4 Putra Sumut yang Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di Indonesia

Ada nama Bachtiar Karim hingga Surya Paloh

Forbes Indonesia merilis 100 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2020. Hal ini adalah tahun terdekat meskipun saat ini kita sudah berada pada tahun 2021. Setiap akhir tahun Forbes mengeluarkan daftar orang terkaya.

Di Indonesia nama konglomerat era lama masih menghiasi. Nama nama baru belum bermunculan. 

Seperti pada tahun sebelumnya, menurut hasil riset majalah Forbes sendiri, posisi pertama masih dipegang oleh Hartono bersaudara.

Pasalnya, dengan total kekayaan mencapai 38,8 miliar dolar AS atau setara Rp548,2 triliun (asumsi kurs Rp14.160 per dolar AS) Hartono Bersaudara tidak mudah untuk digeser. Ada 50 Orang terkaya dan juga 100 orang terkaya di Indonesia. 

Nah, dari 100 orang terkaya di Indonesia, 4 di antaranya adalah putra Sumatra Utara. Siapa saja mereka? Yuk simak.

Baca Juga: Kisah Silvia, Putri Almarhumah Sopir Grab yang Ingin Jadi Dokter Gigi

1. Bachtiar Karim

4 Putra Sumut yang Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di IndonesiaBachtiar Karim (Dok. IDN Times)

Pengusaha minyak kelapa sawit asal Medan ini memiliki kekayaan senilai 3,1 miliar dolar AS. Dirinya menempati urutan nomor 11 orang terkaya di Indonesia.

Selain dari perusahaan kelapa sawit Musim Mas, Karim dan keluarganya juga mendapatkan pundi-pundi rupiah dari pusat kewirausahaan di USU.

2. Martua Sitorus

4 Putra Sumut yang Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di IndonesiaMartua Sitorus (Dok. IDN Times/Forbes.com)

Martua Sitorus awalnya mendirikan perusahaan perkebunan sawit, Wilmar. Namun saat ini, dirinya fokus pada bidang properti dengan mendirikan Gama Land.

Martua Sitorus memiliki kekayaan senilai 2 miliar dolar dari 15 apartemen dan 1 buah mall di Jakarta. Ia menempati urutan ke-12 orang terkaya di Indonesia

3. Sukanto Tanoto

4 Putra Sumut yang Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di Indonesianetworthlist.org

Sukanto Tanoto mendirikan Royal Golden Eagle Indonesia. Royal Golden Eagle adalah sebuah grup perusahaan yang menaungi berbagai bidang yaitu agro industri, energi, dan pemanfaatan kayu.

Nilai kekayaan pebisnis yang satu ini mencapai 1,35 miliar dolar. Ia menempati urutan ke-22 orang terkaya di Indonesia.

5. Surya Paloh

4 Putra Sumut yang Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di IndonesiaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Surya Paloh lahir di Banda Aceh 16 Juli 1951, ia besar di kota Pematangsiantar, Sumatra Utara. Ia menjadi pengusaha di Kota Medan.

Aktivitas politik menyebabkannya pindah ke Jakarta, menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dua periode. Justru di kota metropolitan ini, kemudian Surya Paloh terkenal sebagai seorang pengusaha muda Indonesia.

Pemilik nama lengkap Surya Dharma Paloh ini jadi pemilik Media Indonesia total kekayaan USD 440 juta. Ia menempati urutan ke-91 orang terkaya di Indonesia.

5. Apakabar Donald Sihombing?

4 Putra Sumut yang Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di Indonesia(Bos PT Totalindo Eka Persada Donald Sihombing) www.totalindo.co.id

Dalam versi Forbes tahun 2019, Donald Sihombing merupakan nama terbaru di daftar Forbes yang dikenal sebagai jajaran profil milyuner dunia.

Forbes menaksir kekayaannya mencapai 1,4 Miliar Dolar AS dengan urutan ke 14 dari 21 orang terkaya di Indonesia. Ia merupakan pemegang saham terbesar PT. Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS).

Dirinya lahir dan tumbuh di kota Medan, pada 23 Juli 1956. Lalu, ia hijrah sejak usia 9 tahun ke Jakarta.

Nah, asal usulnya yang berhasil menggarap proyek berawal dari modal uang pesangon PHK. Ia sukses garap proyek hingga ke Timur Tengah.

Namun tahun 2020 ia keluar dari jajaran 100 orang terkaya di Indonesia. Apa ya kira-kira penyebabnya ya?

Baca Juga: 5 Alasan Utamasia Cocok Jadi Tempat Latihan Sepakbola Anak-anak

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya