Tambang Emas Martabe Salurkan Beasiswa pada 200 Siswa Berprestasi

Total beasiswa yang disalurkan sebesar Rp876,9 juta

Tapanuli Selatan, IDN Times - PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe kembali menyalurkan Beasiswa Martabe Prestasi 2020 kembali disalurkan oleh kepada 200 orang pelajar berprestasi untuk Tahun ajaran 2020/2021.

Walaupun di tengah Pandemi, program ini tetap diselenggarakan rutin setiap tahun sejak 2017 di mana tahun ini total nilai beasiswa sebesar Rp876,9 juta.

1. Kali keempat PTAR menyelenggarakan program beasiswa Martabe Prestasi

Tambang Emas Martabe Salurkan Beasiswa pada 200 Siswa BerprestasiTambang Emas Martabe Salurkan Beasiswa Martabe Prestasi 2020 (Dok. IDN Times)

Direktur Operasional PTAR Darryn McClelland mengemukakan, pendidikan merupakan salah satu dari lima sektor utama sasaran program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat Tambang Emas Martabe.

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan akses pendidikan bagi siswa-siswi berprestasi dan berkomitmen tinggi yang berasal dari keluarga pra-sejahtera di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru.

"Pada tahun ajaran baru ini, total penerima manfaat mencapai 200 siswa, di mana 151 orang di antaranya merupakan penerima manfaat baru dan 49 orang lainnya adalah penerima manfaat lanjutan. PTAR berkomitmen untuk selalu memberikan nilai dan bertumbuh bersama seluruh pemangku kepentingan terutama masyarakat yang ada di sekitar tambang. Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan adalah hal yang sangat penting. Kami ingin membantu siswa-siswi di Batangtoru dan Muara Batangtoru untuk mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi," ujar Darryn McClelland.

Lebih lanjut, Darryn McClelland mengatakan pada tahun ajaran 2020/2021 merupakan kali keempat PTAR menyelenggarakan program beasiswa Martabe Prestasi.

Adapun, perusahaan berharap dapat secara konsisten melaksanakan program beasiswa Martabe Prestasi ini setiap tahunnya, diharapkan para penerima beasiswa dapat memotivasi siswa-siswi agar dapat menjadi inspirasi bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya dan menjadi orang sukses yang dapat berkontribusi untuk kemajuan Batangtoru, Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan dan juga Sumatera Utara.

Baca Juga: Astaga! YouTuber Prank Bagikan Daging Kurban Isi Sampah

2. Total nilai beasiswa yang sudah disalurkan lebih dari Rp2 miliar

Tambang Emas Martabe Salurkan Beasiswa pada 200 Siswa BerprestasiTambang Emas Martabe Salurkan Beasiswa Martabe Prestasi 2020 (Dok. IDN Times)

Senior Manager Community PTAR Pramana Triwahjudi menjelaskan pemberian Beasiswa Martabe Prestasi dibagi menjadi beberapa kategori. Kategori pertama adalah Penghargaan Akademis. Beasiswa ini ditujukan bagi siswa SD/Sederajat & SMP/ Sederajat. Manfaat dari Beasiswa kategori ini berupa bantuan perlengkapan sekolah dan atau tunggakan pembayaran ke sekolah dengan nilai maksimal Rp.500.000 bagi siswa SD/Sederajat dan Rp.750.000 bagi siswa SMP/Sederajat. Bantuan ini diserahkan hanya satu kali pada tahun program berjalan.

Kategori kedua yakni Beasiswa Berkelanjutan ditujukan bagi siswa SMA/Sederajat, mahasiswa D3 dan S1. Beasiswa yang diberikan berupa biaya pendidikan sekolah/kuliah dan tunjangan biaya hidup sebesar total nilai: Rp. 3.000.000/tahun bagi siswa SMA/Sederajat sampai kelas XII (dua belas); Rp. 6.000.000/tahun bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri & swasta di wilayah Tabagsel, sampai semester ke-6 (enam); Rp. 6.000.000/tahun bagi mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi negeri & swasta di wilayah Tabagsel, sampai semester ke-8 (delapan); serta Rp. 12.000.000/tahun bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri di luar wilayah Tabagsel, sampai semester ke-6 (enam); Rp. 12.000.000/tahun bagi mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi negeri di luar wilayah Tabagsel, sampai semester ke-8 (delapan).

Pramana merinci sejak 2017 hingga tahun ini, jumlah penerima Beasiswa Martabe Prestasi sudah mencapai 721 orang dengan total nilai beasiswa lebih dari Rp2 miliar. Adapun  pada tahun ini, kategori penerima Penghargaan Prestasi Akademis Beasiswa Martabe Prestasi 2020 terdiri dari 84 orang pelajar SD/sederajat dan 37 orang pelajar SMP/sederajat.

3. PTAR juga memiliki berbagai program lainnya di bidang pendidikan

Tambang Emas Martabe Salurkan Beasiswa pada 200 Siswa BerprestasiIDN Times/Arifin Al Alamudi

Sementara itu, untuk kategori penerima penghargaan Prestasi Berkelanjutan Beasiswa Martabe Prestasi terdiri dari pelajar SMA/sederajat tujuh orang, SMA Negeri 2 Plus Sipirok sembilan orang, mahasiswa di universitas di wilayah Tabagsel lima orang, dan mahasiswa di universitas di wilayah non Tabagsel sembilan orang.

Hal yang membanggakan dari program beasiswa tahun ini adalah peningkatan jumlah secara signifikan untuk siswa-siswi yang diterima di SMA Plus Sipirok, yakni 9 orang dari tahun lalu hanya 2 orang. Sementara untuk mahasiswa/i Perguruan Tinggi Negeri tingkat nasional juga mengalami peningkatan.

"Seluruhnya adalah para pelajar yang telah lolos beberapa tahapan seleksi ketat yang kami lakukan. Kami berharap penerima beasiswa dapat memanfaatkannya dengan maksimal dan menjadikannya pendorong untuk pencapaian pendidikan yang lebih baik," tambah Pramana.

Selain program Beasiswa Martabe Prestasi, PTAR sepanjang tahun lalu juga memiliki berbagai program lainnya di bidang pendidikan, di antaranya pengoperasian Taman Baca Anak (TBA), memfasilitasi kreativitas dan pembangunan karakter anak di Sopo Daganak, merenovasi fasilitas sekolah, pemberian bantuan komputer, serta mendukung pelestarian kebudayaan dan musik tradisional lokal.

Baca Juga: Jangan Lupa Sejarah, Yuk Kenali Sosok 4 Pahlawan Reformasi Mei 1998

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya