TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengungsi Kebocoran Gas SMGP Pulang, Gubernur Desak Polisi Usut Tuntas

Proyek dihentikan untuk lakukan investigasi

Pipa Gas PLTP Milik PT SMGP di Mandailing Natal Bocor, 5 Warga Tewas (Dok. IDN Times)

Madina, IDN Times – Warga yang mengungsi pascakebocoran gas di proyek pembangungan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Kecamatan Puncak Sorik Merapi,  Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara,sudah pulang kerumah masing-masing.

Tidak kurang dari 200-an warga yang mengungsi karena kejadian yang menewaskan lima orang dan puluhan orang luka tersebut. Warga mengungsi karena takut terpapar gas beracun pasca kejadian.

“Mereka sekarang sudah pulang ke rumah. Kemarin itu saya pun tidak menginginkan jatuh korban, mungkin masih ada sisa sisa uap yang ada baik di daun maupun di tanah saya terima (usulan). Saya urusi pengungsian, agar tidak bertambah korban,” ujar Dahlan, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga: Kebocoran Pipa Gas di Madina, Izin Pembangunan Sempat Dihentikan

1. Warga sudah berani pulang karena ada jaminan kondisi sudah steril

Pipa Gas PLTP Milik PT SMGP di Mandailing Natal (Madina) Bocor, 5 Warga Tewas (Dok. IDN Times)

Kata Dahlan, warga sudah berani pulang ke rumah masing-masing karena sudah ada jaminan steril dari aparat terkait. Keyakinan warga juga semakin kuat dengan penghentian aktivitas pembangunan proyek oleh Kementerian Energi Sumber daya dan Mineral (KESDM).

“Sudah distop semua oleh kementrian ESDM, jadi tidak ada kegiatan di sana,” ujarnya

2. Pembangunan PLTP harus sesuai SOP

Pipa Gas PLTP Milik PT SMGP di Mandailing Natal (Madina) Bocor, 5 Warga Tewas (Dok. IDN Times)

Dahlan pun menegaskan, supaya ke depan pembangunan PLTP yang dikerjakan oleh PT Sorik Marapi Geothermal Plant (SMGP) itu dikerjakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang benar.

 “Soal kesalahan saya tidak mau komentar. Karena labfor Polda Sumut  sudah bekerja. Kita dukung dari hasil labfor, sehingga (persoalannya) tidak semakin runyam,”ujarnya

Baca Juga: Kebocoran Gas PT SMGP di Madina, Ratusan Warga Terpaksa Mengungsi

Berita Terkini Lainnya