TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dua Hari Suhu Udara Medan Capai 35,4 Derajat Celcius, Begini Kata BMKG

Terpantau ada 15 titik panas pada Minggu 3 Oktober 2021

foto ilustrasi (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Medan, IDN Times - Kondisi suhu udara di Sumatera Utara (Sumut) khususnya Kota Medan dalam 2 hari terakhir cukup Panas. Hasil pengamatan mencatat bahwa suhu udara maksimum di wilayah Kota Medan dan sekitarnya mencapai 35,4 derajat Celsius dalam 2 hari terakhir.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah I Medan mengatakan bahwa, laporan titik panas (hotspot) di wilayah Sumut juga terus mengalami kenaikan dalam 2 hari terakhir.

"Pada tanggal 2 Oktober 2021 terpantau ada 10 titik panas. Kemudian pada tanggal 3 Oktober 2021 meningkat menjadi 15 titik panas," kata Kepala BMKG wilayah I Medan Hartanto, pada Senin (4/10/2021).

Baca Juga: Usai Dicekik hingga Tewas, Seorang Perempuan Lansia Dirudapaksa

1. Kondisi dapat akibatkan dari asupan massa udara basah kurang

IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Hartanto mengatakan bahwa, kondisi ini dapat diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain, angin dominan masih berasal Monsun Australia bersifat kering sehingga asupan massa udara basah kurang.

"Kemudian kondisi atmosfer lapisan atas di wilayah Sumut dan sekitarnya cukup stabil sehingga, pertumbuhan awan berkurang," ucapnya.

2. Penyebab cuaca panas lainnya yakni gerak semu Matahari tepat berada diatas Khatulistiwa

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Selain itu, Hartanto menambahkan adanya penyebab cuaca panas lainnya yakni gerak semu Matahari tepat berada diatas Khatulistiwa yang menyebabkan suhu udara wilayah sekitar ekuator meningkat.

"Suhu panas ini diperkirakan masih terjadi dalam 2 hingga 3 hari ke depan. Potensi Penambahan titik panas (hotspot) di wilayah Sumut berpeluang besar terjadi," katanya.

Baca Juga: PON Papua: Wushu Raih 5 Emas, Perak dan Perunggu untuk Sumut

Berita Terkini Lainnya