TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada 3 Ribu Kacamata, UMSU Akan Cetak Rekor MURI Nobar Gerhana Matahari

UMSU siapkan kamera lubang jarum raksasa

unsplash.com

Medan, IDN Times – Gerhana matahari cincin diprediksi kuat bisa disaksikan di Sumatera Utara. Fenomena gerhana memang selalu punya daya tarik sendiri bagi masyarakat. Bahkan fenomena ini sering dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menggelar acara nonton bareng gerhana matahari di kampus pasca sarjana, Jalan Denai, Kota Medan, Kamis (26/12). Acara itu digelar sekaligus untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat soal fenomena alam gerhana matahari.

Selain nobar, UMSU juga akan menggelar salat gerhana berjamaah. Bahkan ada dua rekor MURI yang akan dicetak dalam kesempatan itu.

Baca Juga: Selain Sibolga, Ini Tempat Terbaik Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin

1. Warga disediakan teleskop canggih untuk mengamati gerhana

Masyarakat juga bisa menggunakan teleskop canggih yang disediakan UMSU untuk mengamati gerhana matahari cincin (IDN Times/Prayugo Utomo)

Rektor UMSU Agussani mengajak seluruh warga Kota Medan untuk hadir. Karena, gerhana mathari adalah fenomena yang cukup jarang.

"Kita mengundang warga bersama-sama dengan mahasiswa dan civitas akademika untuk mengamati fenomena alam gerhana matahari menggunakan fasilitas teleskop canggih yang dimiliki Observatorium Ilmu Falak UMSU," kata Agussani, Senin (23/12).

2. Cetak rekor MURI 3 ribu kacamata dan pengamatan gerhana pakai kamera lubang jarum raksasa

Masyarakat juga bisa menggunakan teleskop canggih yang disediakan UMSU untuk mengamati gerhana matahari cincin (IDN Times/Prayugo Utomo)

Menurut Agussani, kegiatan pengamatan ini adalah bentuk pengabdian mereka terhadap masyarakat. Supaya masyarakat bisa terdukasi dan memahami gerhana sebagai fenomena sains.

Dalam momen itu, UMSU juga akan mencetak rekor MURI. Pertama adalah pengamatan kamera lubang jarum raksasa berukuran 7x15 meter. Kemudian 3 ribu kacamata gerhana yang akan dibagikan gratis kepada masyarakat.

"Kita berharap masyarakat bisa bersama-sama melakukan pengamatan dan shalat sunat gerhana berjemaah sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta," katanya.

Baca Juga: 5 Tip Aman Lihat Gerhana Matahari Cincin yang Muncul 12 Tahun Sekali

Berita Terkini Lainnya