Comscore Tracker

8 Pos Mudik Lebaran Disiagakan di Binjai, Ini Lokasinya

Sebanyak 841 personel gabungan disiagakan

Binjai, IDN Times- Tradisi mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah disambut antusias oleh sebagian besar kalangan masyarakat. Khususnya di Kota Binjai, Sumatera Utara.

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai membentuk tim gabungan guna mencegah terjadinya kemacetan arus lalu lintas. Pembentukan tim itu sebelumnya diwacanakan lewat rapat daring daerah lintas Sektoral Kota Binjai yang dipimpin langsung oleh Kapolres Binjai, AKBP Ferio Sano Ginting. Selain 8 pos disiagakan untuk pengamanan dan pelayanan mudik.

1. Ratusan personel gabungan terlibat langsung dalam pengamanan

8 Pos Mudik Lebaran Disiagakan di Binjai, Ini LokasinyaPos PAM dan Pos jaga yang disiagakan oleh Polres Binjai (IDN Times/ istimewa)

Ada 841 personel gabungan dari Pemko Binjai dilibatkan dalam pengamanan arus mudik jelang Idul Fitri 1443 Hijriah. Di antaranya ada TNI - Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pramuka dan instansi lainya. Khususnya satuan lalu lintas, ada 274 personel akan menempati sejumlah Pos PAM yang telah disediakan.

Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, mengatakan terdapat 6 Pos Pengamanan, 1 Pos Pelayanan dan 1 Pos Terpadu yang didirikan di wilayah hukum Polres setempat untuk mengamankan arus mudik lebaran.

Dijelaskannya, selain pengamanan di lintas jalan, personel gabungan juga mengamankan sejumlah lokasi lain di beberapa titik. "Agar semua terpantau, kita juga melakukan pengamanan di pusat perbelanjaan, masjid, pemukiman, daerah rawan bencana dan tindakan preventif lainnya ,baik kegiatan mobile maupun stasioner," terang Ferio, Kamis (28/4/2022).

2. Berikut lokasi dan pos PAM di wilayah hukum Polres Binjai

8 Pos Mudik Lebaran Disiagakan di Binjai, Ini LokasinyaPersonil yang disiagakan didepan pos PAM lebaran (IDN Times/ istimewa)

Polres Binjai menyiagakan sejumlah Pos Pengananan Arus Mudik (PAM) yang diisi puluhan personil, termasuk dari Satuan Lalu Lintas.

Di antaranya yakni Pos (Pengamanan Arus Mudik) PAM-1 yaitu Lapangan Merdeka, Pos -2 Simpang Megawati, Pos 3 Jalan Baru, Pos 4 Pasar 5,5 Tandem dan Pos PAM-5 Pamah Simelir dan Pos PAM-6 di Namu Sira-sira.

Sementara untuk Pos Pelayanan (Posyan) ada di depan Binjai Super Mal (BSM) dan Pos Terpadu ditempatkan di Bundaran Tugu Binjai.

Baca Juga: Penjualan Naik 20 Persen, Ini Harga Tiket Mudik Bus dari Binjai 

3. Kapoles Binjai ingatkan masyarakat pastikan kamanan kondisi rumah

8 Pos Mudik Lebaran Disiagakan di Binjai, Ini LokasinyaKapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, saat memberkan keterangan (IDN Times/ istimewa)

Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting menyampaikan bahwa bagi warga Binjai yang akan melaksanakan mudik agar memeriksa kondisi dan situasi rumah sebelum bepergian.

Imbauan itu disebutnya mengingat perayaan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, yang tinggal menunggu hitungan hari menjelang Lebaran. Eks Kapolres Dairi itu mengingatkan masyarakat agar memastikan dulu keadaan rumah sebelum 'pulang ke kampung halaman.

"Pastikan ketika rumah ditinggal dalam keadaan aman, dalam arti tidak ada kompor atau listrik yang menyala berlebihan, jika menyimpan barang - barang berharga pastikan aman, dan juga pastikan rumah dalam keadaan terkunci," kata dia.

Kapolres Binjai juga meminta warga lingkungan setempat untuk bekerjasama menjaga lingkungannya masing masing. Contohnya, seperti kegiatan ronda dan penerapan akses masuk One Gate System (satu jalan) agar terpantau keluar masuknya orang di kampung tersebut .

"Kalau ada informasi terkait kriminalitas, kemacetan maupun laka lantas di wilayah hukum Binjai, segera laporkan melalui Operator Posko ketupat di nomor WA 081361359995 dan call center bebas pulsa 110," tegas dia.

Baca Juga: Hore! Pemko Medan Fasilitasi Mudik Gratis, Syaratnya Cuma KTP

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya