Comscore Tracker

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan Sekitarnya

5 orang tewas, 2 hilang dan ratusan orang mengungsi

Medan, IDN Times - Banjir yang melanda Medan dan sekitarnya, Jumat (4/12/2020) tidak hanya menimbulkan korban jiwa. Tapi juga kerusakan di berbagai tempat. Syukurnya saat ini banjir sudah surut meski hujan dengan intensitas ringan masih terjadi hingga Sabtu (5/12/202) dini hari.

Dari data laporan kebencanaan Kota Medan, ada sebanyak 4.249 Kepala Keluarga atau 12.783 Jiwa dan 2.396 Rumah di 10 Kecamatan dan 14 Kelurahan yang terdampak banjir.

Salah satu titik terparah adalah di Desa Tanjung Selamat, tepatnya di Komplek De Flamboyan. Berikut ini adalah potret kerusakan pascabanjir di beberapa titik kota Medan dari rekaman lensa IDN Times dan Antara.

1. Tiang listrik yang begitu kokohnya saja sampai tumbang karena derasnya air saat banjir di Perumahan Flamboyan Tanjung Selamat

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan SekitarnyaSebuah tiang listrik berada dalam posisi miring pascabanjir di Perumahan De Flamboyan, Medan, Sumatera Utara, Jumat (4/12/2020). Pihak berwenang mengimbau kepada warga setempat untuk tetap waspada dan tidak tinggal untuk sementara di perumahan tersebut karena curah hujan yang diperkirakan masih tinggi yang dapat menyebabkan kembali terjadinya banjir susulan. ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

2. Petugas Basarnas saat coba mengevakuasi korban banjir di Jalan Brigjend Katamso. Motor dan kendaraan ikut terendam

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan SekitarnyaBanjir merendam pemukiman di kawasan Jalan Brigjen Katamso, Kota Medan, Jumat (4/12/2020). (IDN Times/Prayugo Utomo)

3. Banjir merusak rumah di kawasan Tanjung Selamat. Tampak tiang dan atap rumah rusak

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan SekitarnyaSebuah rumah di kawasan Tanjung Selamat terendam banjir (IDN Times/Indah Permata Sari)

4. Sebuah mobil tampak tersangkut di tembok rumah warga pascabanjir surut di Perumahan De Flamboyan, Tanjung Selamat

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan SekitarnyaSebuah mobil tersangkut di pagar pascabanjir di Perumahan De Flamboyan, Medan, Sumatera Utara, Jumat (4/12/2020). Pihak berwenang mengimbau kepada warga setempat untuk tetap waspada dan tidak tinggal untuk sementara di perumahan tersebut karena curah hujan yang diperkirakan masih tinggi yang dapat menyebabkan kembali terjadinya banjir susulan (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

5. Becak motor juga ikut terbalik setelah air surut

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan SekitarnyaSebuah becak terbalik di area perumahan De Flamboyand, Tanjung Selamat pascabanjir, Jumat (4/12/2020). (Dok.IDN Times/istimewa)

6. Kerusakan juga terimbas ke lahan pertanian warga di Klambir Lima

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan SekitarnyaWarga berada di dekat tanaman padi yang rusak pascabanjir di Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (5/12/2020). Banjir yang terjadi Jumat (4/12) dini hari akibat meluapnya aliran sungai Belawan menyebabkan ribuan rumah terendam dan sejumlah areal tanaman pertanian rusak (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Baca Juga: Potret Haru Suasana Posko Pengungsian Korban Banjir Tanjung Selamat 

7. Warga coba mengantisipasi banjir dengan membuat bendungan dari pasir di Medan Labuhan

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan SekitarnyaWarga membuat bendungan buatan dari pasar untuk antisipasi banjir di Medan Labuhan, Jumat (4/12/2020). (IDN Times/Indah Permata Sari)

8. Anggota TNI membantu warga mendorong kendaraannya

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan SekitarnyaPrajurit TNI dibantu relawan mengevakuasi warga dan kendaraan dari rumahnya pascabanjir di Perumahan De Flamboyan, Medan, Sumatera Utara, Jumat (4/12/2020). Pihak berwenang mengimbau kepada warga setempat untuk tetap waspada dan tidak tinggal untuk sementara di perumahan tersebut karena curah hujan yang diperkirakan masih tinggi yang dapat menyebabkan kembali terjadinya banjir susulan. ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

9. Warga tampak berenang melewati genangan air yang merendam rumahnya

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan SekitarnyaBanjir merendam kawasan pemukiman di Jalan Brigjend Katamso, Kota Medan, Jumat (4/12/2020). (IDN Times/Prayugo Utomo)

10. Warga terpaksa menerobos tol dengan sepeda motor karena akses jalan terputus

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan SekitarnyaRatusan pengendara sepeda motor dari arah Deli Serdang menuju Kota Medan menerobos jalan tol Sei Semayang-Medan dikarenakan jalan utama terendam banjir (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

10. Kondisi pengungsi banjir di Balai Desa Tanjung Selamat

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan SekitarnyaPotret suasana posko pengungsian korban banjir di Balai Desa Tanjung Selamat (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

11. Potret banjir di Medan dan sekitarnya dari udara

Potret Kerusakan Usai Banjir di Medan dan SekitarnyaBanjir merendam kawasan Kampung Lalang, Kota Medan, Jumat (4/12/2020). (Zulfan Dalimunthe for IDN Times)

Baca Juga: Banjir di Tanjung Selamat, Sudah 5 Jenazah yang Ditemukan

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya