpol PP Medan Gelar Rapid Test untuk 650 Anggotanya

2. Ada yang sudah mengantre lama dan pulang dengan sia-sia, karena berkas belum lengkap

Membludak! Ratusan Warga Medan Antre Urus Surat Kendaraan BermotorSamsat Putri Hijau Medan padat (IDN Times/Indah Permata Sari)

Namun, berbeda dengan Jeni yang juga ingin mengurus administratif kendaraannya. Ia mengatakan bahwa dalam prosesnya mengaku sedikit kesulitan selain antrwan padat dan tak bisa selesai. Hal ini dikarenakan kurangnya berkas yang dibawa oleh Jeni.

“Iya saya capek kali, karena ngantri. Udah 2 jam lebih juga tadi ngantri. Ternyata sampai di dalam ada yang lupa saya bawa, akhirnya pulanglah gak bisa urus jadinya gak selesai-selesai,” ucapnya.

3. Padatnya Samsat Putri Hijau karena kantor Samsat Medan lainnya tutup

Membludak! Ratusan Warga Medan Antre Urus Surat Kendaraan BermotorIDN Times/Indah Permata Sari

Sebelumnya, pemerintah menghimbau untuk bekerja dari rumah (WFH) sebagai bentuk antisipasi penyebaran COVID-19, sehingga kantor Samsat lainnya tutup dan hanya Samsat Putri Hijau yang tidak tutup.

“Yang lainnya seperti Samsat Ferai, Samsat Keliling, dan Drive Thrue kita tutup sementara sampai pengumuman selanjutnya," pungkas Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sumut, Kemas Ahmad Yamin.

Baca Juga: Seorang Kakek di Medan Nekat Curi HP Milik Istri Mantan Gubernur Sumut

Topic:

  • Indah Permatasari Lubis
  • Arifin Al Alamudi
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya