TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ridwan Kamil Minta Hasil Penyelidikan Kilang Balongan Dibuka ke Publik

BMKG sebut tidak ada petir penyebab kilang terbakar

Tim Fire Fighter menyemprotkan busa (foam) yang digunakan untuk memadamkan api pada pada kejadian insiden tangki Pertamina di Kilang Balongan RU VI, Indramayu. (Dok. Pertamina)

Medan, IDN Times – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pertanggungjawaban PT Pertamina (Persero) atas kebakaran Kilang Minyak Balongan di Kabupaten Indramayu, Minggu (28/3/2021). Termasuk soal penyebab kebakaran yang sempat disebut karena sambaran petir.

‎"Saya juga meminta pertanggungjawaban Pertamina. Sebenarnya itu, gimana? Ngakunya kena petir, tapi BMKG tidak. Ada kecoroboan teknis atau apa?" sebut Ridwan Kamil kepada wartawan saat melakukan kunjungan kerja di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Rabu (31/3/2021).

Baca Juga: Ditanya Pilpres 2024, Ridwan Kamil: Kalau Ada Pintunya, Bismillah!

1. Penyebab kebakaran harus disampaikan ke publik

Warga menyaksikan kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Laki-laki yang akrab disapa Kang Emil itu, meminta Pertamina juga menyampaikan hasil penyelidikan penyebab kebakaran disampaikan ke publik.

“Yang penting (disampaikan kepada) masyarakat, harus tahu,” ungkapnya.

2. Api berangsur padam

Api membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Kang Emil juga mengatakan jika saat ini empat kilang timbun minyak yang terbakar terus berangsur padam.

‎"Apinya, sudah redah dan sudah turun. 4 kilang tibun yang terbakar, mudah-mudahan menjadi hikmah untuk tidak terjadi kembali," tutur Ridwan Kamil.

Saat ini, Pemkab setempat sudah membantu masyarakat yang menjadi korban."Bupati sudah (membantu korban), ini bukan bencana berkepanjangan, besok lusa kembali. Aman terkendali," ungkap Ridwan Kamil.

Baca Juga: [BREAKING] Penyerang Mabes Polri Pakai Senjata Api Ternyata Perempuan 

Berita Terkini Lainnya