Comscore Tracker

Ini 20 Perguruan Tinggi Indonesia Paling Populer di Media Sosial

Kampusmu peringkat berapa, Guys?

Jakarta, IDN Times - Di era teknologi dewasa ini, adopsi media sosial sudah menjadi hal yang sebaiknya dilakukan -jika tidak ingin dikatakan keharusan- oleh perguruan tinggi di Indonesia. Selain amat bermanfaat sebagai media promosi, media sosial tentunya juga sangat berguna sebagai sarana komunikasi, apalagi di masa pandemik COVID-19, dimana perkuliahan tidak lagi dilakukan lewat tatap muka langsung.

Di masa pandemik, banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memaksimalkan fungsi media sosial, baik untuk tujuan kegiatan belajar mengajar, penerimaan mahasiswa baru, maupun kehumasan. Namun, bukan berarti adopsi media sosial baru mereka lakukan sekarang. Sebagian besar memang sudah lama memanfaatkan media sosial untuk tujuan-tujuan tersebut.

Lifepal.co.id melakukan riset guna melihat seberapa jauh perguruan-perguruan tinggi di Indonesia memanfaatkan media sosial. Hasilnya, dituangkan dalam Kompilasi Daftar Perguruan Tinggi dengan Aktivitas Media Sosial Terbaik tahun 2020.

Riset dilakukan dengan mencari berapa banyak followers (pengikut) dan subscriber (pelanggan) akun resmi media sosial dari masing-masing perguruan tinggi. Kemudian, dibuat beberapa daftar untuk memperlihatkan peringkat berdasarkan jumlah follower maupun subscriber-nya.  Yuk simak hasilnya:

1. Perguruan tinggi negeri dengan jumlah like terbanyak di Facebook

Ini 20 Perguruan Tinggi Indonesia Paling Populer di Media SosialPerguruan tinggi negeri dengan jumlah like terbanyak di Facebook (Dok. IDN Times/Lifepal.co.id)

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati posisi pertama sebagai perguruan tinggi dengan total like Facebook terbanyak di Juni 2020. Seperti diketahui, akun resmi halaman Facebook UGM telah mendapat like dari 428 ribu pengguna Facebook.

Salah satu aktivitas yang selalu dilakukan UGM di akun Facebooknya adalah memposting berita-berita terbaru yang terpampang di situs resmi UGM. 

UGM secara rutin memposting tiga atau empat konten berupa artikel dalam sehari di situs resmi universitas. Konten-konten tersebut tidak hanya sebatas update kegiatan terbaru UGM, melainkan berisikan edukasi dan tips-tips menarik.

Di posisi kedua, ada Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 242 ribu like, Universitas Terbuka (UT) dengan 211 ribu like, dan Universitas Padjajaran di peringkat empat dengan 183 ribu like.

Posisi ke-20 diduduki oleh Universitas Lampung (Unila) dengan jumlah like sebanyak 37.059. 

2. Perguruan tinggi negeri dengan follower Twitter Terbanyak

Ini 20 Perguruan Tinggi Indonesia Paling Populer di Media SosialPerguruan tinggi negeri dengan follower Twitter Terbanyak (Dok. IDN Times/Lifepal.co.id)

Universitas Indonesia (UI) menduduki posisi pertama dalam ranking perguruan tinggi dengan follower Twitter terbanyak. Seperti diketahui, jumlah follower dari kampus negeri ternama ini adalah 1,2 juta di akhir Juni 2020.

UI memang sangat aktif dalam memanfaatkan media sosial yang satu ini. UI cukup sering melakukan repost konten mereka yang ada di Instagram ke Twitter. Seluruh postingan yang ada di Twitter UI adalah informasi atau update dari universitas tersebut.

Posisi kedua dihuni oleh UGM dengan jumlah follower 1 juta, diikuti Universitas Padjadjaran (UNPAD) dengan follower 969 ribu, ITB di 869 ribu, dan UT di 774 ribu.

Sementara itu posisi ke-20 diduduki oleh Universitas Mulawarman (Unmul) dengan total follower sebanyak 19.800.

Baca Juga: Positif COVID-19, Akhyar Sempat Lakukan Perjalanan ke Jakarta

3. Perguruan tinggi negeri dengan follower Instagram terbanyak

Ini 20 Perguruan Tinggi Indonesia Paling Populer di Media SosialPerguruan tinggi negeri dengan follower Instagram terbanyak (Dok. IDN Times/Lifepal.co.id

UGM masuk ke dalam ranking satu untuk kategori perguruan tinggi negeri dengan follower Instagram terbanyak. Jumlah follower kampus yang berbasis di Yogyakarta ini mencapai 571 ribu di akhir Juni 2020.

Sebagai juara satu dalam ranking followers Instagram terbanyak, Lifepal mencatat, UGM sering mempromosikan UGM Update yang berisikan informasi LIVE streaming dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus tersebut. LIVE tersebut tidak hanya berlangsung di Instagram saja, melainkan di platform lain seperti Youtube, Facebook, dan Twitter.

Untuk posisi kedua, ada UI dengan jumlah follower Instagram mencapai 544 ribu, diikuti oleh PKN STAN dengan 397 ribu, ITB di 213 ribu, Universitas Brawijaya di 206 ribu, dan Gunadarma 181 ribu.

Sementara itu, untuk posisi-20 diduduki oleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan total follower 47 ribu. 

4. Perguruan tinggi negeri dengan subscriber Youtube terbanyak

Ini 20 Perguruan Tinggi Indonesia Paling Populer di Media SosialPerguruan tinggi negeri dengan subscriber Youtube terbanyak (Dok. IDN Times/Lifepal.co.id

Gelar perguruan tinggi negeri dengan subscriber Youtube terbanyak jatuh pada PKN STAN yang sukses mengantongi 76.200 subscriber. 

PKN STAN memiliki kanal-kanal menarik yang ada di akun Youtubenya. Pertama tentu saja adalah kanal event atau liputan kegiatan di PKN STAN. Lalu, ada pula kuliah umum yang berisikan rekaman kuliah umum atau seminar di kampus mereka.

Uniknya, PKN STAN memiliki kanal bernama PIJAR (Pintar Belajar Manajemen Keuangan). PKN STAN juga mengunggah materi rekaman webinar yang sudah mereka selenggarakan bersama pakar.

Diikuti oleh ITB dengan 74 ribu subscriber, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan 43.800, UT dengan total 43.300, dan Unpad dengan 29 ribu subscriber.

Posisi ke-20 diduduki oleh Universitas Jember dengan jumlah subscriber mencapai 8.470. 

Dalam membuat laporan ini, Lifepal.co.id melakukan pemantauan terhadap akun resmi media sosial milik seluruh universitas di Indonesia pada 25 hingga 30 Juni 2020. Media sosial yang dimaksud meliputi, Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube.

Olah data menggunakan data organization software dan dapat dipertanggung-jawabkan oleh penulis. Hasil laporan lengkap bisa disimak di 20 Perguruan Tinggi Terpopuler di Media Sosial.

Baca Juga: Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution Positif COVID-19

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya