Lagi Salat Tarawih, Listrik di Medan Padam Lagi

Janji PLN listrik menyala 24 jam non-stop tidak terbukti

Medan, IDN Times - "Menyambut Bulan Suci Ramadhan tahun 2019, PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara turut mendukung agar ibadah puasa dapat berjalan dengan khusyuk, dengan menyiapkan suplai pasokan listrik selama 24 Jam non-stop"

Itu adalah caption dalam foto yang diunggah akun instagram@PLNSumut pada hari kedua Ramadan, 7 Mei 2019.

Namun ternyata hal itu hanya 'dongeng'. Kamis (8/5) dini hari listrik di beberapa kota di Sumut dan Aceh padam. Warga pun terpaksa sahur gelap-gelapan.

Kamis malam, listrik kembali padam di Kota Medan saat umat muslim menjalankan ibadah tarawih. 

Berdasarkan pengakuan warga, pemadaman terjadi di kawasan Medan Sunggal, Medan Helvetia, dan Medan Area.

1. Beberapa pembangkit mengalami trip atau padam terpaksa

Lagi Salat Tarawih, Listrik di Medan Padam Lagimetrojambi.com

Dalam rilisnya yang diterima IDN Times pagi tagi, PLN mengaku akan melakukan pemulihan cepat kerusakan yang terjadi pada beberapa Pembangkit Listrik sistem kelistrikan Sumatera Bagian Utara.

Setelah diselidiki, kerusakan terjadi pada Current Transformer (CT), peralatan yang mengubah besaran arus dari besar ke kecil ataupun sebaliknya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, dengan arus 150kV.

Manager Komunikasi PLN UIW Sumatera Utara Rudi Artono mengatakan bahwa beberapa Pembangkit seperti PLTU Nagan Raya 1 dan 2, PLTU Pangkalan Susu 2, PLTGU Belawan, ST 2.0, PLTG Marine Vessel Power Plant dan Belawan, serta PLTD AKE mengalami trip atau padam terpaksa dan harus dilakukan recovery dengan waktu yang cukup lama.

"Sedang dilakukan pemulihan bertahap, mohon maaf jika waktu sahur menjadi terganggu." Ujar Rudi. Rudi juga mengatakan bahwa sudah dilakukan pemukihan pada Pukul 03:26 WIB pada Pembangkit Listrik Island Inalum yang sudah Sinkron dengan Subsistem SBU, serta pada Pukul 03:44 WIB Semua Gardu Induk di Aceh sudah recover dan dapat beroperasi kembali.

Baca Juga: Direktur PLN Non Aktif Sofyan Basir Diperiksa Sebagai Tersangka di KPK

2. PLN menyampaikan permintaan maaf

Lagi Salat Tarawih, Listrik di Medan Padam LagiANTARANEWS

Pagi tadi, PLN pun berupaya cepat dalam memulihkan sistem kelistrikan di Sumbagut dan PLN meminta maaf atas ketidaknyamanannya dalam penggunaaan listrik di waktu subuh ini. Diharapkan sebelum beraktivitas pagi, seluruh sistem kelistrikan Sumbagut bisa pulih kembali.

Pelanggan dapat mengakses komunikasi PLN melalui Contact Center PLN 123 menjadi garda depan bagi PLN untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung melalui sistem online selama 7x24 jam, yang dapat diakses melalui Telepon: 123, HP: (kode area) 123, E-mail: pln123@pln.co.id, Facebook: PLN 123, Twitter: @PLN_123, dan Website: www.pln.co.id. Atau bagi pengguna smartphone, dapat juga mengunduh aplikasi PLN Mobile di Play Store maupun App Store untuk Layanan Informasi, Tagihan Listrik, Pengaduan Gangguan, Pemasangan Baru, Perubahan Daya dan sebagainya.

3. "Kasihan yang sedang tarawih"

Lagi Salat Tarawih, Listrik di Medan Padam Lagikabarhukum.com

Kamis (8/5) malam pemadaman terjadi ladi di beberapa titik di Kota Medan. Warga Jalan Gaperta Ujung, Kecamatam Helvetia, Kota Medan, Marwina mengaku kesal dengan pemadaman saat sedang salat tarawih.

"Jam 20.45 WIB tadi tiba-tiba padam. kan kasihan yang sedang berada di masjid untuk tarawih," ujarnya.

Ia berharap selama Ramadan, PLN tidak melakukan pemadaman listrik.

Annisa Ambar Wulan, Warga Medan Sunggal juga kesal dengan pemadaman ini.

"Di rumah padam listrik. Kok padam lagi ya? mana belum masak nasi lagi tuk catering sahur," ujarnya pada IDN Times.

Hingga pukul 21.30 WIB, listrik belum kunjung menyala. Sejumlah masjid terlihat menyalakan genset untuk penerangan.

4. Komitmen PLN tidak terbukti

Lagi Salat Tarawih, Listrik di Medan Padam LagiWarta kota.Tribunnews.com

Komitmen PLN untuk menyalakan listrik 24 jam non-stop selama Ramadan ternyata tidak terbukti. Padahal baru sehari lalu yang lalu menggelar temu pers untuk menyampaikan komitmen menyala 24 jam nonstop. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam captionpostingannya, PLN menjelaskan membuat 300 Posko Siaga yang diamankan oleh 2456 orang petugas, 49 orang Petugas Pekerjaan Dlaam Keadaan Bertegangan (PDKB) atau tanpa padam, 134 unit mobil dan 68 unit motor yang disiagakan dengan SOP khusus Puasa dan Lebaran.

Dalam melaksanakan tugasnya, setiap petugas juga diwajibkan menjaga Keselamatan dan Kesehatan selama bekerja dilengkapi dengan beberapa hal diantaranya : memiliki izin kerja dan Job Safety Analysis (JSA) yang telah disetujui oleh atasan/ pegawai yang berwenang, memiliki dan menerapkan SOP dan Instruksi Kerja secara konsisten, menggunakan Alat Kerja dan Alat Komunikasi sesuai standar serta memakai APD lengkap yang sesuai dan layak. Selain kelengkapan tersebut, setiap petugas yang bertugas juga dipastikan bekerja dalam kondisi Sehat Jasmani dan Rohani, memiliki kompetensi Teknis dan Kompetensi K3, mengerti dan memahami bahaya dan risiko dalam pekerjaan serta memiliki sikap disiplin dan taat pada aturan.

Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumut Taufik Hidayat menyampaikan bahwa pasokan listrik dari sistem Sumbagut memiliki Daya Mampu sebesar 2.390 MW dan Beban Puncak sekitar 2.200 MW, sehingga memiliki cadangan daya sekitar 8-10 persen.

"Selama Bulan Ramadhan ini pelanggan tidak perlu khawatir karena pasokan listrik sudah sangat handal," ujar Taufik.

Tapi kok hari ini sudah dua kali listrik padam ya Pak? Saat sahur dan tarawih.

Baca Juga: Listrik Padam Saat Sahur, Netizen : Bercandanya Thanos Kelewatan 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya