Comscore Tracker

Direnovasi, Ini Wajah Baru 3 Taman untuk Bersantai di Kota Binjai

Berada di tengah kota hingga pinggiran sungai

Binjai, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, mulai melakukan renovasi pada sejumlah taman di pusat kota. Dari pantauan IDN Times, sedikitnya ada 3 taman yang direnovasi dengan konsep ruang terbuka.

Tiga taman yang dipugar berada di segitiga persimpangan arah Jalan Gatot Subroto, Samanhudi dan Jalan Hasannudin, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Diketahui nilai kontrak pengerjaan sebesar Rp197.225.000 juta. Proyek Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran (TA) 2022, yang dilaksanakan CV Samudera Karya selaku pemenang tender.

1. Taman PUPR tempat alternatif tongkrongan senja buat keluarga

Direnovasi, Ini Wajah Baru 3 Taman untuk Bersantai di Kota BinjaiTaman PUPR yang berada tepat di pinggir sungai alternatif bagi keluarga untuk menikmati senja sembari berolahraga (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Taman PUPR di Jalan Sultan Hasannudin, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara, yang letaknya berdekatan dengan aliran sungai Mencirim yang bermuara. Lokasi ini biasa ramai dikunjungi ketika senja (sore) hari. Taman juga dilengkapi dengan sejumlah prasarana yang bisa dipakai warga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, Amas Masyur Siregar, mengatakan konsep penataan taman menjadi ruang terbuka agar merubah suasana jadi lebih nyaman dan ramah lingkungan.

"Taman PUPR yang berkonsep RTH  panjangnya 900 meter, serta dilengkapi dengan alat fitnes outdoor, permaianan anak-anak dan ayunan. Taman ini dikerjakan sejak tahun 2019 dan selesai di tahun 2021 lalu. Dana pengerjaan bersumber dari APBN yang biayanya mencapai sekitar Rp.11 miliar," sebut Amas.

Baca Juga: Cara Peternakan Tabebuya Binjai Menjaga Kualitas Hewan Kurban 

2. Lokasi strategis, Taman Balita jadi pilihan saat weekend bagi keluarga

Direnovasi, Ini Wajah Baru 3 Taman untuk Bersantai di Kota BinjaiTaman balita binjai dapat dimanfaatkan bagi keluarga untuk mengisi waktu libur (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Berada di pusat kota dan berjarak sekitar 50 meter dari gedung DPRD Binjai. Adalah Taman Balita, yang cukup diminati masyarakat sebagai salah satu tempat bersantai. Bahkan jadi lokasi bermain anak-anak. Saat wekeend, taman yang juga berkonsep RTH itu cukup ramai didatangi pengunjung hingga dari luar daerah.

"Saat ini pengerjaannya sedang on progress, estimasi anggaran yang dikucurkan berkisar Rp.200 juta," kata Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Fadli.

3. Berkonsep tata ruang terbuka, Taman Remaja Binjai timbulkan daya tarik tingkatkan PAD

Direnovasi, Ini Wajah Baru 3 Taman untuk Bersantai di Kota BinjaiTaman remaja di Kota Binjai yang diperbaharui lebih terbuka dan indah (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Wajah baru Taman Remaja pasca-dibenahi tampak lebih indah. Konsep tata ruang terbuka dinilai lebih estetis dan luas. Di dalam taman juga tersedia sejumlah bangku, lampu taman hingga air mancur yang bisa mempercantik tampilan taman.

"Rehabilitasi Taman Remaja menelan anggaran sekitar Rp.177.480.500. Dengan harapan, rehab sejumlah taman kiranya dapat merubah pusat kota jadi terlihat lebih punya nilai estetika," pungkas Fadli.

Wali Kota Binjai Amir Hamzah, sendiri sempat beberapa kali meninjau pengerjaan rehab sejumlah taman di pusat kota. Penataan kawasan terbuka, disebut Amir bertujuan untuk menarik minat pengunjung dari luar daerah agar roda ekonomi bergerak. Hal itu diharapkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca Juga: Replika Yard, Kafe Bernuansa Jepang dengan Kuliner Nusantara di Binjai

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya