4 Kuliner Paling Diburu di Kota Siantar untuk Berbuka Puasa

Rasanya enak dan harga murah

Pematangsiantar, IDN Times - Euforia berburu makanan berbuka puasa menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu saat bulan puasa. Biasanya sebelum berbuka puasa, umat Muslim sudah terlebih dahulu bersiap untuk menargetkan makanan mana yang cocok untuk disantap sebagai hidangan pembuka.

Di Kota Siantar yang terkenal dengan kuliner nya juga memiliki makanan khas yang murah yang biasa diburu saat berbuka puasa.

Berikut 4 kuliner kota Siantar yang gampang ditemui hampir di setiap sudut kota untuk berbuka puasa.

1. Mie Gomak, Spageti-nya orang Batak

4 Kuliner Paling Diburu di Kota Siantar untuk Berbuka PuasaIDN Times/istimewa

Makanan berbahan dasar mie lidi yang direbus sampai lunak ini biasanya dicampur dengan rempah-rempah khas tanah Batak. Mie 'Gomak' yang diambil dari bahasa batak artinya mie yang digomak alias diraut (digenggam) pakai tangan.

Bentuk mie nya persis seperti Spageti dari Italia. Makanya orang-orang juga biasa menyebutnya spageti-nya orang batak. Bagi kamu yang ingin berbuka puasa, Mie Gomak sangan pas buat kamu.

Mie Gomak ini biasanya disajikan dalam dua versi yaitu, digoreng dan diberi kuah santan yang dicampur sedikit andaliman.

Pabrik mie lidi yang banyak di Siantar membuat harganya murah dan gampang ditemukan. Mie lidi di Siantar ini juga memiliki kualitas yang tak bisa diragukan lagi. Makanya biasanya masyarakat luar memesan mie lidi yang ada di Siantar.

Bicara harga, tidak usah takut kantong kamu akan jebol. Meskipun menjadi makanan yang lezat dan khas, mie gomak dapat kamu beli dengan harga kisaran Rp3 ribu sampai Rp5 ribu saja.

Baca Juga: Polemik Baru PSMS Medan, Kodrat Shah Klaim Dipecat Oleh Edy Rahmayadi

2. Roket atau Roti Ketawa

4 Kuliner Paling Diburu di Kota Siantar untuk Berbuka PuasaIDN Times/istimewa

Roti khas Siantar ini selain memiliki nama yang unik, juga memiliki rasa yang khas. Bentuk nya bulat dan ada belahan di permukaannya persis seperti wajah yang sedang tersenyum.

Roti ini memiliki tekstur sedikit keras dan rapuh. Di permukaannya ditaburi wijen yang menambah sedikit rasa gurih. Di tokonya, roti ini dijual dengan dua versi, kecil dan besar. Biasanya roti ketawa ini digoreng langsung saat ada yang memesan. Jadi, kamu gak perlu khawatir dengan kualitas rotinya.

Harganya juga terbilang murah. Dengan hanya mengeluarkan kocek Rp10 ribu, kamu dapat membawa pulang roti ketawa dan bisa kamu jadikan makanan buka puasa bareng keluarga dan teman-teman.

3. Roti Ganda

4 Kuliner Paling Diburu di Kota Siantar untuk Berbuka PuasaIDN Times/istimewa

Roti Ganda bukan berarti roti yang berlipat ganda. Kata 'Ganda' merupakan merk toko yang berada di Jalan Sutomo, Kecamatan Siantar Barat.

Roti ini sudah menjadi oleh-oleh khas Siantar yang memiliki penikmat dari dalam maupun luar kota Siantar. Bagi kamu yang ingin berbuka puasa, Roti Ganda mungkin bisa masuk ke dalam daftar menu takjil saat berbuka puasa.

Memiliki pilihan roti yang beragam, Roti bantal yang diolesi selai Srikaya dan Meses menjadi pilihan yang pas buat kamu santap bersama teman-teman dan keluarga. Atau bisa juga menjadi makanan saat berbuka puasa bersama pasangan kamu.

Toko Ganda memberikan kamu tiga pilihan. Ukuran kecil harganya sekitar Rp 10 ribu, ukuran sedang Rp22 ribu, dan ukuran besar Rp 42 ribu. Pembeli juga akan diberi tahu masa kadaluarsa roti andalan Kota Siantar ini.

4. Mie Sop

4 Kuliner Paling Diburu di Kota Siantar untuk Berbuka PuasaIDN Times/istimewa

Selain Mie Gomak, ada juga makanan yang gak kalah lezatnya yang juga berbahan dasar mie. Namanya Mie Sop. Makanan yang disajikan dengan kuah ini juga dapat kamu jadikan makanan berbuka puasa.

Di Siantar ada banyak warung Mie Sop yang dapat kamu temui. Namun warung Mie Sop biasanya berdiri di pertengahan perkampungan dan lumayan jauh dari inti kota.

Meskipun begitu, jarak tidak menjadi halangan untuk menyantap makanan yang enak dimakan bersama sate kerang ini. Tiap warung Mie Sop juga memiliki ciri khas bumbu yang digabung bersama kuah panasnya.

Sementara itu, pilihan mienya ada mie hun dan mie kuning, yang bentuk mie kuningnya lebih tipis daripada mie kuning yang dijual di Medan. Berasa kurang pedas? Tambahkan sambal cabai rawitnya, niscaya kamu akan menemukan kekomplitan rasa yang hakiki.

Untuk harga juga gak perlu khawatir. Mie sop ini biasanya dijual per porsi dengan harga Rp10 ribu - Rp15 ribu saja. Untuk traktir teman saat berbuka puasa juga gak bakalan buat kantong kamu kering.

Baca Juga: Ini Bacaan Bilal untuk Salat Tarawih dan Witir 23 Rakaat

Topik:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya