Comscore Tracker

Sebelum Tewas, Istri Pemilik Gudang Gas Sempat Menjerit Minta Tolong

Kebakaran di Siantar menewaskan 5 orang

Pematangsiantar, IDN Times - Kebakaran hebat yang melanda gudang gas elpiji di Jalan Penyabungan, Kecamatan Siantar Barat, Pematang Siantar, Sumatra Utara pada Sabtu (26/9) malam menyisahkan luka yang dalam bagi keluarga. Kobaran api melahap habis seluruh isi bangunan tingkat 3 yang juga dijadikan sebagai tempat tinggal itu. 

Setelah 4 jam berjibaku menjinakkan amukan 'si jago merah', petugas langsung mengevakuasi para korban yang terperangkap di dalam gedung. Lima orang penghuni ditemukan meninggal dunia dengan luka bakar di sekujur tubuh. 

1. Jenazah istri pemilik rumah serta tiga anaknya ditemukan di kamar tidur

Sebelum Tewas, Istri Pemilik Gudang Gas Sempat Menjerit Minta TolongKondisi gudang gas usai mengalami kebakaran hebat (IDN Times/Gideon Aritonang)

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Kabid Damkar) Jhosua Haloho menerangkan, empat korban ditemukan di lantai 2 tepatnya di kamar tidur. Para korban itu merupakan seorang ibu dan tiga orang anaknya. 

Sementara satu orang lagi, yakni sang mertua ditemukan dengan meninggal dunia di kamar mandi. "Semua jenazah sudah kita bawa ke Instalasi Jenazah (RSUD dr. Djasamen Saragih)," terangnya. 

Ditambahkan Jhosua, pihaknya mengalami kesulitan memadamkan api karena ratusan tabung gas silih berganti mengeluarkan ledakan. "Kita laksanakan secara manual. Medannya ini, gas. Kalau penyelidikan kita belum sampai situ, biar petugas berwenang," tambahnya. 

Baca Juga: [BREAKING] 4 Jenazah Korban Kebakaran Gudang Gas di Siantar Ditemukan 

2. "Kalau bisa aku menggantikan mereka"

Sebelum Tewas, Istri Pemilik Gudang Gas Sempat Menjerit Minta TolongHendra menangisi peristiwa kebakaran yang merenggut nyawa keluarganya (IDN Times/Gideon Aritonang)

Usai diautopsi, seluruh korban dibawa ke Yayasan Bhakti Kesejahteraan Sosial Balai Persemayaman (YBKSBP) untuk dikremasi. Selanjutnya, keluarga akan memakamkan di pemakaman Rambung Merah, Kecamatan Siantar Martoba. 

Hendra, keluarga korban menerangkan, anak-anaknya akan dimakamkan siang ini sekira Pukul 14.00 WIB. "Kalau anak-anak, rencananya akan dimakamkan siang ini, sekitar jam 2 siang. Kalau bapak sama istri saya, kurang tahu. Nanti menunggu keputusan keluarga," ujarnya saat ditemui, Minggu (27/9), di YBKSBP. 

Pria yang kehilangan ayah serta istri dan 3 orang anak ini mengaku tidak berada di rumah saat peristiwa. Informasi kebakaran itu didapatnya dari kerabat, dan kemudian ia langsung bergegas ke lokasi kejadian. 

Masih dalam linangan air mata, Hendra merasa sangat terpukul atas kejadian yang menimpa keluarganya itu. "Kalau bisa aku menggantikan mereka," ucapnya. 

3. Istri pemilik rumah sempat menjerit minta tolong dari jendela lantai atas

Sebelum Tewas, Istri Pemilik Gudang Gas Sempat Menjerit Minta TolongKondisi terkini gudang gas yang mengalami kebakaran hebat di Siantar (IDN Times/Gideon Aritonang)

Menurut kesaksian salah seorang saksi, M. Afandi Munthe, saat kejadian ia sedang memanggang ikan di depan kafe tempatnya bekerja. Gedung yang menjadi Tempat Kejadian Perkara (TKP) itu berada tepat di samping kafe tempat afandi bekerja. 

Awalnya ia mendengar suara ledakan tabung gas sebanyak dua kali dan kemudian Afandi melihat sumber suara ledakan ada kobaran api dari bagian tengah rumah yang terbakar. 

Sementara itu, dari keterangan saksi lainnya, Bunguan, ia melihat kobaran api di bagian tengah sudah membesar. Ameng, orangtua pemilik rumah yang ikut menjadi korban meninggal, kata Bunguan, sempat keluar rumah dari sisi kiri rumah dan mengendarai mobil. 

"Orangtua yang punya rumah itu kembali ke dalam rumah karena mendengar menantunya (Yanti, red) menjerit minta tolong dari jendela lantai atas rumah," terangnya. 

Namun naas, niat Ameng menyelamatkan menantu dan cucu-cucunya itu membuat dia ikut terjebak dalam kobaran api. Ameng ditemukan meninggal dunia di kamar mandi dalam kondisi luka bakar.

Baca Juga: [BREAKING] Gudang Gas Elpiji di Siantar Terbakar, 5 Orang Terperangkap

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya