Polling Kandidat Bupati Tapsel, Rasyid Dongoran Raih Suara Terbanyak

Bupati petahana tidak difavoritkan untuk memimpin 2 periode

Tapanuli Selatan, IDN Times – Nama Rasyid Assaf Dongoran untuk sementara difavoritkan sebagai Calon Bupati Tapanuli Selatan periode 2024-2029. Hal ini berdasarkan hasil polling di Pollingkita.com yang dibuka sejak 11 April 2023.

Hingga berita ini ditayangkan 17 April 2023, nama Wakil Bupati Tapsel Rasyid Assaf Dongoran yang merupakan Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara berhasil mendulang 400 suara atau 45,8 persen suara dari total 873 suara yang mengikut polling. 

Yang mengejutkan, nama Bupati petahanan, Dolly Pasaribu malah tidak difavoritkan dalam polling ini. Politisi Gerindra ini hanya menempati urutan keempat dengan persentase suara 5,7 persen.

Dolly Pasaribu merupakan Kader dan Ketua Wanhat Partai Gerindra Tapsel saat ini merupakan Kemenakan Mantan Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu.

Rasyid mengaku dirinya tidak mengetahui siapa yang membuat dan menayangkan serta mengedarkan Pooling tersebut dan tidak menyangka namanya difavoritkan sebagai Bupati Tapsel 2024-2029.

"Saya masih fokus membesarkan Partai Golkar di Sumatera Utara, khususnya di Tapanuli Selatan dengan tim saya, apalagi Bulan Ramadan ini saya nyatakan bahwa saya dan tim tidak ada membuat Pooling tersebut dan belum fokus urusan Pilkada 2024," tegasnya saat dihubungi IDN Times, Senin (17/4/2023) malam.

1. Anak Mantan Bupati Tapsel di urutan kedua

Polling Kandidat Bupati Tapsel, Rasyid Dongoran Raih Suara TerbanyakHasil sementara Polling Kita untuk Kandidat Bupati Tapsel (Dok. Pollingkita.com)

Di urutan kedua muncul nama Dokter Aditya Rizky Pasaribu dengan total 35,1 persen suara. Aditya adalah anak kandung mantan Bupati Tapsel, Syahrul Pasaribu.

Kini pria Bernama lengkap Aditya Rizky Monang Pasaribu merupakan seorang dokter umum yang berpraktik di RSUD Dr. Pirngadi di Medan.

2. Pemilik Pesantren Darul Mursyid di urutan ketiga

Polling Kandidat Bupati Tapsel, Rasyid Dongoran Raih Suara TerbanyakIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mardya Shakti)

Di urutan ketiga terdapat nama Ja’far Syahbudin Ritonga yang beberapa bulan lalu masuk sebagai Kader dan Ketua Wanhat DPD Partai Golkar Tapsel memperoleh suara 7,2 persen suara.

Pria yang akrab disapa JSR adalah salah satu penasehat terpilih pada Badan Silaturrahim Pesantren Sumatera Utara masa bakati 2021-2026. Saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris bidang Pemberdayaan Umat di Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Umat (LPU) Darul Mursyid.

Nama JSR cukup dikenal di Tapanuli Selatan karena ia merupakan pemilik Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Mursyid di Desa Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Tapsel.

3. Nama Ketua DPRD dan mantan Sekda Tapsel juga difavoritkan

Polling Kandidat Bupati Tapsel, Rasyid Dongoran Raih Suara TerbanyakIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Nama lain yang muncul dalam polling ini adalah Abdul Basith Dalimunthe dan Parulian Narution masing-masing mendulang 4,5 persen dan 1,7 persen suara.

Abdul Basith adalah Ketua DPRD Tapsel dan beberapa bulan lalu diangkat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Tapsel.

Sedangkan Parulian Nasution adalah mantan ASN dengan jabatan terakhir sebagai Sekda Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Ia resmi pensiun sebagai ASN pada 31 Agustus 2022.

Ia pernah menjabat Kadis Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan saat ini berstatus anggota Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Tapsel.

Itulah hasil polling sementara tentang sosok kandidat Bupati Tapanuli Selatan 2024-2029. Polling ini beredar luas dalam 5 hari terakhir dari tanggal 11 April dan masih berlangsung sampai berita ini ditayangangkan.

Baca Juga: Ikut Mudik Gratis, Murni Bisa Lihat Keluarga Sakit di Aceh

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya