Comscore Tracker

Keamanan Kualanamu Tes Alkohol Penumpang Turkish Airlines yang Ngamuk

Ia mengalami luka dan kini dirawat di RSUD Lubukpakam

Medan, IDN Times- Otoritas keamanan Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara masih menyelidiki motif penumpang Turkish Airlines rute Turki-Jakarta mengamuk hingga terpaksa diturunkan (divert) di Kualanamu, Selasa (11/10/2022),  karena mengamuk dan menyerang kru pesawat. Belum bisa dipastikan apakah dia dalam pengaruh alkohol atau tidak. 

Kepala Seksi Pengamanan Otoritas Bandara Kualanamu, Patwa Pane menjelaskan pihaknya memeriksa kondisi kesehatan penumpang tersebut, termasuk tes alkohol,

"Soal itu sedang diselidiki apa penyebabnya, dites (alkohol) dan lain-lainnya. Kami menunggu hasilnya. Tapi nanti akan dipublish di kantor pusat," sebut Patwa, Rabu (12/10/2022).

Penumpang berinisial MJ yang merupakan warga Tangerang awalnya mengamuk dan menyerang awak kabin pesawat. Situasi itu membuat penumpang yang lain menjadi kesal, sehingga menyerang penumpang tersebut. Dia bahkan harus diikat. 

Dia pun mengalami luka memar dibagian wajah, luka dibagian pelipis mata, kepala bagian atas dan luka di bawah ketiak. Saat ini ia dirawat di RSU Lubukpakam.

"Kita masih melihat kondisi kesehatan beliau karena ada luka, jadi perawatan dulu di rumah sakit," tambah Patwa.

Pemeriksaan pun belum bisa dilakukan karena penumpang tersebut masih dirawat.

"Detail informasinya belum ada, saat ini kami masih akan proses meminta keterangan sembari berdiskusi," tambahnya. 

Setelah menurunkan penumpang tersebut di Bandara Kualanamu, pesawat Turkish Airlines kembali terbang ke Jakarta meski mengalami keterlambatan dari jadwal pukul 19.05 WIB. Kini pesawat tersebut sudah kembali ke negara asalnya.

Terpisah, Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji mengungkapkan saat ini masih dalam otoritas pihak Bandara Kualanamu.

"Saat ini masih ranah otoritas bandara, tapi kami sedang mencoba untuk ambil keterangan penumpang tersebut," pungkas Irsan.

Baca Juga: Pesawat Turkish Airlines Mendarat di Kualanamu karena Penumpang Ngamuk

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya