Sudah Didanai, Gubernur Sumut Minta Pembangunan Desa Ditingkatkan

Kesempatan bangun daerah terpencil terbuka lebar

Simalungun, IDN Times - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengajak para Pangalu atau kepala desa untuk meningkatkan pelayanannya untuk memanfaatkan sebagai mungkin program pemerintah pusat. Apalagi sekarang ini pemerintah pusat telah memberikan perhatian kepada desa melalui dana desa.

Hal ini ditekankan Gubernur dalam kunjungan kerjanya di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, Kamis (4/7). Edy Rahmayadi, sangat berharap para kepala desa meningkatkan pembangunan di wilayahnya masing-masing. Menurut Edy, kesempatan membangun Indonesia dari daerah terpencil atau terpelosok sekalipun sudah terbuka lebar karena berbagai penunjang.

Baca Juga: Ribuan Tenaga Honor di Pemkab Simalungun Bakal Diberhentikan

1. Diminta jadikan Surabaya sebagai contoh

Sudah Didanai, Gubernur Sumut Minta Pembangunan Desa DitingkatkanDok. IDN Times/IStimewa

Dalam rangka memotivasi para kepala desa untuk meningkatkan kebersihan dan kerapian wilayahnya, Edy mencontohkan kota Surabaya yang telah berhasil membenahi kotanya. "Saya harap kita semua bersama-sama membangun dan memperbaiki wilayah kita dengan keikhlasan bekerja," ujar Edy.

Gubernur juga memberi bimbingan dan arahan untuk menyemangati dan motivasi kepada para ASN, Camat dan Pangulu untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat serta penguatan kembali sinergitas hubungan antara pemerintah provinsi dan kabupaten se-Sumatera Utara.

2. Kerukunan harus tetap dijaga

Sudah Didanai, Gubernur Sumut Minta Pembangunan Desa DitingkatkanDok.IDN Times/istimewa

Selain memberikan motivasi kepada para kepala desa, Gubernur juga mendorong agar Bupati Simalungun, JR Saragih bersama para perangkatnya peka terhadap masyarakat. Ditambahkan oleh Gubernur, berdasarkan undang-undang bahwa pejabat yang dipilih oleh rakyat merupakan pimpinan yang bekerja untuk daerah tersebut bersama Forkopimda dan sumbang saran dari tokoh masyarakat.

Disinggung juga mengenai maraknya isu tentang agama yang dipolitisir, Gubernur berharap agar masyarakat Sumatera Utara tetap menjaga kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama dengan saling menghormati satu sama lain. Permasalahan sosial yang ada di masyarakat harus menjadi permasalahan bersama. "Indahnya kebersamaan dalam perbedaan akan memberikan kesejukan di Sumatera Utara," ujar Gubernur.

3. JR Saragih berterima kasih ke Edy

Sudah Didanai, Gubernur Sumut Minta Pembangunan Desa DitingkatkanDok.IDN Times/istimewa

Di Tanoh Habonaron do Bona, Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur. Dikatakan bahwa masyarakat Simalungun sangat merindukan kehadiran pimpinannya untuk bertemu muka dengan warganya. 

"Kami berterimakasih kepada Gubernur yang telah menyempatkan waktu bertatap muka dengan kami masyarakat Simalungun," ujarnya.

Baca Juga: Bupati JR Saragih Berhentikan 992 Guru Fungsional, Ini Alasannya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya