Disurati Juga, YouTuber Medan Kecewa dan Jual Produk Eigernya Miliknya

Aber tuntut Eiger minta maaf ke seluruh YouTuber

Medan, IDN Times - Eiger, perusahaan yang memproduksi pakaian dan peralatan outdoor dan rekreasi alam viral karena menyurati beberapa youtuber. Hal ini mencuat saat pemilik akun Dunia Dian mengunggah surat dari manajemen PT Eigerindo Multi Produk yang berisi protes karena review produk dianggap tidak berkualitas.

Tak hanya Dunia Dian, YouTuber asal Medan Aber Wijaya juga mendapat surat "cinta" yang sama dari Eiger. Pemilik akun instagram @aber.wijaya ini juga mendapat keberatan dari Eiger soal videonya yang berjudul "Review Jam Tangan Eiger Aviator Setelah 1 Tahun Pemakaian" yang diunggah 5 Juli 2020 lalu. Video itu sudah ditonton 3.609 kali.

1. Surat dilayangkan dengan waktu yang bertepatan pada Youtuber asal Bandung

Disurati Juga, YouTuber Medan Kecewa dan Jual Produk Eigernya Miliknya

Seperti halnya surat kepada youtuber asal Bandung @duniadian, Aber juga mendapat surat keberatan dari PT. Eigerindo Multi Produk pada 23 Desember 2020.

Walhasil Aber Wijaya (30), yakni seorang warga Jalan Sidomulyo, Dusun 13, Kecamatan Percut Sei Tuan, merasa sangat kecewa. 

"Di video itu, saya me-review jam tangan merek Eiger Aviator 1989 yang sudah satu tahun dipakai. Tapi tidak ada niat untuk merusak citra baik dari produk itu," jelasnya, Sabtu (30/1/2021).

2. Pihak Eiger merasa keberatan karena video dianggap kurang berkualitas

Disurati Juga, YouTuber Medan Kecewa dan Jual Produk Eigernya Miliknyainstagram/aber.wijaya

Dirinya sungguh sangat tak menyangka bahwa, video itu membuahkan hasil karena pihak Eiger merasa keberatan. Dalam tampilan video tersebut, gambar dianggap kurang berkualitas atau kurang baik sehingga pihak Eiger meminta untuk dihapus video tersebut.

"Ya, pasti kecewa. Padahal aku udah suka produk Eiger belasan tahun. Bingung juga kenapa pihak Eiger seperti itu. Toh aku kan udah beli produknya dan buat video itu gak dibayar juga," ungkapnya.

"Wajar kualitas video kurang bagus. Kan saya rekam pakai handphone yang murah," tambahnya.

Baca Juga: Eiger Viral Gegara Kirim Surat Keberatan ke Youtuber, Begini Isinya

3. Dari kekesalannya, Aber tak ingin review produk dan membeli merek Eiger

Disurati Juga, YouTuber Medan Kecewa dan Jual Produk Eigernya Miliknyainstagram/aber.wijaya

Dari adanya surat tersebut, Aber mengakui rasa kekesalanya sehingga kedepan tak ingin lagi mereview produk Eiger dan memutuskan tak akan membeli produk Eiger lagi. Sementara video yang mendapatkan surat keberatan pun telah dihapusnya.

"Bahkan produk Eiger yang aku punya sudah sebagian ku jual," ucapnya dengan kesal.

4. Aber tegaskan pihak Eiger harus minta maaf pada seluruh Youuber

Disurati Juga, YouTuber Medan Kecewa dan Jual Produk Eigernya MiliknyaProduk yang direview YouTuber Medan Aber Wijaya (YouTube/Aber Wijaya)

Aber pun menegaskan, seharusnya pihak Eiger tak hanya meminta maaf kepada Youtuber 'Dunia Dian' saja. Namun, ke seluruh Youtuber yang diberikan surat keberatan.

Adapun isi surat keberatan tersebut memiliki dua poin. "Kualitas video review produk yang kurang bagus dari segi pencahayaan dan resolusi yang dapat menyebabkan produk kami PT. Eigerindo Multi Produk terlihat berbeda baik dari segi warna, bahan, dan detail aksesoris," isi poin pertama dari surat keberatan tersebut.

Serta yang kedua, adanya suara di luar video utama yang dapat mengganggu (noise) sehingga informasi tidak jelas bagi konsumen.

Baca Juga: Dikecam Warganet karena Kritik Youtuber, Eiger Indonesia Minta Maaf

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya