Pengungsi Bom Sibolga Dapat Bantuan Beras dan Uang dari Satma AMPI

Hasil penggalangan dana dari masyarakat selama dua hari

Sibolga, IDN Times - Satma AMPI Kabupaten Tapanuli Tengah menyerahkan bantuan bagi korban ledakan bom di posko tanggap penanggulangan bencana di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Senin (18/3).

Wakil Ketua Satma AMPI Tapteng, Rahulta Pratama mengatakan, bantuan yang diserahkan berupa 10 karung beras dan uang tunai sebesar Rp 3,5 juta.

Seluruh bantuan ini diperoleh dalam aksi penggalangan dana selama dua hari oleh Satma AMPI Tapteng dan Kota Sibolga.

"Sebelumnya kita telah melakukan aksi penggalangan hari selama dua hari yakni, Sabtu (16/3) dan Minggu (17/3). Jadi setelah terkumpul, kita langsung serahkan melalui kepling," katanya, Selasa, (19/3).

Baca Juga: 161 KK Terdampak Ledakan Bom Sibolga Akan Dapat Bantuan Pemerintah

1. Ajak masyarakat perangi paham radikalisme

Pengungsi Bom Sibolga Dapat Bantuan Beras dan Uang dari Satma AMPIIDN Times/Hendra Simanjuntak

Rahulta juga mengatakan, selain dilaksanakan oleh Satma AMPI Tapteng, penyerahan bantuan ini juga diikuti oleh Satma AMPI Kota Sibolga berkerjasama dengan Komunitas Berbagi Nasi Kota Sibolga dan Komunitas Motor SL.

"Semoga bantuan yang kami serahkan ini dapat bermanfaat bagi warga," ucapnya.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama memerangi paham radikalisme agar tindakan bom bunuh diri yang terjadi di Kota Sibolga tidak terulang lagi.

"Mari kita lawan dan hapuskan paham paham Radikalisme di Kota Sibolga dengan ikut kegiatan-kegiatan positif," harapnya.

2. Korban sebanyak 161 KK dapat bantuan Rp 1,4 miliar dari Presiden Jokowi

Pengungsi Bom Sibolga Dapat Bantuan Beras dan Uang dari Satma AMPIIDN Times/Hendra Simanjuntak

Sehari sebelumnya, Minggu (17/3) Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menyerahkan bantuan sebesar Rp 1.451.000.000 kepada para korban terdampak bom Sibolga.

Khususnya korban uang rumahnya mengalami kerusakan akibat ledakan bom dari terduga teroris AH dan istrinya.

"Siang ini untuk memulai pembangunan rumah, saya sedikit memberikan bangunan agar bisa dikerjakan, saya minta korem, kodim agar dipercepat (pembangunan). Bantuan udah kita hitung jumlahnya Rp 1.451.000.000," kata Jokowi saat bertemu para korban yang mengungsi di jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Minggu (17/3)

Jokowi mengingatkan, bantuan yang ia berikan hanya bantuan awal agar pembangunan dapat dimulai, dan warga bisa segera kembali ke rumah untuk memulai kembali aktifitas.

"Ini tolong yang berat nanti berbeda dengan yang sedang, yang sedang berbeda dengan yang ringan. Yang berat Rp 25 juta, nanti menteri ke sini, bantuan apa, nanti dilihat. Ini untuk memulai pembangunan," katanya.

Total rumah yang rusak adalah 150an unit. Dengan jumlah penghuninya sebanyak 161 kepala keluarga.

3. Jokowi akan minta menteri sosial datang ke Sibolga

Pengungsi Bom Sibolga Dapat Bantuan Beras dan Uang dari Satma AMPIANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Presiden Jokowi menyebut dirinya juga akan memerintahkan menteri sosial ke kota Sibolga untuk meninjau proses rehabilitasi bangunan-bangunan rusak akibat ledakan bom tersebut.

"Yang penting, segera rumah rusak dimulai dibangun dikerjakan, yang sedang juga, yang kaca diganti, biar bisa ditempati, saya akan perintahkan menteri sosial kemari," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Beri Bantuan Rp 1,4 M untuk Korban Bom Sibolga

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya