TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang Pemilu 2024, Ada Potensi Penambahan Kursi Legislatif di Binjai

Tahapan pemilu dimulai 14 Juni 2022

Komisi Pemilihan umum (KPU) Kota Binjai, Sumatera Utara (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Binjai, IDN Times- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, Sumatra Utara, mulai melakukan persiapan jelang pelaksanaan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dijadwalkan dimulai pada 14 Juni 2022 mendatang.

Berdasarkan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilakukan KPU RI dan DPR, telah disepakati bahwa Pemerintah akan melaksanakan pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

1. KPU Binjai masih tunggu juknis yang ketentuannya di PKPU

Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketua KPU Kota Binjai, Zulfan Effendy, mengatakan sejauh ini lembaganya masih menunggu PKPU tentang Juknis tahapan Pemilu. Jika ditarik undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, kata Zulfan, tahapannya (Pemilu) dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

"Makanya tahapan Pemilu jatuh pada 14 Juni 2022. Namun untuk verifikasi partai politik dan tahapan-tahapan lain, berdasarkan draft (PKPU), pendaftaran dijadwalkan bulan Agustus dan penetapan 14 Desember, kalau di tingkat Kabupaten/ Kota kemungkinan Oktober-November," sebut dia.

"Kami masih menunggu jadwal resmi dari KPU Pusat sebagai acuan di daerah. Berdasarkan yang tercatat di Kemenkumham ada sekitar 74 Parpol baru yang mendaftar," katanya.

Baca Juga: Korupsi Pengadaan CCTV, Kadishub Binjai Dituntut 5 Tahun Penjara

2. Canangkan 2 lokasi sebagai kelurahan peduli pemilu

Logo KPU (journal.kpu.go.id)

KPU Binjai merencanakan 2 lokasi di kota setempat sebagai objek sosialisasi 'Kelurahan Peduli Pemilu' guna mendongkrak tingkat patisipasi pemilih pada 2024 mendatang.

"Ada 2 tempat yang tingkat partisipasi yang rendah, yakni Kelurahan Pekan Binjai dan Kelurahan Bandar Sinembah. Program ini masih kita usulkan ke Pemko Binjai agar nantinya bisa tertampung di P-APBD," sebut Zulfan.

3. Jelang 14 Juni KPU Binjai gencar laksanakan rapat koordinasi

KPU Binjai dan Kejari Binjai kerjasama untuk penanganan perdata dan tata usaha negara jelang Pilkada 2020 nanti (IDN Times/Bambang Suhandoko)

Kurang dari 2 pekan tahapan Pemilihan Umum di Binjai bakal berlangsung, sejumlah kegiatan rutin dan rapat koordinasi mulai gencar dilakukan KPU Binjai. Zulfan Effendi mengatakan, dalam waktu dekat akan melakukan rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk mempersiapkan agenda tahapan Pemilu.

"Selain Rakor dengan Forkopimda kami juga sudah melakukan serangkaian monitoring terkait persiapan tahapan, dan yang teranyar menyambangi Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA soal data ganda NIK (K3) warga Binaan yang berdomisil di Binjai," ucap dia.

Baca Juga: Gala Premiere di Binjai, Ngeri-Ngeri Sedap Bikin Tertawa dan Menangis

Berita Terkini Lainnya