PAN Siantar Gelar Bimtek Saksi Sambil Piknik Bareng di Wisata Pulbat

Saksi harus jeli memantau kecurangan

Pematang Siantar, IDN Times - Ribuan saksi pemilu dari DPD Partai Amanat Nasional Kota Pematangsiantar mengikuti bimbingan teknis sebagai saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan saksi kecamatan saat pencoblosan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Bimbingan teknis dilakukan sejak Tahun 2023 lalu untuk setiap daerah pemilihan (Dapil) Kota Pematangsiantar dan berakhir Sabtu (10/2/2024) di Kecamatan Siantar Sitalasari.

Bimbingan teknis terhadap para saksi adalah menjelaskan tugas dan tanggung jawab yang akan diemban saat bertugas di setiap TPS dan saling koordinasi dengan jajaran pengurus partai di setiap wilayah tugas.

1. Saksi harus jeli memantau kecurangan

PAN Siantar Gelar Bimtek Saksi Sambil Piknik Bareng di Wisata PulbatPAN Siantar Gelar Bimtek Saksi Sambil Piknik Bareng di Wisata Pulbat (Dok. IDN Times)

Ketua DPD PAN Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA yang diwakilkan oleh Sekretaris DPD PAN Boy Iskandar Warongan yang juga Caleg PAN DPRD Sumut Dapil Pematangsiantar Simalungun mengatakan, seluruh saksi yang akan bertugas di setiap TPS diberikan bimbingan teknis, pengetahuan saat bertugas nantinya.

Saksi tugas utamanya mengamankan suara Partai Amanat Nasional di setiap TPS dalam pemilu yang tinggal beberapa hari lagi.

“Para saksi harus jeli memantau apabila ada kecurangan segera bertindak dan laporkan pada KPPS dan juga koordinasi dengan pengurus partai wilayah masing-masing,” ujarnya.

2. Komisioner Bawaslu jadi pembicara

PAN Siantar Gelar Bimtek Saksi Sambil Piknik Bareng di Wisata PulbatPAN Siantar Gelar Bimtek Saksi Sambil Piknik Bareng di Wisata Pulbat (Dok. IDN Times)

Bimbingan teknis menghadirkan narasumber Syafii Siregar, Komisioner Bawaslu Pematangsiantar 2018-2023.

Caleg PAN DPRD Sumut Boy Iskandar Warongan menuturkan bahwa sisa 4 hari menjelang pemilu, militansi Saksi PAN harus di tuntaskan.

“Dengan sisa sedikit hari sebelum pemilu, kita semua harus semangat, saya tahu bahwa kita semua lelah dan letih, hal ini karena kita sudah berjuang selama ini. Terjun langsung ke 53 kelurahan di Pematangsiantar. Insya Allah proses yang sudah kita lalui selama ini akan memberikan hasil yang maksimal demi Pematang Siantar yang berkemajuan,” pungkasnya.

Para saksi terlihat antusias dan semangat, yakin Prabowo Gibran Menang 1 Putaran, Boy Warongan DPRD Provinsi dan PAN Pematang Siantar Juara.

3. PAN juga menyiapkan saksi cadangan

PAN Siantar Gelar Bimtek Saksi Sambil Piknik Bareng di Wisata PulbatPAN Siantar Gelar Bimtek Saksi Sambil Piknik Bareng di Wisata Pulbat (Dok. IDN Times)

Selain menyiapkan saksi TPS, pihaknya juga menyiapkan saksi cadangan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila adanya saksi inti yang berhalangan hadir. Misalnya saksi atau ada suatu hal lainnya.

“Setelah bimtek ini, diharapkan saksi TPS semakin solid. Targetnya tidak ada suara di TPS kosong. Semua TPS kami penuhi semua,” paparnya Boy Iskandar Warongan.

Lebih lanjut, Boy Warongan juga menyampaikan, bimtek tersebut juga bertujuan untuk menyolidkan dukungan kepada Caleg DPRD Kota, Caleg PAN DPRD Sumut, dan Caleg DPR RI.

“Selain bimtek kepada saksi TPS Kota Pematangsiantar. Bimtek ini kami laksanakan sekaligus untuk menyolidkan dukungan kepada Caleg DPRD Kota, Caleg DPRD Sumut Boy Iskandar Warongan dan Caleg DPR RI Dedy Gunawan Ritonga,” katanya.

Ketua KPPD PAN Siantar Yowanda Rahmazam, pada pemilu tahun ini, pihaknya menargetkan ada 9 caleg DPRD Kota yang berhasil kursi DPRD Kota Siantar.

Baca Juga: Ribuan Saksi PAN Siantar Akan Awasi Pelaksanaan Pemilu 2024

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya