TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Selama Pandemik, Angka Perceraian di Langkat Meningkat

7 sampai 10 persen dialami ASN

Ilustrasi Perkawinan Paksa. (IDN Times/Mardya Shakti)

Langkat, IDN Times - Angka perceraian yang tercatat Pengadilan Agama, Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara meningkat. Untuk periode Januari sampai Agustus 2021 terdapat 2.500 perkara.

"Jumlah perkara ini meningkat dibandingkan di tahun 2020 lalu," kata Ketua Pengadilan Agama Stabat Kelas I B, Febrizal Lubis saat berkunjung ke Kantor PWI Langkat, Jalan Proklamasi, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Selasa (7/9/2021). 

Baca Juga: SMA Sederajat di Langkat Mulai Belajar Tatap Muka

1. Tujuh sampai 10 persen libatkan aparatur sipil negara (ASN)

Ketua PWI Langkat Darwis Sinulingga dan Ketua Pengadilan Agama Pebrizal, bertukar cendramata saat audensi (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Dari jumlah perceraian tersebut, sambung Febrizal, terdapat 7 sampai 10 persen melibatkan aparatur sipil negara (ASN). Sebab perceraian di Langkat, terindikasi oleh beberapa faktor di antaranya akibat pertengkaran dan perselisihan.

"Juga karena kurangnya nafkah dari suami, adanya tindak kekerasan di rumah tangga, juga terjadinya perselingkuhan yang dilakukan suami atau isteri, dan narkoba," sebut Febrizal.

2. Banyak pernikahan di bawah umur yang gak tercatat

Audensi antara PWI Langkat dan Pengadilan Agama guna menjalin sinergisitas (IDN Times/ Bambang Suhandoko) (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Pada kesempatan itu Febrizal juga mengatakan perlunya sinergitas dengan PWI Langkat, untuk menyebarkan/ mempublikasikan berbagai informasi yang mengedukasi masyarakat, terkait foksi dan peran dari keberadaan Pengadilan Agama.

Contohnya, kata Febrizal, tentang dispensasi kawin, yaitu izin nikah di bawah umur dan nikah yang tidak tercatat. "Saat ini masih banyak nikah yang tidak tercatat, membuat si anak sulit mendapatkan identitas diri. Dan ini tugas PA untuk menanganinya," kata dia.

Baca Juga: Hanyut saat Main di Sungai, Bocah 5 Tahun di Simalungun Tewas

Berita Terkini Lainnya