Comscore Tracker

Meninggal di Tahanan, Ini 5 Fakta Ustaz Maaher asal Medan

Maaher juga pernah berseteru dengan Abu Janda

Medan, IDN Times - Meninggalnya Ustaz Maheer At Thuwailibi di Rumah Tahanan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Senin (8/2/2021) menjadi kabar mengejutkan. Indonesia kembali kehilangan salah satu ulamanya.

Pria dengan nama Soni Eranata itu dikonfirmasi meninggal karena sakit. Pengacaranya menyebutkan jika Soni sakit pada ususnya. Ustaz kelahiran 14 Juli 1992 ini ditahan karena berstatus tersangka kasus penghinaan Habib Luthfi bin Yahya.

Sebelum ditangkap pengacara Maheer, Djudju menyebutkan jika kliennya sudah menderita penyakit di usus lambubgnya. Dia juga sempat dirawat di RS Polri pada 21 Januari 2021. Kemudian kembali ke tahanan. Sampai akhirnya kabar duka ini muncul.

Berikut fakta-fakta soal Ustaz Maaher At Thuwailibi.

1. Lahir di Medan

Meninggal di Tahanan, Ini 5 Fakta Ustaz Maaher asal MedanUstaz Maaher At-Thuwailibi alias Soni Eranata (Twitter/@ustadzmaheer_)

Ustaz Maheer lahir di Medan. Dia dikenal sebagai pendakwah dan kini menetap di Bogor. Dia juga dikenal punya channel YouTube pribadi untuk menyiarkan ceramah-ceramahnya.

Akun YouTube dengan namanya sendiri itu sudah diikuti 150 ribu subscriber.

2. Pernah berseteru dengan Abu Janda

Meninggal di Tahanan, Ini 5 Fakta Ustaz Maaher asal MedanPermadi Arya atau Abu Janda (Instagram.com/permadiaktivis2)

Beberapa kali Ustaz Maheer terlibat permasalahan dengan orang lain. Salah satunya Abu Janda pada November 2019 lalu.Saat itu Ustaz Maheer dilaporkan karena diduga melakukan pengancaman dan ujaran kebencian melalui media sosial Twitter pribadinya @ustadzmaaher.

Baca Juga: [BREAKING] Ustaz Maaher Meninggal di Rutan Mabes Polri

3. Kritik film The Santri garapan Ustaz Yusuf Mansyur

Meninggal di Tahanan, Ini 5 Fakta Ustaz Maaher asal MedanUstaz Yusuf Mansur. IDN Times/Fitria Madia

Selain itu Maaher juga pernah terlibat friksi dengan Ustaz Yusuf Mansur. Hal itu karena dipicu film The Santri. Film itu dibintangi anak Yusuf Mansur, Wirda Mansur. Maaher kerap melancarkan kritik kepada film tersebut.

Namun masalah itu sepertinya sudah berlalu dan Ustaz Yusuf Mansur menganggap Maheer sebagai sahabatnya. Dia mengucapkan ucapan bela sungkawa atas kepergiaan Maheer.

"Selamat jalan sahabat saya. Insya Allah husnul khatimah. Sekian hari lalu masih komunikasi tentang beberapa hal Benar-benar husnul khatimah. Mari kawan-kawan kita doakan beliau. Banyak kebaikannya juga kedermawanannya. Beliau juga ga punya apa2. Meninggalkan istri dan anak keturunannya yg bakal jd borang besar di kemudian hari. Kita doakan," tulis Yusuf Mansur di akun instagramnya.

4. Berseteru dengan Nikita Mirzani

Meninggal di Tahanan, Ini 5 Fakta Ustaz Maaher asal Medaninstagram.com/nikitamirzanimawardi_17

Saat pemimpin FPI Rizieq Shihab pulang ke Indonesia, beberapa publik figur mengeluarkan komentar. Salah satunya Nikita Mirzani.

Komentar artis yang akrab disapa Nyai itu dianggap melecehkan Rizieq. Maaher termasuk yang tidak terima dan saling sindir dengan Nikita Mirzani. Bahkan dia mengancam akan membawa ratusan orang untuk mendatangi rumah Nikita Mirzani.

 

5. Dipenjara karena dugaan penghinaan Habib Luthfi

Meninggal di Tahanan, Ini 5 Fakta Ustaz Maaher asal MedanMenko Polhukam Mahfud MD dan Habib Luthfi (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Nasib Ustaz Maaher kali ini nahas. Dia harus mendekam di penjara karena dianggap menyebarkan ujaran kebencian pada ulama asal Jawa Timur Habib Luthfi bin Yahya.

Ustaz Maaher sempat meminta maaf kepada Habib Luthfi. Namun laporan yang dilayangkan pelapor tetap diproses.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Ustaz Maaher  Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya