Comscore Tracker

Keren! Hutama Hafiz dan Ifani Helen Sandang Jaka Dara Kota Medan 2019

Wali Kota minta jaga budaya lokal

Medan, IDN Times - Ahoi! Medan kembali lagi dengan pemilihan Jaka dan Dara 2019, setelah vakum 2 tahun lamanya. Kali ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Medan kembali menggelar pemilihan Jaka Dara 2019 dari 25 pasangan Jaka dan Dara seluruh kecamatan di Medan, di Hotel Aston Medan, Jumat (19/7).

Terpilih 4 pasangan Jaka dan Dara sebagai juaranya masing-masing predikat. Seperti biasa, pemilihan tersebut dipilih dengan 4 predikat. Predikat yang dipilih yakni  utama, inteligensia, kepribadian, dan persahabatan.

Baca Juga: Lama Tak Datang, Slank Kembali Guncang Kota Medan dan Lepas Kerinduan

1. Jaka Dara Kota Medan 2019 dari Kecamatan Medan Barat dan Medan Maimun

Keren! Hutama Hafiz dan Ifani Helen Sandang Jaka Dara Kota Medan 2019IDN Times/Indah Permata Sari

Untuk predikat utama Hutama Hafiz terpilih sebagai Jaka Utama. Hafiz menjadi wakil dari Medan Maimun. Sementara Ifani Helen (21) terpilih menjadi dara 2019.  Ifani berasal dari Kecamatan Medan Barat.

" Perasaan saya bercampur aduk, bahagia karna banyak pendukungnya yang datang. Sama-sama berkompetisi, saingan juga mempunyai talenta masing-masing jadi minder gak kebayang sama sekali," ujar Ifani.

Sebelumnya Ifani mengatakan, ajang pemilihan Jaka dan Dara ini baru pertama kalinya ikut dan langsung menjadi pemenang. Ifani juga menjelaskan rencana ke depan usai pemilihan Dara terhadap dirinya.

"Tentunya saya akan ikut serta dalam pemerintahan mempromosikan wisata yang ada di Kota Medan, terutama membenahi pelayanan dalam objek wisata tersebut," tuturnya.

2. Wali Kota Medan berharap Jaka Dara tidak mudah terkontaminasi dengan budaya asing

Keren! Hutama Hafiz dan Ifani Helen Sandang Jaka Dara Kota Medan 2019IDN Times/Indah Permata Sari

Sementara itu, dalam acara pemilihan Jaka Dara Medan, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin berharap kepada para Jaka Dara tersebut untuk dapat menjaga kepribadiannya dengan memiliki karakter tersendiri. Sehingga budaya asing yang tak mendidik, tidak dengan mudah terkontaminasi.

Selain itu juga, Jaka dan Dara diharapkan bisa tampil prima dan menjadi benteng bagi generasi muda agar dapat memfilter budaya yang cocok untuk bangsa Indonesia.

Menurut Dzulmi Eldin, kegiatan Jaka Dara ini merupakan suatu bentuk apresiasi dan gerakan untuk menggali potensi kepribadian dan watak serta intelegensia dari para anak remaja, pemuda, dan harapan bangsa agar dapat mewakili generasi yang terbaik. Serta bisa tampil dengan prima dan menjaga kepribadian bangsa Indonesia yang berbudi luhur.

" Banyak yang harus kita lihat masuknya budaya asing, tapi kita harus bentengi generasi muda ini untuk mereka bisa memfilter mana budaya yang cocok untuk bangsa kita, untuk mereka bisa menjaga kepribadiannya masing-masing dan untuk bisa menjaga generasi dilingkungannya juga agar mereka tidak terkontaminasi dengan budaya-budaya tidak mendidik khusunya untuk budaya bangsa kita ini," tutur Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.

3. Ini hadiah untuk para juara

Keren! Hutama Hafiz dan Ifani Helen Sandang Jaka Dara Kota Medan 2019IDN Times/Indah Permata Sari

Jaka Dara utama mendapat hadiah Rp20 juta. Sementara predikat lainnya meraih hadiah Rp10 juta.

Para pemenang lainnya adalah M. Deni Kurniawan Pohan dan Sherina Gracesela sebagai Jaka Dara Intelegensia, Kevin Sabila dan Tricory Indahsari sebagai Jaka Dara kepribadian, serta Hanibal Aditya dan Putri Wan Aulia sebagai Jaka Dara Persahabatan.

Baca Juga: My Dream, Seniman Difabel asal Tiongkok akan Pukau Warga Medan  

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya