Program Andalan Erick Thohir Dongkrak Hasil Panen Jagung Petani Karo

Kedepan pihak asuransi akan bergabung dalam program ini

Karo, IDN Times - Kementerian BUMN menggelar seremoni Panen Perdana Tanaman Jagung Program Makmur di Desa Limang, Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo, Rabu (11/1/2023). Dari program Makmur ini hasil produksi petani menunjukkan peningkatan.

Sebelum mengikuti program Makmur, hasil panen petani rata-rata hanya 6-8 ton jagung per hektare. Sedangkan pada panen perdana jagung program Makmur ini hasil panen mencapai 10 ton per hektare.

Adri Muchtar perwakilan dari ID Food menjelaskan bahwa ID Food adalah BUMN Klaster Pangan, dulunya bernama RNI dan sekarang menjadi BUMN Pangan yang membawahi 16 anak perusahaan.

ID Food bertanggungjawab dalam hal harian pangan, sedangkan untuk stok pengan ditangani Bulog. Dari lahirnya ID Food ini muncul lah program Makmur.

Makmur adalah singkatan dari Mari Kita Majukan Usaha Rakyat yang diinisiasi Menteri BUMN Erick Thohir bertujuan bagaimana Kementerian BUMN melalui sinergisitas memberikan manfaat dan dampak langsung dalam mendukung kemandirian petani. Program ini fokus untuk petani padi, jagung, tebu, kopi, dan lainnya.

1. 5 Filosofi Program Makmur

Program Andalan Erick Thohir Dongkrak Hasil Panen Jagung Petani KaroKementerian BUMN menggelar seremoni Panen Perdana Tanaman Jagung Program Makmur di Desa Limang, Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo, Rabu (11/1/2023). (Dok. IDN Times)

Program Makmur ini menurutnya memiliki 5 filosofi. Pertama Pendampingan intensif pada petani, Kedua Berbudidaya pertanian berkelanjutan, ketiga melibatkan rantai pasok, yaitu ada 8 elemen.

"Semua elemen berkontribusi. Ini semacam pekerjaan rumah yang diberikan Menteri BUMN untuk bekerja kelompok. ID Food jadi leader project ini. Harapan kita di sini bisa dimasukkan teknologi membantu panen," kata Andri.

Keempat, menggunakan atau didukung teknologi di semua tahapan dan kelima, target utamanya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.

"Harapan kami dari 5 filosofi ini semua bisa dilakukan. Kami ingin makmur ini bisa berjalan yaitu memakmurkan masyarakat menjadi aksi nyata bukan hanya konsep," tegasnya.

Adapun 8 elemen yang terlibat dalam program Makmur ini adalah Petani, offtaker yang dipimpin oleh ID Food, Pemda Setempat hingga penyuluh, Perbankan yang dipimpin oleh BRI, Pupuk dan Anti Hama dari Sam Hyang Seri, Teknologi Pertanian, serta Perizinan dan Dokumentasi.

Menurut Adri, semua elemen tersebut harus bekerja sama apa kira-kira yang bisa didukung untuk meningkatkan produktivitas petani jagung. "Kami di sini hadir sebagai mitra. Apa yang dibutuhkan akan kami hadirkan. Apa rencana aksinya seperti apa petani jagung di sini," jelasnya.

Ia menambahkan semua program Makmur ini dilaporkan lengkap secara digital dan dilaporkan langsung ke presiden lewat aplikasi Aifarm dan Dasboard. Sehingga data Makmur lengkap, izinnya harus ada dan akan diinput di aplikasi.

"Ini bentuk digitalisasi juga. Jadi para pejabat tinggal buka di aplikasi dan cek dimana saja program Makmur terlaksana, berapa petaninya dan produksinya berapa. Program ini didukung oleh Teknologi Informasi untuk dokumentasi dan laporan," katanya.

Baca Juga: Warga Medan Johor Minta MUI Nasihati Wali Kota Bobby Ihwal Planter Box

2. Petani akui hasil panen jagung lebih banyak

Program Andalan Erick Thohir Dongkrak Hasil Panen Jagung Petani KaroKementerian BUMN menggelar seremoni Panen Perdana Tanaman Jagung Program Makmur di Desa Limang, Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo, Rabu (11/1/2023). (Dok. IDN Times)

Andri bercerita awalnya diusulkan untuk program Makmur di Desa Limang seluas 24 hektare. Namun akhirnya yang bisa diproses hanya 10 hektare. BRI berperan memberikan KUR untuk modal bertani pada 5 petani yang memiliki lahan 10 hektare.

"Sedangkan Offtaker yang dalam hal ini ID Food juga berperan penting yang membantu pemasaran. Jadi dari hulu kehilir petani di kawal terus. Dalam pertanian juga punya risiko. Jadi dalam program Makmur ini juga akan melibatkan asuransi Jasindo. Itulah BUMN-BUMN yang terlibat dalam program Makmur ini. Mari kita majukan usaha rakyat," terangnya.

Robinson Sembiring, Kepala UPTD menjelaskan selama ini produksi jagung di desa Limang maksimal 8 ton per hektare.

"Kemarin kami bersama tim Sang Hyang Seri menghitung ubinan 2,5x2,5 meter di 3 titik. Hasilnya 10 ton per hektare, 9 ton per hektare, dan 9,6 ton per hektare. Jika dirata-ratakan produksi mencapai 9,6 ton per hektare. Artinya lebih banyak 1,6 ton dibanding sebelum bergabung di program Makmur ini," katanya.

Pemilik Lahan, Baskami Brahmana bercerita ia baru dua kali panen jagung. Panen Pertama, dengan bibit 15 kilogram per hekatare panennya maksimal 8,2 ton per hektare. Pada panen kedua dengan bibit 15 kilogram per hektare bisa menghasilkan panen 10 ton per hektare.

Dulu lahan ga saya olah. Saya bergabung di Makmur ini saya jadi belajar, nambah ilmu juga. Saya yakin hasilnya harus lebih besar dan dengan pengolahan lahan yang baik. Yang helas program makmur ini sangat membantu kami para petani ini. Dalam hal penyuluhan dan lain sebagainya. Kendala permodalan juga dibantu, beli pupuk mudah, tanam jagung kalau tidak ada modal susah pastinya," ungkapnya.

"Kami juga berharap nanti ada alat bantu untuk memanen yang harganya murah. Biaya panen satu hektare Rp2 juta. Sedangkam kalau panen manual biaya panen Rp4,5 juta," tambahnya.

 

3. Berharap kolaborasi BUMN dalam program Makmur ini terus berlanjut

Program Andalan Erick Thohir Dongkrak Hasil Panen Jagung Petani KaroKementerian BUMN menggelar seremoni Panen Perdana Tanaman Jagung Program Makmur di Desa Limang, Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo, Rabu (11/1/2023). (Dok. IDN Times)

Kepala Dinas Pertanian Karo Metehsa Purba sangat berterima kasih adanya program makmur di Desa Limang. Menurutnya produksi jagung Karo terbesar di Sumut dengan kontribusi 43 persen. Sehingga sangat cocok untuk menerapkan program Makmur ini di Karo.

Perwakilan Pupuk Indonesia, Burmansyah mengaku senang BUMN Pupuk bisa berkolaborasi dalam program Makmur.

Program ini masih percontohan awal yang melibatkan lahan 10 hektare milik 5 petani. Kelima petani mendapatkan modalnya KUR dari BRI dengan biaya Rp15 juta per hektare dan dibayar saat panen pokok dan bunganya.

"Harapannya program ini bisa berkembang lagi," katanya.

Dalam program makmur ini ia berharap ada kenaikan produktivitas sehingga penghasilan dan kesejahteraan meningkat. Ia berharap kolaborasi BUMN dalam program Makmur ini terus berlanjut dan memberikan manfaat lebih luas lagi.

4. Kedepan pihak asuransi akan bergabung

Program Andalan Erick Thohir Dongkrak Hasil Panen Jagung Petani KaroKementerian BUMN menggelar seremoni Panen Perdana Tanaman Jagung Program Makmur di Desa Limang, Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo, Rabu (11/1/2023). (Dok. IDN Times)

Umi Khusniyati Perwakilan dari Sang Hyang Seri (SHS) mengaku sangat antusias untuk mendukung program Makmur di Kecamatan Limang. Menurutnya SHS sebagai Perusahaan BUMN yang membidangi pertanian bisa langsung terjun ke petani untuk memberikan masukan pada petani.

Ia berharap antusias masyarakat untuk program Makmur lebih meluas lagi. Karena menurutnya jagung itu merupakan produk pertanian yang sangat favorit.

"Mudah-mudahanan di Karo lebih banyak lagi yang mau ikut program ini. Kita bersinergi dengan semua elemen BUMN. Kita akan kolaborasi untuk memajukan pertanian di Karo. Ini saya lihat sudah seperti bukit jagung di sini. Selain itu Asuransi juga akan kita ajak karena itu penting, jadi ada backup jika terserang hama. Jadi nanti kedepan lebih lengkap lagi," terangnya.

Toni Hendrawan dari Jasindo menjelaskan, asuransi BUMN ini bertugas untuk melindungi gagal panen dari kebanjiran, kekeringan dan hama tanaman yang mengakibatkan kerugian.

5. BRI senang bisa support program Makmur

Program Andalan Erick Thohir Dongkrak Hasil Panen Jagung Petani KaroKementerian BUMN menggelar seremoni Panen Perdana Tanaman Jagung Program Makmur di Desa Limang, Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Karo, Rabu (11/1/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Kacab BRI Kabanjahe Edi Yudiarto menjelaskan September lalu program ini pertama kali dibahas. Ia terkejut salam jangka waktu 4 bulan program ini sudah berjalan

Ia mengaku senang BRI bisa support program Makmur. Dari verifikasi berkas, yang bisa diberikan KUR hanya lima orang petani. Total Rp90 juta digelontorkan BRI untuk lima petani.

"Saya kaget lihat hasil panennya sangat bagus sekali. Terima kasih memberi kepercayaan pada BRI yang diajak bergabung dalam program Makmur ini. Alhamdulillah tahap pertama ini sukses dan berhasil. Harapannya yang ikut program Makmur ini akan berlanjut dan lebih banyak lagi petani yang terlibat dan hasilnya lebih baik lagi," katanya.

Baca Juga: Digugat Ke Pengadilan, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi: Suka Hati Dia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya