Angka COVID-19 di Medan Capai 100 Pasien per Hari, Ini Kata Bobby

Vaksinasi booster digenjot lagi

Medan, IDN Times - Sempat di angka nol pasien, kini angka terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Medan kembali mencapai ratusan. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bobby Afif Nasution saat ditemui di Kantor Dinas Pemerintah Kota Medan, Senin (18/7/2022).

Menurut Bobby meski angka terkonfirmasi positif COVID-19 per hari sudah kembali mencapai angka 100 lebih, Kota Medan masih berada di Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

"Dalam satu bulan terakhir itu beberapa minggu ini ada 25 kasus per harinya dan untuk laporan hari ini ada 100 lebih yang terkonfirmasi positif," jelasnya.

1. Seluruh perangkat daerah dan kesehatan untuk membuka pelayanan vaksinasi

Angka COVID-19 di Medan Capai 100 Pasien per Hari, Ini Kata BobbyWali Kota Medan Bobby Nasution ikut lesehan nonton konser HUT ke-432 Medan, Jumat (1/7/2022) malam (Dok.Tim Kreatif Bobby)

Disinggung apakah akan ada penggenjotan vaksinasi booster, dikatakan Bobby dalam waktu dekat seluruh perangkat daerah dan Kesehatan untuk membuka pelayanan vaksinasi.

"Pastinya kita minta perangkat daerah melapor jumlah dosis vaksin yang ada kepada Dinas Kesehatan. Apabila Kosong nantinya Dinkes Medan akan memberikan," jelasnya.

Sementara, disinggung apakah untuk penerapan perjalanan jarak jauh dan tempat umum akan wajib vaksinasi booster

"Untuk saat ini masih akan imbauan terlebih dahulu dan dalam dua hari ini akan dirapatkan sesuai dengan keputusan dari Kemendagri," jelasnya.

Baca Juga: Rincian Biaya Retribusi Sewa Stadion Teladan yang Harus Dibayar PSMS

2. Bobby: Masih berada di Level 1, dalam aturannya sudah diperbolehkan beraktivitas 100 persen

Angka COVID-19 di Medan Capai 100 Pasien per Hari, Ini Kata BobbyBobby Nasution kunjungi gerai Goniku Nature (Dok. IDN Times)

Begitupun untuk penerapan vaksinasi booster wajib untuk masuk tempat pusat perbelanjaan, Bobby akan merapatkannya dalam dua hari ini. "Ini baru akan kita rapatkan dua hari ini akan diumumkan," jelasnya.

Sementara untuk kegiatan konser, sejauh ini Bobby masih mengizinkan. "Kita masih berada di Level 1 dimana dalam aturannya sudah diperbolehkan beraktivitas 100 persen. Yang penting protokol kesehatannya lebih diterapkan lagi," jelasnya.

3. Bobby imbau masyarakat tetap terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat

Angka COVID-19 di Medan Capai 100 Pasien per Hari, Ini Kata BobbyWali Kota Medan Bobby Nasution ikut lesehan nonton konser HUT ke-432 Medan, Jumat (1/7/2022) malam (Dok.Tim Kreatif Bobby)

Lanjut Bobby, penerapan masker untuk saat ini meski di ruangan terbuka tetap wajib di lakukan.

"Apalagi pada saat ada acara terbuka namun banyak masyarakat maka tetap wajib pakai masker," ucapnya.

Untuk itu Bobby juga mengimbau agar masyarakat tetap terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"COVID-19 belum berakhir jadi prokes nya dijaga. Jadi apabila COVID-19 tinggi kita semua baik kami pemko maupun masyarakat akan kesulitan. Makanya prokes harus dijaga," pungkasnya.

Baca Juga: Uji Coba Batal karena Lampu Stadion Tak Nyala, Ini Kata Manajer PSMS

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya