Ribuan Warga Padati Malam Puncak HUT Ke-152 Kota Siantar

Pamerkan seni tradisional dan modern berbalut toleransi

Pematang Siantar, IDN Times - Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani, Sp.A membaur bersama Ribuan Warga Siantar menyaksikan Pagelaran Budaya Termegah dan Terbesar Sepanjang Sejarah Kota Pematang Siantar di Lapangan Haji Adam Malik, Sabtu (27/5/2023).

Diisi dengan Penampilan Tarian dan Lagu Khas Budaya berbagai Etnis dipadu dengan dekorasi Panggung megah dengan Lampu Sorot berkilau menambah semarak pagelaran Budaya dalam rangka memeriahkan HUT Kota Siantar tahun 2023.

Acara yang dimulai pada malam hari, didukung dengan cuaca yang sangat cerah menambah antusias Warga Siantar memadati Lapangan Haji Adam Malik di Alun alun Kota Pematang Siantar.

1. Wali kota bawa cucu ke podium

Ribuan Warga Padati Malam Puncak HUT Ke-152 Kota SiantarAcara Siantar Culture Show, Puncak perayaan HUT Ke-152 Kota Pematang Siantar, Sabtu (27/5/2023). (Dok. IDN Times)

Nuansa perayaan Siantar Culture Show Puncak HUT Ke-152 Kota Pematang Siantar ini menjadi milik masyarakat ketika para pengunjung ikut menari dan bernyanyi bersama. Saat Perform, para artis lokal dengan tampilan musik yang dipadu modernisasi, tarian multi etnis tampak menambah suasana menjadi riuh.

Ragam adat dan budaya dapat dilihat pada pagelaran Siantar Culture Show, yang menampilkan tari-tarian berbalut pakaian adat Simalungun, Reog Ponorogo, Barongsai, Jaipong, Tari Modern Nusantara, Tarian Modern India ala Bollywood, dan tampilan Artis Siantar Rap Foundation serta artis Lokal yang merupakan ciri Kota Pematang Siantar yang toleransi akan keanekaragaman budaya yang dikombinasi Eksplorasi Musik dan Budaya Tradisional dengan Konsep Modern.

Wali Kota tiba didampingi Ketua Dekranasda Kota Siantar H K: Erizal Ginting bersama Cucu Perempuan tampak memasuki Podium tamu-tamu Kehormatan, yang juga telah dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai Kabupaten Kota dan Unsur Forkopimda Kota Pematang Siantar.

Saat didaulat menyampaikan Sambutan, Wali Kota dr Susanti menyapa warga yang telah memadati lapangan Kebanggaan Kota Pematang Siantar.

Dalam sambutannya Wali Kota mengatakan saat ini semua dapat berkumpul ditanah lapang adalah untuk menyaksikan pagelaran elemen budaya budaya lokal yang dikemas secara apik dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Pematang Siantar diharapkan kegiatan ini dapat berguna bagi masyarakat Kota Siantar.

"Budaya adalah pola hidup yang terus berkembang. Bangsa yang maju adalah bangsa yang menghargai budaya nya menjadi ciri Khas Warga tersebut. Diharapkan kita semua Untuk menjaga kebudayaan tersebut," katanya disambut tepuk tangan warga.

 

2. Pemuda memiliki kontribusi besar untuk mewujudkan Siantar Sehat Sejahtera dan Berkualitas

Ribuan Warga Padati Malam Puncak HUT Ke-152 Kota SiantarAcara Siantar Culture Show, Puncak perayaan HUT Ke-152 Kota Pematang Siantar, Sabtu (27/5/2023). (Dok. IDN Times)

Menurut Susanti, pemuda memiliki kontribusi besar untuk mewujudkan Siantar Sehat Sejahtera dan Berkualitas yang menjadi kekuatan untuk mengembangkan kebudayaan lokal dimana itu semua menjadi tanggung jawab kita bersama.

“Ini membuktikan bahwa Pemuda Kota Pematang Siantar mampu berangkat ke Level Selanjutnya,” tukasnya.

Pagelaran Culture Show diharapkan Memberi ruang seluas-luasnya kepada elaborasi yang mengeksplorasi kegiatan budaya.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan ini. Kami berharap semua berkolaborasi dalam mewujudkan Siantar bangkit dan Maju, menuju Kota Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," katanya.

3. Acara ini bentuk kolaborasi dibalut dengan kemasan toleransi

Ribuan Warga Padati Malam Puncak HUT Ke-152 Kota SiantarAcara Siantar Culture Show, Puncak perayaan HUT Ke-152 Kota Pematang Siantar, Sabtu (27/5/2023). (Dok. IDN Times)

Susanti menambahkan acara ini bentuk kolaborasi dibalut dengan kemasan toleransi agar semua warga dapat saling berkolaborasi.

“Wahai masyarakat Kota Siantar tempatkanlah mimpimu setinggi tinggi nya. Berhentilah untuk mengeluh, Jangan stagnan karena hidup adalah proses makna dan realitas wahai pemuda berpikirlah positif jangan biarkan kata menyerah ada pada kamusmu,” tambahnya dengan intonasi deklamasi.

Kemudian, Wali Kota dr Susanti dan Forkopimda Pematang Siantar memberikan Piagam Penghargaan kepada para peserta yang berpartisipasi dalam pagelaran Siantar Culture Show.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya