TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pers Mahasiswa Tertarik Belajar Jurnalisme Infografik dan Features

LPM Dinamika UIN Sumut gelar pelatihan nasional jurnalistik

IDN Times/Indah Permata Sari

Medan, IDN Times - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dinamika UIN Sumatera Utara kembali menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) dalam kegiatan Pena Persma 2019 di LPM Dinamika UIN SU gedung Sipiso-piso Medan selama tiga hari mulai Minggu hingga Rabu, 13-16 Oktober.

Sebanyak 30 orang peserta mengikuti kegiatan dengan antusias. Peserta tersebut merupakan perwakilan dari berbagai LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) yang ada di wilayah Indonesia, yakni Medan, Aceh, Lampung, Makassar, Banjarmasin, Palembang, Padang, Banten, Lampung, Semarang, dan Riau.

Kurniawan Jabat sebagai Pemimpin Umum LPM Dinamika UIN Sumatera Utara periode 2019 -2020 menjelaskan bahwa tema yang diambil tentang Jurnalis Infografik, karena sesuai kebutuhan jaman yang banyak digemari.

"Kami mengundang berbagai Pers Mahasiswa untuk belajar jurnalistik. Jadi sesuai nama dari tahun-ketahun untuk tahun ini kebetulan jurnalis Infografik. Jadi untuk tema kita sesuaikan dengan perkembangan kebutuhan jamannya"tuturnya.

Baca Juga: Bagaimana Sih Peran Kamera Ponsel di Era Jurnalistik Modern? 

1. Peserta dibentuk jadi jurnalis dengan memanfaatkan momen materi

IDN Times/Indah Permata Sari

Menurut Kurniawan dalam kegiatan ini para peserta diharapkan untuk dapat memanfaatkan momen agar bisa membentuk diri peserta menjadi Jurnalis.

"Tentunya seluruh peserta dapat memanfaat dari materi ini terkhusus tema jurnalis infografik, karena jujur kita sesuaikan pemateri dari Jakarta dan Medan," ujarnya.

2. Tulisan features termasuk materi menarik bagi LPM

IDN Times/Indah Permata Sari

Selain itu, beberapa materi yang telah di isi oleh berbagai pemateri salah satunya yang menjadi menarik yaitu saat materi Menulis Features diberikan kepada peserta.

"Tentunya jurnalis dari kemauan diri sendiri lalu dengan membiasakan menulis. Kalau menurut saya hal yang paling diutamakan calon jurnalis itu kan kemampuan menulisnya maka dia akan otomatis menjadi seorang jurnalis maka kami membuat satu materi menulis feature, karena itu menarik," tutur Kurniawan

Dalam materi Menulis Features ini dibawakan reporter IDN Times Sumut yakni Prayugo Utomo, dengan pemaparan "Membumikan Features."

Baca Juga: Selain Peralatan, Ini yang Harus Dimiliki Fotografer Pemula

Berita Terkini Lainnya