Comscore Tracker

Yuk Ikut Serta Mewujudkan SDGs Bersama AIESEC in USU

Ini yang dilakukan AIESEC in USU

Medan, IDN Times - Apakah kamu pernah mendengar tentang Sustainable Development Goals? Sustainable Development Goals, atau yang biasa disebut dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, merupakan suatu rencana aksi global guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan yang telah menjadi agenda internasional yang disusun oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Untuk mewujudkan SDGs, dibutuhkan bantuan banyak pihak, termasuk organisasi.

AIESEC, sebagai salah satu organisasi kepemudaan dunia yang bergerak di bidang kepemimpinan, juga ikut berpartisipasi dalam perwujudan Sustainable Development Goals, termasuk AIESEC in USU.

Berikut kegiatan yang dilakukan AIESEC in USU untuk mendukung Sustainable Development Goals:

1. Impact Circle: Mapping Your Career, Creating Your Future

Yuk Ikut Serta Mewujudkan SDGs Bersama AIESEC in USUAIESEC in USU (Dok. IDN Times)

Impact Circle adalah platform dari AIESEC di Indonesia untuk mengedukasi dan menciptakan pengalaman bagi kaum muda dengan topik dan kemitraan yang sejalan dengan SDGs dan implementasinya di Indonesia. 

AIESEC in USU sendiri melaksanakan kegiatan ini pada tanggal 14 Agustus 2020 lalu. Tema yang diangkat adalah Life After College dan berfokus pada SDG 8, Decent Work and Economic Growth dengan topik utamanya Mapping Your Career, Creating Your Future. 

Tema tersebut diangkat karena melihat isu sosial yang sedang terjadi di Kota Medan. Harapan dari diadakannya Impact Circle ialah agar dapat memotivasi pemuda Medan untuk meningkatkan kualitas pribadi mereka dan menjadi lebih inovatif yang membawa dampak positif bagi sekitarnya. Ada lebih dari 1000 orang yang mendaftar, dan lebih dari 640 orang yang berpartisipasi dalam acara ini, termasuk komunitas-komunitas yang ada di Medan.

2. Hydraction Project

Yuk Ikut Serta Mewujudkan SDGs Bersama AIESEC in USUKegiatan virtual AIESEC in USU (Dok. IDN Times)

Hydraction Project adalah kampanye virtual mengenai pentingnya memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari di masa Belajar Dari Rumah (BDR), yang juga didukung oleh Danone-AQUA.

Kampanye ini didasari atas fakta bahwa 1 dari 5 anak dan remaja di Indonesia masih kurang minum dan kurang tercukupi kebutuhan hidrasinya. Kampanye ini fokus melakukan safari sekolah ke 5 kota, yaitu Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, dan Medan.

Di Medan sendiri, ada 6 sekolah dengan total 402 peserta yang menjadi target edukasi tentang pentingnya pemenuhan hidrasi yang lebih sehat.

Baca Juga: Mau Gabung Ke AIESEC in USU, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui

3. Start With Yourself

Yuk Ikut Serta Mewujudkan SDGs Bersama AIESEC in USUAIESEC in USU (Dok. IDN Times)

Start With Yourself merupakan proyek sosial yang diinisiasi oleh AIESEC in USU yang bergerak di bidang sosialisasi dan edukasi anti-bullying. Projek ini bertujuan untuk mendukung dan mencapai SDGs 4 yaitu Pendidikan Berkualitas” dan SDG 16 yaitu Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh yang bertujuan untuk mengurangi segala bentuk kekerasan dan tingkat kematian terkait dimanapun itu secara signifikan. 

Proyek sosial ini dijalankan selama 2 minggu dengan menargetkan 20 panti asuhan, 3 rumah belajar, dan 3 sekolah di Medan dan Samosir untuk diberikan edukasi dalam rangka menciptakan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dan menyebarkan dampak positif pada masyarakat sekitar. 

4. Food Heroes Calling with Food Truck Sedekah

Yuk Ikut Serta Mewujudkan SDGs Bersama AIESEC in USUAIESEC in USU saat memberikan donasi makanan kepada masyarakat Belawan, Medan (Dok. IDN Times)

Pandemi COVID-19 yang sedang terjadi di berbagai belahan dunia tentu saja memberikan perubahan bagi hidup kita. Banyak perubahan yang terjadi secara tidak sadar mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kita. Adanya perubahan gaya hidup membuat kita harus terus beradaptasi dengan keadaan, namun tetap memperdulikan pola makan untuk mendukung kesehatan. 

Food Heroes Calling sendiri merupakan program  yang diselenggarakan oleh Food Truck Sedekah untuk membagikan makanan dan minuman bernutrisi dari Nestle bagi masyarakat Belawan.  AIESEC in USU berperan sebagai relawan pada program ini demi mendukung SDGs 2 yaitu Tanpa Kelaparan, mengingat dalam musim pandemi ini, makanan bernutrisi adalah hal yang penting bagi kesehatan itu sendiri. 

Kedepannya, masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh AIESEC in USU dalam rangka mendukung program SDGs ini. Namun, perwujudan SDGs ini merupakan tanggung jawab bagi seluruh penduduk bumi, agar kehidupan di masa mendatang menjadi lebih baik dan menyenangkan lagi.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya