TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Direkam Warga, Harimau Sumatra Masuk Pemukiman di Besitang

Video berdurasi 25 detik beredar luas

Ilustrasi harimau (IDN Times/Andri NH)

Langkat, IDN Times - Video penampakan Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) beredar luas di kalangan masyarakat. Dalam video berdurasi 25 detik itu, tampak si belang duduk santai di peladangan milik warga.

Penampakan inipun diakui oleh Plt Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Besitang, Slamet Indarjo saat dikonfirmasi, Senin (18/7/2022). "Ya bang, harimau muncul kemarin sore (Minggu menjelang Maghrib)," kata Slamet.

Baca Juga: Nek Sarwani, Si Pawang Harimau Aceh Tutup Usia

1. Petugas bersiaga halau harimau kembali masuk dalam hutan

Anak harimau sumatera yang ditemukan terjerat kawat di Aceh Tenggara. (Foto: Antara)

Menurut dia, harimau masuk ke perladangan warga di Dusun Aras Napal Kiri, Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Penampakan inipun sempat diabadikan oleh salah seorang warga di sana bernama Rimson.

"Bapak Rimson, yang mengambil video nya. Saat ini petugas TNGL, BBKSDA Sumatra Utara dan mitra yakni WCS dan YOSL-OIC, sudah siaga penghalauan agar Harimau Sumatra, dapat kembali ke dalam hutan," jelas dia.

2. Warga diimbau agar lebih berhati-hati saat pergi ke ladang

Bangkai lembu yang diterkam harimau sumatra (IDN Times/ istimewa)

Agar tidak menimbulkan konflik berkepanjangan, dirinya dan personil yang turun ke lapangan mengimbau kepada warga agar saat ini lebih berhati-hati di ladang dan diusahakan tidak sendirian saat berada di ladang.

"Untuk detail informasi tentang Harimau Sumatra ini belum kita ketahui jenis kelamin dan umurnya. Kita untuk sementara fokus agar hewan buas dilindungi ini tidak kembali lagi ke pemukiman warga," terang Slamet.

Baca Juga: Angka COVID-19 di Medan Capai 100 Pasien per Hari, Ini Kata Bobby

Berita Terkini Lainnya