Comscore Tracker

3 Pegawai BPKD Kena OTT! Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Sekda Dimana?

Kepala BPKD Adiaksa Purba juga tidak terlihat

Pematangsiantar, IDN Times - Sehari Pasca-Operasi Tangkap Tangan (OTT) di kantor Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Pemko Pematangsiantar, Wali Kota Hefriansyah, Wakil Wali Kota Togar Sitorus dan Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Utari tidak tampak melaksanakan tugasnya.

Bahkan Kepala BPKD Adiaksa Purba belum terlihat.

Sebanyak 19 orang diboyong ke Mapolda Sumut oleh tim Tipikor, Kamis (11/7) malam. Tiga orang berstatus terduga pelaku sedangkan 16 lainnya sebagai saksi. 

Terkait itu, Asisten I Pemko Pematangsiantar, Leonardo Simanjuntak saat meninjau gedung BPKD didampingi Kabag Humas Protokoler, Soleh mengatakan bahwa keempat nama tersebut saat ini sedang berada di luar kota. Hanya saja, ketika ditanyakan apakah Walikota sudah mengetahui OTT ini, Leonardo Simanjuntak belum berani memberikan jawaban. 

"Secara kebetulan wali kota, pimpinan sedang berada di luar kota" ucapnya, Jumat (12/7).

"Tentu ini (OTT) kami laporkan ke wali kota" kata Kabag Humas menimpali pernyataan Asisten I dengan menambahkan bahwa masalah ini akan dibicarakan atau dibahas di internal Pemko. 

1. Memastikan pelayanan berjalan seperti biasa

3 Pegawai BPKD Kena OTT! Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Sekda Dimana?IDN Times/Patiar Manurung

Leonardo Simanjuntak mengakui dirinya datang ke BPKD guna memastikan proses pelayanan tetap bisa berjalan dengan baik atau tidak.

Sejauh ini, kata Leonardo, sebagian bidang bisa berjalan walau ada kendala yang tidak signifikan. Kecuali, aktifitas kerja di ruang pimpinan BPKD, ruang sekretaris, ruang bendahara pengeluaran dan ruang pendapatan I.

Baca Juga: Detik-detik OTT di BPKD Siantar, 19 Orang Diboyong ke Mapolda Sumut

2. Kabag Hukum Siantar diminta dampingi 16 orang pegawai BPKD

3 Pegawai BPKD Kena OTT! Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Sekda Dimana?IDN Times/Patiar Manurung

Untuk memastikan status hukum kepada 16 orang yang diamankan Polda Sumut, Leonardo mengatakan bahwa Kabag Hukum Pemko sudah diperintahkan berangkat ke Mapolda untuk berkomunikasi sekaligus upaya pendampingan.

"Saat ini Kabag Hukum sudah ditugaskan ke Polda biar Kabag Hukum melaporkan ke pimpinan (wali kota) kondisi di sana seperti apa" ucapnya.

OTT ini, tambah Leonardo, akan menjadi bahan masukan kepada seluruh pegawai tanpa terkecuali.

"Ini pun sudah beringkali kita sampaikan kepada pegawai tanpa terkecuali dan saya pikir semua OPD sudah memahaminya" tutupnya.

3 Pegawai BPKD Kena OTT! Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Sekda Dimana?IDN Times/Sukma

Baca Juga: Sehari Pasca OTT, Pelayanan di BPKD Siantar Berjalan Normal

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You