Resmi Dilantik, IKA Psikologi USU Siap Bersinergi dengan Kampus

IKA dinilai punya kontribusi bagi prestasi kampus

Medan, IDN Times - Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU) periode 2023-2027 resmi dilantik. Mengusung tema "Recall the Memories" IKA melalui momen ini berusaha menciptakan iklim sekaligus mengingat kembali masa-masa indah para alumni mulai dari cerita suka duka, keceriaan ospek, masa sulit skripsi, dan lain-lain semasa kuliah dahulu, Sabtu (18/11/2023).

Tak hanya itu, melalui pelantikan ini juga diharapkan agar IKA Psikologi kepada fakultasnya dapat bersinergi dengan baik, mengingat peranan alumni yang cukup esensial. Bahkan dikatakan Zulkarnain, Ph.D., Psikolog. selaku Dekan Fakultas Psikologi jika pihaknya telah siap 1.000 persen mendukung program kerja IKA dengan memberikan fasilitas senyaman mungkin.

"Apapun kebutuhan dari IKA psikologi akan kami support 1.000 persen. Jadi, saya jngin memenkankan bahwa erlu adanya sinergi antara IKA dengan Fakultasnya, karena kami meyakini bahwa alumni juga punya kontribusi yang besar, paling tidak sebagai indikator kinerja fakultas dan mudah-mudahan ini terus berlanjut, sebab kami terbuka untuk menyambut para alumni untuk kembali ke kampungnya di sini (Fakultas Psikologi)," kata Zulkarnain.

1. Militansi IKA di kampus Jawa layak ditiru

Resmi Dilantik, IKA Psikologi USU Siap Bersinergi dengan KampusTengku Erry Nuradi melantik IKA Psikologi USU (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Mantan Gubernur Sumatra Utara, Tengku Erry Nuradi, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara dalam hal ini menyampaikan jika IKA Psikologi harus bisa merangkul semua komponen alumni yang pernah belajar di Fakultas Psikologi. Selain untuk wadah silaturahmi, ia juga menilai jika IKA dapat memberi manfaat bagi iklim akademik kampus.

"Kita menunggu peranan alumni dan sinerginya dengan fakultas. Sebanyak 262.000 alumni USU dan ini bukan angka yang sedikit, Fakultas psikologi saja ada 2000 lebih alumninya, harus bisa dimanfaatkan dengan sebaiknya dan ini merupakan salah satu peran dari IKA untuk terus melayani dan merangkul semua komponen yang ada, termasuk juga alumni-alumni harus disentuh dan diajak back to Kampung (ke Fakultas Psikologi USU)," kata Tengku Erry.

Tak urung dirinya menyampaikan jika IKA Psikologi USU dapat meniru kesolidan dan kontribusi Ikatan Alumni yang berada di kampus-kampus di pulau Jawa seperti UGM yang militan.

"Kalau kita sudah bisa merangkul semua alumni, itu bisa memberikan potensi yang luar biasa besar. Sentuh dulu para alumni supaya mereka merasa masih diingat. Saya yakin pemimpi yang baru dapat merangkul semua alumni psikologi yang ada di nusantara atau di mancanegara," kata pria berumur 59 tahun ini.

2. IKA membantu USU mewujudkan misi menjadi World Class University

Resmi Dilantik, IKA Psikologi USU Siap Bersinergi dengan KampusMomen pelantikan IKA Psikologi USU (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Tak urung disampaikan oleh Direktur Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Kealumnian USU, Doli Muhammad Jafar Dalimunthe, M.Si, jika IKA juga dapat membantu kampus memperlebar jaringan. Dalam kontribusi tersebut baik pihak kampus dengan IKA dapat menciptakan hubungan berbasis simbiosis mutualisme.

"Kalau kita berbicara tentang alumni, maka kita juga berbicara tentang jangkauan. 292.000 data alumni USU sekarang akan sangat mudah dijangkau dengan hadirnya Ikatan Alumni yang menjalankan peran seperti melakukan mitigasi dan mengumpulkan alumni yang lain agar kita bisa melakukan hubungan mutualisme yang enak," ucap Doli.

Dolly juga menjelaskan jika IKA berperan bagi perangkingan nasional, seperti mewujudkan World Class University sampai reputasi akademik.

"Pada akademic reputation dan employer reputation dari alumni totalnya 30 persen sampai 40 persen. Jadi hadirnya IKA ini dapat menunjang prestasi universitas. Alumni bisa berkontribusi baik itu sifatnya fisik atau non fisik," katanya.

Dobrakan alumni sendiri bagi Doli banyak macamnya. Namun, yang ia soroti adalah kontribusi, seperti sejauh apa alumni bisa memberikan kontribusi bagi kampusnya.

"Kontribusi ini jangan selalu diartikan sebagai materi, ya, tapi yang paling penting adalah kita mau menciptakan alumni-alumni yang bangga dengan USU dan menjaga reputasi USU. Ini lah yang menjadi hal fundamental yang kita harapkan. Jika semua itu terjadi insya Allah semua program pasti akan berjalan dengan baik," pungkasnya.

3. IKA Psikologi USU akan gencar menguatkan konsolidasi kepada seluruh alumninya

Resmi Dilantik, IKA Psikologi USU Siap Bersinergi dengan KampusIkatan Alumni Psikologi USU periode 2023-2027 dilantik pada 18/11/2023 (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Setelah resmi dilantik, Rizty Desta Mahestri Ginting, M.Psi., Psikolog selaku ketua Ikatan Alumni Psikologi USU terpilih optimis dapat menjalankan roda keorganisasian dengan baik.

"Semoga pelantikan ini bisa menjadi momentum di mana nantinya akan lahir program-program berikutnya yang dapat menyinergikan antara gerakan alumni dengan almamater, sehingga membawa kebermanfaatan kepada seluruh pihak, utamanya untuk mewujudkan apa yang tertuang dalam mars IKA USU yaitu bakti sepanjang masa," kata Rizty.

Kepada awak media, Desta menjelaskan untuk mewujudkan semua itu ia sendiri telah memiliki langkah yang strategis. 

"Kita akan menguatkan konsolidasi kepada seluruh alumni. Dan alhamdulilah beberapa alumni merespon positif terkait berita kealumnian ini. Kita juga akan menggerakkan PIC (Personal in Charge) dan menggunakan program-program internal untuk alumni sehingga mereka merasa kebutuhan-kebutuhan alumni itu bisa dijawab oleh IKA. Semoga alumni juga meningkat kepeduliannya kepada almamater dan komunitas IKA," jawab Desta sebelum dirinya mengatakan akan siap jika harus mendatangkan Band ternama Indonesia, Dewa 19 pula.

Baca Juga: Seniman Cilik Beri Wali Kota Susanti Lukisan Adam Malik

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya