Comscore Tracker

Seleksi Calon Anggota Panwascam Binjai Terapkan Sistem CAT

Proses tahapan pemilu 2024 bergulir

Binjai, IDN Times - Seleksi tertulis bagi calon anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan (panwascam) pada Pemilu Serentak 2024 sedikit agak berbeda dari pemilu sebelumnya. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan menerapkan sistem CAT (Computer Assisted Test).

"Tahun ini rekrutmen calon panwascam sedikit berbeda. Karena setiap peserta harus mengikuti ujian tertulis dengan sistem CAT," kata Ketua Bawaslu Kota Binjai, Arie Nurwanto, didampingi Staf dan Humas Bawaslu Kota Binjai, Sherly Angelina dan Aswina, usai menerima kunjungan silaturahmi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai, di kantor Bawaslu setempat, Selasa (27/09/2022).

1. Perekrutan panwascam guna memaksimalkan kinerja pengawasan

Seleksi Calon Anggota Panwascam Binjai Terapkan Sistem CATBawaslu yang menerima kunujungan dari PWI Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Arie mengatakan, proses rekrutmen calon anggota panwascam se-Kota Binjai pada dasarnya dilakukan untuk memaksimalkan kinerja pengawasan Bawaslu Kota Binjai, Sumatra Utara, menyusul telah dimulainya tahapan Pemilu Serentak 2024 sejak Juni 2022 lalu.

"Agenda kita saat ini memang mulai padat. Mulai dari pengawasan terkait verifikasi data pemilih terbaru untuk DPT, pengawasan terkait verifikasi partai politik peserta Pemilu 2024, hingga ikutserta dalam wacana penetapan alokasi kursi dan penataan dapil (daerah pemilihan) untuk pileg (pemilu legislatif) di Kota Binjai," jelas dia.

2. Peserta ikuti ujian CAT, setelah berkas dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat

Seleksi Calon Anggota Panwascam Binjai Terapkan Sistem CATIlustrasi (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)

 

Terkait pendaftaran calon anggota Panwascam Pemilu Serentak 2024 se-Kota Binjai, menurut Arie, tahapan ini dibuka sejak 21 hingga 27 September 2022. Nantinya oleh pihak panitia, seluruh berkas peserta yang sudah terkumpul, selanjutnya akan dilakukan proses seleksi administrasi.

Menurutnya, peserta yang berkas pendaftarannya telah dinyatakan lengkap, maka mereka akan mengikuti seleksi tertulis dengan sistem CAT, di lokasi yang nantinya akan ditentukan oleh Bawaslu Kota Binjai.

"Seleksi tertulis melalui sistem CAT sebenarnya bukan sesuatu hal yang baru. Sebab di pemilu sebelumnya, metode ini sudah mulai diberlakukan. Hanya saja proses seleksi panwascam di Pemilu 2024 ini memang sedikit lebih ketat. Bahkan soal ujiannya langsung dikirim dari pusat," ujar Arie.

Baca Juga: Bawaslu Binjai Rekrut Panwascam, Berikut Cara dan Syarat Pendaftaran

3. Usai uji CAT, enam peserta teratas disetiap kecamatan ikuti seleksi lanjut

Seleksi Calon Anggota Panwascam Binjai Terapkan Sistem CATSejumlah peserta calon pegawai negeri sipil mengikuti simulasi ujian berbasis computer assisted test (CAT) di Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara di Kota Pekanbaru, Riau, (4/12). ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Nantinya setelah seleksi tertulis selesai dilaksanakan, hanya ada enam peserta teratas dari masing-masing kecamatan yang terpilih untuk mengikuti seleksi lanjutan berupa wawancara. Dari situ akan dipilih tiga peserta terbaik per kecamatan, untuk kemudian ditetapkan sebagai anggota panwascam.

"Hanya saja nama-nama peserta yang telah dinyatakan lulus sebagai anggota panwascam masih harus melewati proses uji publik. Dalam arti, biodata mereka akan kita umumkan ke publik agar masyarakat dapat memberikan tanggapan. Tujuannya untuk mengetahui apakah mereka ini benar-benar layak atau tidak," terang Arie.

4. PWI dan Bawaslu berkolaborasi lakukan pengawasan Pemilu 2024

Seleksi Calon Anggota Panwascam Binjai Terapkan Sistem CATBawaslu dan Kapolres Binjai berkoordinasi jelang Pilkada Binjai (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Sebelumnya, Ketua PWI Kota Binjai, Arma Delisa Budi, melalui Wakil Ketua I, Muhammad Zainal Abidin Tanjung, mengatakan kunjungan pihaknya ke Kantor Bawaslu Kota Binjai tidak lain untuk meningkatkan sinergitas dan kerjasama pengawasan antara PWI dan Bawaslu guna mendukung terlaksananya Pemilu Serentak 2024 yang terbebas dari indikasi kecurangan.

"PWI Kota Binjai sendiri berkomitmen untuk berkolaborasi melakukan pengawasan bersama dengan Bawaslu dan pihak-pihak terkait lainnya, sebagai upaya menciptakan Pemilu 2024 yang bersih, jujur, adil, dan bermartabat, serta terbebas dari berbagai bentuk pelanggaran," seru Zainal.

Turut hadir dalam pertemua tersebut, Wakil Ketua II PWI Kota Binjai, Dedi Anora, Sekretaris dan Wakil Sekretaris I, Wardika Aryandi dan Ria Hamdani Gurusinga, serta Anggota PWI Kota Binjai, Ismail Lubis.

Baca Juga: 304 Orang di Aceh Mengadu Nama dan NIK Dicatut Jadi Anggota Parpol

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya