Wow, VAR Mulai Diterapkan di Sepak Bola Medan

Sudah uji coba perdana, akan resmi digunakan di MSL

Medan, IDN Times - Teknologi Video Assistant Referee (VAR) untuk membantu kinerja wasit memimpin pertandingan sepak bola kini akan mulai digunakan di Medan. Uji coba perdana telah digelar pada laga festival sepak bola Ramadan Cup di Stadion DR TD Pardede, Rabu (1/5).

Sumut khususnya Medan sendiri, menjadi kota ketiga dalam penggunaan VAR di Indonesia setelah Bandung dan Malang. Bahkan untuk Bandung sendiri, penggunaan VAR udah berjalan 1,5 musim untuk Bandung Super League (BPL).

1. Akan resmi digunakan di Medan Super League, kompetisi afiliasi dengan Bandung Premier League

Wow, VAR Mulai Diterapkan di Sepak Bola MedanIDN Times/istimewa

CEO Bandung Premier League (BPL) Doni Setiabudi mengatakan, VAR akan digunakan di kompetisi yang berafiliasi dengan BPL. Termasuk Medan Super League yang akan kick off 14 Juli.

"Sebelumnya di Bandung dan Malang dan akan terus dikejar untuk kota-kota lain untuk kompetisi yang berafiliasi dengan BPL. Ada 19 kota lainnya. Penggunaan VAR ini akan sangat membantu wasit," kata Doni Setiabudi.

2. VAR sementara gunakan empat kamera

Wow, VAR Mulai Diterapkan di Sepak Bola MedanIDN Times/istimewa

Doni mengakui, VAR memang masih belum sempurna. Namun pihaknya yakin, penggunaan VAR akan terus disempurnakan. Begitu juga untuk Medan Super League (MSL) sendiri yang rencananya akan menggunakan VAR.

"Kalau standarnya VAR pakai 4 kamera, masing-masing dua di belakang gawang. Untuk BPL musim lalu sudah pakai 8 kamera, selanjutnya akan coba 16 kamera," katanya.

3. Sosialisasi untuk penonton

Wow, VAR Mulai Diterapkan di Sepak Bola MedanIDN Times/istimewa

Pada uji coba perdana VAR, para penonton dan pemain terlihat penasaran dengan penggunaan VAR yang biasa mereka ketahui dari pertandingan-pertandingan sepak bola Eropa. Termasuk Piala Dunia lalu.

"Selanjutnya mungkin sosialisasi saja untuk penonton, pemain hingga wasit. Banyak yang masih awam, sehingga penonton jadi pengen nonton VAR itu, padahal tidak boleh. Termasuk wasit dan perangkat pertandingan, bagaimana aba-aba untuk VAR itu sendiri. Nanti akan ada lah workshop untuk penggunaan VAR itu biar semua tahu," kata Doni.

4. Akan terus dicoba di berbagai turnamen sebelum MSL

Wow, VAR Mulai Diterapkan di Sepak Bola MedanVerdict

Sementara CEO Medan Super League, M Rezi Sukma mengaku puas dengan hasil uji coba perdana VAR di Medan. Meski diuji lewat tingkat festival sepakbola antar-SSB, tapi beberapa keputusan wasit dibantuk VAR tersebut.

"Selanjutnya akan kita uji saat turnamen segi empat saat Ramadan. Rencana di Stadion Pardede atau Lapangan Jasdam. Kami akan uji lagi hingga betul mendekati sempurna jelang kick off MSL 14 Juli mendatang memperebutkan Piala Kemenpora," jelasnya.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya