Polres Langkat Antisipasi Kemacetan Lebaran di Jalinsum Medan-Aceh

Tanjungpura diprediksi jadi titik rawan macet

Langkat, IDN Times - Pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024 ini. Pihak Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Langkat akan menurunkan personelnya untuk mengantisipasi kemacetan di Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

"Prioritas kita Tanjungpura, karena ada akses keluar dan masuk tol," kata Kepala Satuan (Kasat) Lantas AKP Maruli Simanjorang, Selasa (2/4/2024).

1. Antisipasi kemacetan, ruas jalan Medan-Aceh mulai dilakukan pelebaran

Polres Langkat Antisipasi Kemacetan Lebaran di Jalinsum Medan-Acehilustrasi jalanan yang macet (unsplash.com/shun idota)

Guna mengantisipasi kemacetan yang cukup panjang pada libur lebaran atau arus mudik nantinya. Tampak ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Aceh tepatnya di Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, tengah dilakukan pelebaran akses jalan.

Selama ini di saat hari-hari besar, jalan yang menyempit ini memang kerap menimbulkan kemacetan dikarena besarnya intensitas kendaraan yang melintas. "Insyaallah, Minggu tanggal 7 April 2024 nanti pelebaran jalan selesai," terang dia.

Baca Juga: Kenali Fungsi dan Aturan Penggunaan Bahu Jalan Tol

2. Polres Langkat dirikan 9 pos pengamanan dan pelayanan Lebaran Idul Fitri 1445 H

Polres Langkat Antisipasi Kemacetan Lebaran di Jalinsum Medan-Aceh(unsplash.com/Abdul Ridwan)

Dalam mengantisipasi kemacetan dan menyambut lebaran tahun ini. Polres Langkat sendiri akan mendirikan sebanyak 9 pos pengamanan dan pelayanan mejelang Lebaran Idul Fitri 1445 H.

"Ada sembilan pos, dua pengamanan dan tujuh pos pelayanan. Kita berharap pos ini nantinya dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi para pemudik yang hendak merayakan lebaran (pulang kampung)," tegas Maruli.

3. Hindari kemacetan di jalinsum Medan-Aceh, pemudik bisa gunakan jalur tol gratis

Polres Langkat Antisipasi Kemacetan Lebaran di Jalinsum Medan-AcehIlustrasi macet (Unsplash)

Untuk diketahui, guna mengantisipasi kemacetan juga. Sepekan menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H, pemudik yang hendak melakukan perjalanan Medan-Aceh bisa menggunakan ruas Tol Binjai-Langsa secara gratis. Namun, pemudik yang menggunakan ruas tol hanya sampai Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura.

Selain mempercepat jarak tempuh, diharapkan pengendara bisa terhindar dari kemacetan akibat meningkatnya volume kendaraan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Aceh. Dan wacana ini sempat diutarakan Branch Manager Tol Binjai-Langsa, Ari Wibowo.

Baca Juga: Tol Kualatanjung-Tebingtinggi-Parapat Tak Gratis Lagi, Segini Tarifnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya