TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cemarkan Nama Polisi, 2 Youtuber Medan Dituntut 8 Bulan Penjara

Majelis hakim berikan kesempatan terdakwa untuk pledoi

ilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Medan, IDN Times - Joniar M Nainggolan dan Benni Eduward Hasibuan, dua YouTuber di Kota Medan, dituntut masing-masing delapan bulan penjara. Keduanya, dinilai terbukti melakukan pencemaran nama baik oknum polisi melalui video YouTube.

"Meminta kepada majelis hakim yang mengadili perkara ini, menuntut terdakwa Joniar M Nainggolan dan Benni Eduward Hasibuan masing-masing selama 8 bulan penjara, dengan perintah tetap ditahan," ujar Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chandra Naibaho, dalam sidang virtual di Ruang Cakra 4 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Disurati Juga, YouTuber Medan Kecewa dan Jual Produk Eigernya Miliknya

1. Jaksa menyebut perbuatan kedua terdakwa meresahkan masyarakat

Ilustrasi pengadilan (IDN Times/Sukma Shakti)

Jaksa menyebut perbuatan kedua terdakwa meresahkan masyarakat, telah menyerang saksi korban dan membuat rasa malu saksi korban, tidak memiliki izin untuk mengupload ke medsos dan terdakwa tidak mengakui perbuatannya. "Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa merupakan tulang punggung keluarga," katanya.

Dihadapan majelis hakim diketuai, Ahmad Sumardi, kedua terdakwa dinyatakan melanggar Pasal 45 Ayat 3 dari UU RI nomor 19 Tahun 2016 perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

2. Usai mendengarkan tuntutan, majelis hakim memberikan kesempatan kepada terdakwa untuk pledoi

Ilustrasi YouTube (Tangkapan layar Youtube)

Usai mendengarkan tuntutan, majelis hakim memberikan kesempatan kepada terdakwa melalui penasihat hukumnya untuk menyampaikan nota pembelaan (pledoi) pada sidang dua pekan mendatang.

Sebelumnya, Joniar M Nainggolan dan Benni Eduward Hasibuan pada Selasa 11 Agustus 2020, Joniar menghubungi Benni untuk berkeliling melihat aktivitas di seputaran Samsat Putri Hijau Medan.

Baca Juga: Ngakak Parah! 10 Tutorial di YouTube Ini Sangat Gak Berfaedah

Berita Terkini Lainnya