Comscore Tracker

Dampak Gempa di Taput, 16 Bangunan Rumah dan Gereja Hancur

Jalan rusak hingga pohon tumbang juga terjadi

Tapanuli Utara, IDN Times - Sejumlah bangunan hancur, akibat dampak dari gemp bumi Magnitudo 6.0 yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, pada Sabtu (1/10/2022).

Bangunan hancur tersebut yakni 5 gereja, satu sekolah dan belasan rumah mengalami kerusakan akibat bencana alam yang berada di Dua Desa, Kecamatan Pagaran, Kabupaten Taput.

1. Lokasi terkena parah kerusakan bangunan akibat gempa di Desa Lumban Motung

Dampak Gempa di Taput, 16 Bangunan Rumah dan Gereja HancurIlustrasi gempa. (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Seksi Humas Polres Tapanuli Utara, Aiptu Walpon Baringbing mengungkapkan lokasi terkena parah kerusakan bangunan akibat gempa itu, berada Desa Sibaragas dan Desa Lumban Motung, Kecamatan Pagaran, Kabupaten Taput.

"Ini masih data sementara yang kita dapat," ungkap Walpon saat dikonfirmasi, pada Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: [BREAKING] Gempa di Taput, 1 Orang Meninggal dan 9 Luka-luka

2. Bertotal 16 bangunan rusak yakni Gereja dan rumah warga

Dampak Gempa di Taput, 16 Bangunan Rumah dan Gereja HancurPinterest

Polres Taput mendata bangunan gereja dan bangunan rumah warga yang rusak akibat gempa bumi di Desa Sibaragas, Kecamatan Pagaran.

Berikut rinciannya, satu unit Gereja HKBP Sibaragas kerusakan Menara dan asbes gereja, Gereja HKI Sibaragas kerusakan pagar gereja dan dinding gereja, SD Negari 173308 Sibaragas kerusakan dinding dan ruang kelas, Layar Diding atas rumah Kepala Desa Sibaragas an.Waldemar Lumbantoruan, Rumah warga an.B.Lumbantoruan kerusakan pada Dapur rumah hingga Ambruk/roboh.

Kemudian, Rumah Warga an.Manupan Batu bara kerusakan Dapur Rumah, Rumah warga an.Kuntok Lumbantoruan kerusakan pada bagian Dapur, Rumah warga an.Warmon Rajagukguk kerusakan pada Bagian dapur, Gereja GPP Sibaragas kerusakan bagian menara dan dinding retak, Rumah warga an.Jonni Lumbantoruan kerusakan pada dinding rumah/Roboh, Rumah warga an.Triman Lumbantoruan kerusakan pada bagian kamar dan dinding retak, Rumah warga an Tioruslin br purba kerusakan pada bagian depan rumah hingga Ambruk, Rumah warga an.Saudur Lubis kerusakan pada dinding samping kiri rumah hingga Ambruk.

Rumah Warga an.Wasinton Lumbantoruan kerusakan pada teras rumah Roboh, Rumah warga an.Manonggom Nainggolan kerusakan pada bagian Dapur dan dinding rumah retak, dan Rumah warga an.Pardon Nababan kerusakan pada teras rumah dan dinding rumah retak.

3. Selain bangunan rusak, gempa bumi ini juga mengakibatkan jalan rusak hingga pohon tumbang

Dampak Gempa di Taput, 16 Bangunan Rumah dan Gereja HancurIlustrasi gempa bumi (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain itu, ada di Desa Lumban Motung, Kecamatan Pagaran terdapat satu unit Gereja HKBP Lumban motung kerusakan dinding retak dan Gereja GKLI Desa Lumban motung kerusakan pada dinding gereja.

Selain merusak bangunan, gempa bumi ini juga mengakibatkan jalan rusak dan ambles, pohon tumbang dan longsor. Pasar Sarulla, Pahae Jae, Taput juga dilaporkan terbakar usai terjadi gempa tersebut.

Untuk diketahui,  Gempa bumi terjadi di Kabupaten Taput, Sumatera Utara. Pusat gempa berada di darat, 15 km barat laut Tapanuli Utara. 

Gempa ini juga dirasakan wilayah Tarutung SUMUT VI MMI, Singkil-Aceh IV MMI, Tapaktuan-Aceh III MMI, Gunung Sitoli-SUMUT III MMI.

Baca Juga: Gempa di Taput, Gubernur Edy Kirim Bantuan dan Tim Tanggap Bencana

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya