Arab Saudi Kirim 800 Alquran Cetakan Madinah untuk Aceh Besar

Membantu program penguatan Tahfiz Alquran

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar mendapatkan bantuan 800 mushaf Alquran tahfiz cetakan Madinah dari Kerajaan Arab Saudi. Bantuan itu disalurkan melalui Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi untuk Indonesia, di Jakarta, pada Selasa (25/7/2023).

Tidak hanya itu, Pemkab Aceh Besar juga menerima bantuan berupa kitab Ar-Rahiqul Makhtum karya ulama India, Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri. Kitab tersebut meraih juara pertama dalam lomba menulis Sirah Nabawiyah yang diselenggarakan oleh King Faisal Foundation. 

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Kepala Atase Agama Kedubes Arab Saudi, Syeikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi, sedangkan penerima dari pemkab langsung Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto.

1. Mushaf Alquran bantuan Arab Saudi diedarkan ke lembaga tahfiz di Kabupaten Aceh Besar

Arab Saudi Kirim 800 Alquran Cetakan Madinah untuk Aceh Besargoogle

Iswanto menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas respon Kedubes Kerajaan Arab Saudi terhadap permintaan Alquran versi Madinah dari dirinya dengan mengirimkan 800 mushaf untuk Kabupaten Aceh Besar.

Bantuan tersebut dikatakannya, saat ini sedang dalam proses pengiriman ke Kabupaten Aceh Besar. Dalam waktu dekat, mushaf cetakan Madinah itu akan diedarkan ke beberapa lembaga pendidikan tahfiz di Kabupaten Aceh Besar.

“Semoga kualitas hafalan anak-anak Aceh Besar makin meningkat dengan adanya cetakan Alquran versi Madinah ini,” kata Iswanto, pada Rabu (26/7/2023).

2. Melahirkan imam hafiz di setiap gampong

Arab Saudi Kirim 800 Alquran Cetakan Madinah untuk Aceh BesarPj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto (kiri) dan Kepala Atase Agama Kedubes Arab Saudi, Syeikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi (kanan). (Dokumentasi Humas Pemkab Aceh Besar untuk IDN Times)

Program penguatan lembaga tahfiz itu dijelaskan Iswanto, bertujuan untuk mencetak imam salat yang hafiz di setiap gampng dalam Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan itu merupakan program lanjutan dari bupati sebelumnya.

“Pasca tsunami, banyak lembaga tahfiz di Aceh Besar dibantu Arab Saudi dan negara arab lainnya di timur tengah,” jelas Iswanto. 

Selain itu, kata Iswanto, penguatan program tahfiz juga bertujuan agar anak-anak di Kabupaten Aceh Besar berprestasi di berbagai ajang Musabaqah Alquran baik di tingkat provinsi, nasional maupun internasional. 

“Sekali lagi kami menyampaikan terima kasih atas bantuan untuk Aceh Besar dan menyambut kedatangan kami dengan begitu baik di Kantor Atase Agama Kedubes Saudi ini,” ucapnya.

3. Pj Bupati Aceh Besar dihadiahi jubah dari Kerajaan Arab Saudi

Arab Saudi Kirim 800 Alquran Cetakan Madinah untuk Aceh BesarPj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto (kiri) dan Kepala Atase Agama Kedubes Arab Saudi, Syeikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi (kanan). (Dokumentasi Humas Pemkab Aceh Besar untuk IDN Times)

Dalam pertemuan tersebut, tidak hanya sekedar menyerahkan bantuan Alquran semata. Iswanto juga turut diberikan jubah dari Kerajaan Arab Saudi yang langsung dipakaikan oleh Syekh Ahmed selaku salah seorang perwakilan negara itu di Indonesia.

Pemberian itu sebagai bentuk penghormatan dan kebahagiaan Syekh Ahmed terhadap program penguatan pendidikan hafal Alquran yang dilakukan pj bupati tersebut di Kabupaten Aceh Besar. Bahkan Syekh Ahmed mengaku siap mendukung penuh program yang dijalankan itu. 

“Dalam waktu dekat Insyaallah ia juga akan berkunjung khusus ke Kabupaten Aceh Besar dan menambah jumlah mushaf yang akan dibantu saat kunjungannya,” ucap Iswanto.

4. Pj Bupati Aceh Besar sempat menyurati Kerajaan Arab Saudi

Arab Saudi Kirim 800 Alquran Cetakan Madinah untuk Aceh BesarPertemuan antara Pemkab Aceh Besar degan Kedubes Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia di Jakarta. (Dokumentasi Humas Pemkab Aceh Besar untuk IDN Times)

Sehubungan dengan itu, berdasarkan informasi yang IDN Times himpun, pj bupati Aceh Besar sebelumnya pernah mengirimkan surat ke Raja Arab Saudi, pada 31 Mei 2023. Isinya meminta bantuan 3000 eksemplar Alquran cetakan Madinah.

Permintaan Kitabullah yang bakal ditempatkan di setiap masjid dan lembaga pendidikan Alquran dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar itu sebagai gerakan melahirkan generasi tahfiz secara berkesinambungan.

Surat permintaan bantuan Alquran cetakan Madinah yang dilayangkan Iswanto, dipenuhi oleh Kerajaan Arab Saudi melalui kedubesnya. Namun, yang dikabulkan hanya 800 eksemplar karena mengingat tingkat ketersediaan mushaf di negara itu.

Baca Juga: Agen Pungli Pangkalan Elpiji 3 Kg, Diminta Uang Hingga Rp100 Juta

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya