TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Toba Samosir Bakal Ganti Nama Tahun Depan, Infrastruktur Digenjot

Tidak mau disamakan dengan Samosir

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian (IDN Times/Prayugo Utomo)

Toba Samosir, IDN Times – Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengatakan jika kabupatennya akan segera  berganti nama. Hingga saat ini proses administrasi di pemerintah pusat terus digodok.

Bahkan tim dari Jakarta juga sudah turun ke Toba Samosir untuk melakukan survey ke masyarakat soal pergantian nama tersebut.

Apa alasan Samosir berganti nama. Simak penuturan Darwon Siagian kepada IDN Times.

Baca Juga: Toba Samosir Siapkan 12 Lapangan untuk Tuan Rumah Pra-PON Gateball

1. Perubahan nama adalah keinginan masyarakat

Masyarakat Adat Bius Motung menortor saat peresmian Sopo Parguruan, Rabu (11/12)

Darwin mengatakan jika pihaknya sudah melakukan rapat di Kementerian Hukum dan HAM terkait perubahan namanya. Nantinya, Toba Samosir akan berganti nama menjadi Toba.

Kata Darwin, itu adalah kemauan masyarakat. “Kalau pergantian nama itu semuanya keinginan masyarakat dari bawah. Karena sudah ada (Kabupaten) Samosir, padahal kita Toba Samosir. Jadi, penyebutannya itu. Jadi itu harus melalui Peraturan Pemerintah (PP) Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama ada perubahan putusan presiden,” ungkap Darwin, Jumat (13/12).

2. Bakal diumumkan pada hari jadi Tobasa ke-21

Panorama Danau Toba dari The Kaldera Toba Nomadic Escape, Toba Samosir (IDN Times/Prayugo Utomo)

Toba Samosir adalah Kabupaten hasil pemekaran dari Tapanuli Utara yang diresmikan pada 1999 lalu. Pergantian nama Toba Samosir menjadi Toba akan diumumkan pada Hari Jadi yang ke-21, tepatnya 9 Maret 2020. Darwin juga mengatakan, seluruh kecamatan yang ada di daerahnya sudah siap untuk pergantian nama tersebut.

“Pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas kita, termasuk kesehatan dan pendidikan. Tapi, BOPDT melalui pariwisata itu juga salah satu untuk mempercepat perkembangan ekonomi di Tobasa,” ungkapnya.

Baca Juga: Ada 1.000 Tenda Kaldera Toba Festival di Balige, Yuk Kamping di Sana!

Berita Terkini Lainnya